About these ads

Resep Masakan Otak-otak Ikan Tenggiri

otak-otak

Otak-otak adalah satu makanan yang saya suka selain Siomay, Bakso Sapi, Pempek, dan Mie Ayam. Bakso Sapi sudah lama juga tidak makan sebab ngeri juga dengan berbagai isyu seperti Bakso Tikus, Bakso Babi, dsb. Padahal saya sukanya bakso sapi. Jadi kalau ada resepnye, mendingan buat sendiri jadi hati lebih tentram.

Berikut adalah resep cara membuat Otak-otak Ikan Tenggiri dari Dapur Kita, Kompas Minggu, 2 Agustus 2009.

Bahan-bahan:

  • 250 gram daging ikan tenggiri
  • 1 putih telur ayam
  • 2 Sendok Makan Tepung Kanji
  • Merica dan garam secukupnya
  • 6 bawang merah yang sudah digerus
  • 2 batang daun bawang diiris halus
  • Daun pisang dan biting untuk membungkus

Cara Membuat:

Daging ikan ditumbuk sampai legit. Bubuhi merica, garam, dan putih telur, ratakan. Tambah tepung kanji dan irisan daun bawang. Bubuhi santan sampai merupakan bubur sum-sum. Jika kurang lemas, tambahkan santan secukupnya.

Ambil daun pisang, potong persegi. Taruh 1 SDM adonan tersebut, gulung, lalu tutup kedua ujungnya dengan biting. Jika semua sudah dibungkus, panggang di atas api arang sambil dibolak-balik sampai matang. Otak-otak dapat juga dikukus dulu, baru dipanggang sampai berbau wangi. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang (kalau menurut Dapur Kompas pakai sambal cuka).

Sambal Cuka

Bahan-bahan:

  • 3 butir kemiri digoreng lalu digerus
  • 6 siung bawang putih
  • 2 lombok merah
  • 2 lombok rawit
  • Gula, garam, dan cuka secukupnya

Cara membuatnya:

Semua bahan digerus, bubuhi cuka dan sedikit air matang, ratakan. Bumbu ini cair, terasa pedas, asing, manis, dan asam.

Di Bawah adalah alternatif resep Masakan Otak-otak:

OTAK-OTAK IKAN TENGGIRI

Resep kiriman Nia Adjie.

Bahan:

* 250 g daging tenggiri/kakap, haluskan

* 100 g tepung tapioka

* 100 cc santan dari 1/2 btr kelapa

* 1 putih telur

* 10 btg daun kucai, iris halus

* 1/2 sdt garam

* 1/2 sdt merica bubuk

* 1 sdt gula pasir

* daun pisang untuk bungkus

Cara membuat:

Campur daging ikan, tepung tapioka, garam,

gula, merica, gula dan santan jadi satu, aduk rata.

Tambahkan putih telur dan daun kucai, aduk rata.

Ambil 1-2 sdm adonan, gulung dengan

selembar daun pisang, semat ujung2nya,

panggang diatas bara api/ dalam oven

dengan api atas sampai matang.

Hidangkan dengan sambal kacang.

Sambal kacang:

Haluskan 50 gr kemiri sangrai,

25 gram kacang goreng, 2 buah

cabai merah, dan 5 buah cabai rawit,

campur dengan 100 cc air matang, garam,

gula pasir, dan cuka menurut selera

http://www.geocities.com/claudie_lum/Seafood/otakotak.htm

About these ads

27 Tanggapan

  1. terima kasih artikel anda sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga comment 390

  2. Bhnya bisa di ganti nga,terutama ikanya?terus bg yg udh pernah mencoba ,gmn Rasanya? enak?

  3. Kalau diganti bisa saja. Tapi rasanya bisa berubah.

  4. Maknyuun……….

  5. Saya pernah mencicipi otak2 ikan yang di beri oleh tman saya dari daerah gresik n rasanya enak n gurih banget tapi sy gak tahu terbuat dari ikan apa….,, apakah semua jenis ikan bisa di buat otak2?? kalo ikan lele bisa gak??

  6. @Atien: Tak ada salahnya dicoba. Yang jelas rasanya tentu beda sesuai dengan rasa ikannya. Ada juga saya baca resep otak2 tapi pakai ikan kakap.

    Ini sama saja seperti ada sosis sapi dan ada juga sosis ayam. Atau sate ayam dengan sate kambing.

  7. sambal untuk otak2 kalau tdk pakai kemiri gimana? ok tidak

  8. kalau ikan nya kita ganti ikan yang lain nya bisa ngga

  9. Thanks resepnya….
    Kalau otak2 yang dijual dipasar dan harus digoreng dulu tahu gak resepnya?

  10. Kalo di bangka,otak2 yg paling enak itu ya ikan tenggiri.Lebih pulen kalo daging ikannya di tumbuk halus dan saat ditumbuk itu taburi garam secukupnya(jgn mpe keasinan ya :p ).Di tumbuk terus mpe ga lengket lagi.Teksturnya ud mulai kenyal.Dijamin kenyal deh pas gigit otak2nya.Krenyes2 gt..Sip bgt.Untuk sambalnya,yg jd ciri khas dibangka,ga pake sambal kacang.Tp cukup cabe,bawang putih,garam gula dikit ditumbuk jd satu.Trus uda gt ntar ditaburin jeruk.Duuuh..Jd ngiler bgt uiii..

  11. @mujinem,kalo yg digoreng itu kita mesti beli kulitnya dlu.Cari ditoko sembako yg orang chines.Ntar adonan otak2nya dimasukin kekulit itu trus dibungkus.Oya,untuk yg ini garam di otak2nya dikurangi ya.Soalnya kulitnya aciin bgt..Hehehe..

  12. bagai mna kalau di ganti ikan tuna
    enak….tidak??

  13. resepnya sgt bermanfaat,trims ya….klo cara bwt siomay gmana ya…mhn ditulis cara membuat siomay.

  14. duuhhh pengen coba…belajar jajanan sehat untuk keluarