About these ads

Download File Presentasi Solusi Hemat BBM, Listrik, dan Energi Terbarui

Harga BBM kian meroket dari US$ 20/barrel di tahun 2002 menjadi US$ 138/barrel di tahun 2008. Bahkan seorang “Pelaku Pasar” memperkirakan akan naik hingga US$ 200/lebih. Artinya harga bensin bisa naik hingga Rp 12.500/liter lebih.

Jika anda naik mobil dengan rasio 1:10, maka untuk setiap km anda harus mengeluarkan uang Rp 1.250 untuk BBM. Padahal dengan Mobil listrik anda hanya mengeluarkan kurang dari Rp 100/km. Bahkan jika anda pakai sepeda listrik, uang yang dikeluarkan cukup Rp 10/km padahal sepeda listrik ini bisa melaju hingga 40 km/jam. Anda bisa menghemat sampai 125 kali lipat.

Jadi kalau naik mobil anda bisa menghabiskan lebih dari Rp 18 juta setahun, dengan mobil listrik hanya Rp 1,4 juta saja sementara dengan sepeda listrik hanya Rp 140 ribu saja.

Kisah sedih nelayan yang tidak bisa melaut karena harga BBM mahal juga sebetulnya tidak perlu. Jika BBM mahal, kenapa harus pakai BBM? Kan ada perahu layar seperti perahu Pinisi yang kecepatannya bisa mencapai 40 km/jam serta mampu keliling dunia? Jika kurang cepat, ada perahu yang memakai turbin angin (Wind Turbine) sehingga bisa melaju melebihi kecepatan angin dan melawan arah angin.

Harga BBM semakin mahal akibat ulah Kartel dan Spekulan Minyak serta jumlahnya yang semakin menipis. Polusi yang ditimbulkan merusak lapisan ozon dan mengakibatkan pemanasan global. Suhu bumi jadi naik beberapa derajad celsius. Di sisi lain ada Energi Terbarui (Renewable Energy) yang harganya lebih murah serta tidak menimbulkan polusi.

Sebetulnya Energi Terbarui seperti tenaga air (Ombak, sungai, bendungan), Matahari, Angin itu gratis. Kita cuma perlu mengeluarkan biaya untuk membuat pembangkit tenaga listriknya saja. Tapi untuk pembangkit listrik memakai BBM yang mahal kita juga tetap perlu biaya untuk membangun Pembangkit Tenaga Listriknya.

Untuk itu saya membuat satu file Presentasi Solusi Hemat BBM dan Listrik. Semoga ini jadi pengingat dan memberi informasi bahwa ada cara menghemat BBM beserta sumber energi alternatif: Energi Terbarui. Anda bisa menggunakan presentasi ini untuk mencerahkan masyarakat di sekitar anda (anda bisa memperbaikinya jika dirasa perlu).

Silahkan download di:

http://www.mediafire.com/?m5bonmjf1j9

http://www.ziddu.com/download/14657833/SolusiHematBBM.ppt.html

Di Kompas juga ada disebut biji jarak merupakan pengganti BBM yang cukup murah. Hanya dikeringkan saja, 0,5 kg biji jarak mampu menyalakan kompor selama 1 jam. Meski demikian mengingat kita masih impor kedelai hingga 60%, beras pun biasanya kita impor, maka lahan yang ada sebaiknya diprioritaskan untuk makanan. Bukan BBM. Ini mencegah kelangkaan dan tingginya harga pangan.

Ada pun bioenergi seperti penanaman algae dipantai masih bisa dipertimbangkan.

About these ads

4 Tanggapan

  1. bila ingin listrik dirumah anda irit kirim email ke igodamasmara@yahoo.com

  2. [...] Download File Presentasi Solusi Hemat BBM, Listrik, dan Energi Terbarui Diarsipkan di bawah: BBM, Sumber Daya Alam, Teknologi — nizaminz @ 2:24 am Tags: air, angin, BBM, Download, Energi Terbarui, matahari, panas bumi, Renewable energy [...]

  3. Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/download_file_presentasi_solusi_hemat_bbm_listrik_dan_energi_terbarui

  4. infonya bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 105 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: