Tentang iklan-iklan ini

Mengobati Penyakit Muntah Balita dengan Primperan

Satu ketika Irfan (3 tahun 10 bulan) muntah-muntah. Meski nafsu makannya masih normal, namun tiap 1-3 jam sekali muntah hingga mukanya pucat. Sebelumnya anak saya Hana ketika umur 5 tahun juga muntah. Alhamdulillah ketika diberi obat Primperan, muntahnya berhenti.

Ketika Buang Air Besar (BAB) cair dan bau. Jadi tentu isi perutnya ada yang tidak beres entah karena racun atau makanan yang berbumbu tajam (MSG, dsb) yang biasanya terdapat pada jajanan snack anak-anak atau mie instan. Oleh karena itulah tubuhnya bereaksi untuk mengeluarkan makanan yang ”tidak beres” itu.

Oleh karena itu, biarkanlah anak muntah 2-3 kali dulu agar kotoran/racun/virus dalam perutnya keluar. Setelah itu beri obat Primperan. Saya beri Irfan Primperan sirup sekitar ¾ sendok teh ketika Maghrib (sebelum makan). Alhamdulillah hingga esok pagi tidak muntah lagi.

Saya berikan juga Irfan minuman Isotonic Pocari Sweat botol sedang agar cairan di perutnya jadi tawar/netral. Harusnya sih diberi minum oralit. Namun Irfan tidak suka minum oralit meski ada yang rasa jeruk untuk anak kecil.

Namun agar aman, paginya saya beri minum Primperan lagi.. Alhamdulillah setelah itu muntahnya benar-benar sembuh.

Yang kita harus perhatikan adalah jajanan anak-anak yang kerap berbumbu tajam dan mengandung MSG seperti snack yang sering diiklankan di TV atau Mie Instan. Meski terbuat dari kentang, jagung, dan sebagainya, namun bumbu yang dipakai agar gurih dan disukai anak-anak itu sering mengandung MSG, perasa buatan, pewarna buatan, dan juga pengawet. Itu semua adalah zat-zat kimia yang sering berbahaya bagi anak-anak.

Departemen Kesehatan harusnya memeriksa dampak jajanan anak bagi kesehatan anak-anak khususnya Balita karena jajanan yang tidak sehat bukan hanya bisa membuat anak sakit, tapi juga ke rumah sakit dan bahkan ke liang kubur!


Catatan:

Tulisan ini bukan iklan obat Primperan. Tulisan ini dibuat tanpa sepengetahuan Primperan dan sepeser pun tak ada uang dari Primperan yang masuk saat ini. Mau coba obat/cara lain silahkan

Tentang iklan-iklan ini

31 Tanggapan

  1. Saya juga pernah mengalami hal yang sama pada anak saya. Intinya, begitu muntah yang pertama, langsung saya kasih minum hangat seperti teh. Kalau masih muntah, tetep aja kasih minum hangat dan biarkan semua muntahnya keluar. Pokoknya sampai habis, sampai capek dan tidur.

    Tetep aja saya tawarin minum, jangan makan – karena menurut saya makan malah bikin lambungnya kerja lagi. Indikasinya, kalo sudah tidur, lalu bangun dan BAB, berarti metabolismenya sudah normal lagi, dan saya belum kasih obat APAPUN.

    Kalo udah lebih dari 12 jam perutnya kosong dan masih muntah, baru kirim ke RS atau dokter. Tidak usah panik! Manusia bisa bertahan tidak makan-minum selama itu, kok… ingat waktu puasa, khan? Hanya saja jangan sampai kecapekan muntah. Biarkan tidur tiap kali selesai muntah.

    visit my other natural health tips at http://www.rumahherbalku.wordpress.com

  2. wah info yang sangat menarik, terima kasih banyak :)

  3. terkadang kalau pas anak muntah, panik yg lebih dulu keluar, sehingga cara untuk mengatasi muntahnya jadi bingung, thx infonya

  4. makasih atas informasinya..sangat berguna bagi yang punya balita

  5. Bagaimana dengan Vometa?Bukankah itu juga obat penghenti muntah?Tapi kok gak mau berhenti. Sejak 2 hari yg lalu sampe skrng sdh 4 kali anak saya muntah.

  6. @mama zaky: terkadang obat itu beda efektivitas/kemanjurannya. Sebagai contoh ada obat expectorant yang bagus, ada pula obat expectorant yang harganya murah, namun malah membuat badan jadi tambah sakit.

    Kalau Vometa saya belum pernah coba, jadi belum tahu kemanjurannya. Kalau Primperan, alhamdulillah keluarga saya termasuk anak saya yang berumur 4 tahun sudah pernah coba dan alhamdulillah sembuh meski pernah harus 3 kali minum (selang sekitar 4-6 jam).

  7. anak 10 bulan saya sudah 4 hari ini muntah muntah walaupun sudah di berikan obat (vometa) sampai mau habis belum juga sembuh, sekarang muntah dan BAB sampai hari ini saya mungkin saya akan coba primperan munah-mudahan sembuh…. dan anak saya bisa ceria kembali

  8. mksh atas sarannya,, obt ne buat ponakan syya

  9. Anak saya Faizatul labiibah, umur 8 bulan, mulanya pagi-pagi muntah kaya gumoh, tapi kok dikasih susu lagi muntah lagi, dikasih nasi muntah juga, saya coba buah pisang e… langsung hooek.. muntah. Bawaannya jadi cengeng dan nagis terus. Tidurpun tidak pulas. Saya telepon bidan yang sudah biasanya kami hubungi, beliau sarankan untuk meminumkan 1/4 antasid atau promag. Bener aja, setelah minum itu muntah berhenti. mau tidur pulas senyum tertawa dan makan lagi. Alhamdulillah. Wah ternyata kecil2 udah mag juga ya…. atau karena asam lambung yang over ya…. sehingga dinetralkan pake promag baru enak….. Alhamdulillah.

  10. lg begadang, nunggu anak pertama saya Raihanah Safinatul Husna yg muntah, dari tadi muntah 2 x, yg prtama buanyak bgt, yg kdua dikit. mhn doanya

  11. Kalo primperan sendiri ada efek sampingnya ndak? trus kalo anak (batita-2 thn) masuk angin krn makannya sedikit dan sehabis bepergian jauh…akhirnya muntah-muntah solusinya bgmna ya? baik utk mengobati masuk anginnya atopun muntahnyaa…thanks..-neea

  12. Makasih infonya, anak saya yang berumur 2 tahun sering muntah setelah makan. Akan saya coba resepnya, mudah-mudahan juga cocok dengan anak saya. Amiin.

  13. mau tanya, anak saya kalo nangis pasti batuk2 juga, dan ga lama habis batuk dia pasti muntah. itu terjadi sampai sekarang (umur hampir 3 tahun). itu kenapa ya? apa ada sesuatu dengan lambungnya ato cuma caranya untuk nyari perhatian?

  14. Bila anak kita atau diri kita atau siapa saja sakit. Langkah pertama adalah Tobatkanlah dosa2 kita dulu (dari aqil balig sampai skrg-kalau anak kita belum balig dan dia sakit berarti ada dosa orang tuanya, Tobatkanlah-baca do’a nabi Yunus as ketika berada didlam perut ikan Nun 40 hari 40 malam-La illaha illa anta subhanaka inni kuntum minad dhoolimin-bgtlah bhs arabnya-mhn maaf ditulis bukan pake bhs arab). Lalu berobat secara lahiriah. Dan ingatkan dalam hati kita (hujamkan dalam hati kita bahwa yang menyembuhkan adalah Tuhan bukan obat, bukan primperan walaupun diminum, bukan dokter, bukan tabib, bukan air, dan bukan dll). Tidak ada satupun sesuatu yg berlaku tanpa izin Tuhan. Org sehatpun akan sakit bila Tuhan berkehendak sakit. Org sakitpun akan sembuh bila Tuhan berkehendak sembuh. Org sehat yg gizinya baik, makannya baik, dah dijaga sedemikian rupa kesehatan dia dengan macam2 cara tapi kalau Tuhan menghendaki sakit, sakitlah dia. Berobat ke dokter yg canggih sekalipun, biaya mahal kalau Tuhan menghendaki sakit, sakitlah dia.
    Org miskin tidak punya apa2 berobat ke Tabib atau ulama, lalu diberi air doa, bila Tuhan menghendaki sembuh sembuhlah dia. Artinya apa? Hubungkanlah segala sesuatu itu, setiap kejadian itu dengan Tuhan, agar kita tidak jatuh syirik. Sedangkan syirik ada 2 syirik jali (jelas) dan syirik (khofi-syirik tanpa sadar-masalah dalam hati kita).

  15. maaf mau tanya “primperan” itu nama obatnya atau gimana y mba’???

  16. saya berusia 20 tahun pernah mengkonsumsi obat primperan/metochlorpamide karena muntah2 dan selama 3 hari ternyata akupun tidak cocok sama obat tersebut bisa dikatakan alergi ma obat tersebut….aku kejang2…lidahku seperti mau lepas….melet2 tak karuan dan mataku melotot….tanpa sadar…..apa ini efek sampingnya…..??? sampai sekarang aku takut minum obat lagi…masih trauma…kalo aku sakit mau muntah2 pasti dokternya aku kasih tau dulu jangan pernah kasih obat itu lagi….atau yang sejenisnya…

    • jika sehabis minum Primperan anda mengalami efek yang tidak menyenangkan, berarti anda tidak cocok. Kadang satu obat tidak cocok bagi orang dgn kondisi tertentu. Lihat kontra indikasinya.
      Lebih baik cari obat yg lain.

  17. klo aku setuju sama yang dikasih teh aja tuh….kasih teh hangat,,,di kerok…terus di minyak telon biar hangat, karena anak saya 3 tahun juga digituin…

  18. trims inponya..sedang cari inpo sebanyaknya soal munta pada balita krn anak temanku mengalaminya…

  19. Anak sy cew umur 2thn,mulai pagi-sore muntah 6x,perut kembung&gak bisa BAB. Sampai panik kasian sm si dia,awalnya sarapan mie instan. Selang 1jam mulai muntah,bingung smp aq kerok sm minyak kayu putih,teh anget,minum tolak angin tp masih tetep aja muntah. Di sore hari akhirnya dia bisa pup,hati agak lega krn perutnya udh g kembung lagi. Akhirnya sy pergi ke apotik langganan,sm apotik dkasi primperan. Lgs smp rmh sy minumkan & anak sy lelap tidur. Smg besok pagi dia kembali ceria lagi :)

  20. ternyata sama yang dialami saya sekarang ini, anak saya dari mulai jam 02.00WIb malam tadi muntah2,tanpa tau penyebabnya apa?soalnya siang nya dia sehat2 saja, sampai dengan tadi sore Pukul 16.00. masih muntah, sudah dikasih obat Vometa.tp belum berhenti, yang sedikit bikin tenang dia masih mau minum+makan walaupun sangat sedikit porsinya , sebagai pengganti cairan yg hilang. terus terang saya sangat trauma karena sekitar bulan Januari kemaren dia masuk RS anak karena muntaber.. mudah2an besok dia sembuh, dan akan saya coba obat primperan, mudah2an cocok..aminn

    • anak saya jg beumur 2 thn lbh.dia jg mngalami muntah2 sdh 3 hri,aq sdh bwh k rmh skt tp tdk ada perubahan.aq sngt tkt krn dia tdk mau mkn.hbs minum terkadan dia muntah lagi.perasaan dia slalu mau beol tp tdk ada jg beol.aq bngn mengatasinx bgmn,tlng infonx

  21. Trims infonya……Anak saya aufa(umurnya 2 thn ) kemaren juga muntah-muntah, sempat panik tapi mikir obat herbal apa yang mau di kasih sama aufa, saya kasih minyak kayu putih di bag perutnya kemudian saya kasih air suam kuku alhamdulillah sorenya BAB tapi malamnya muntah lagi besok pagi saya kasih biji pala di giling halus dan di campur sama madu 2 sendok teh di campur dengan air suam kuku alhamdulillah sudah tidak muntah lagi.

  22. wahh..sama donk
    4 hari yg lalu anak aku(3th) muntah-muntah ga jelas tanpa tau penyebabnya…
    ta kasi vometa jg ga ngaruh.trpaksa dc prgi k dokter anak…
    skrg udah ga muntah lg, tp malah ga nafsu mknx sangat kurang…
    sedih deh…
    BB na turun bgd, kliatan bgt kurusx…

    • dari semua komentar sepertinya vometa kurang cocok, padahal saya dapat resep dri temen di puskesmas, obatnya mahal lg… coba saya belinya primperan… tp bismilah aja semoga cocok…

  23. Thanx bgt infonya bwt smw,, brmanfaat bgt..

  24. mlm ini sy jg ngalamin hal yg sama.td sktr jam 7an anak sy yg ke-2 jg muntah2 umurny 7 bln td smpt panik kr smp lemes&keringetny dingin.cara ngobatinya dipijat bagian punggung+perut pake minyak telon trs kita (ibunya)minum air kelapa+madu biar ASIny banyak

  25. malam ini juga anak saya muntah muntah sampe rasanya semua
    yg ada diperutnya keluar,,saya cuma olesin minyak telon ma bawang merah,,terus tidur mudah mudahan besok pagi membaik ,,semoga 4JJ memberinya selalu kesehatan aminn.

  26. tadi malam anak saya juga begitu tanpa sebab tau2 muntah mutah sampai 6 kali saya sendiri panik mana udah malam dengan cemas saya bawa anak saya kebidan kebetulan depan rumah ada rs bersalin lumayan bisa tidur sampai jam 3 muntah lagi terus tidur lagi tapi teryata jam 12 siang masih muntah bab setelah itu sampai sekarang saya sendiri masih siaga meti tidurnya udah pulas mudahan sampai besuk pagi bisa langsung ceria amin

  27. anak sy juga tiba2 muntah,tapi skrg udah bobo,mudah2 besok segar lagi emang sedih kalau lihat anak sakit.

  28. saya gak tega kalau lihat anak sakit,anak sy umur hampir 2th kadang daddy nya suka belikan snack yg gak jelas,tapi kalau udah begini jadi sedih,pernah minum vometa tapi gak ngaruh perlu dicoba primperan mudahh2 an cocok.ammin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 137 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: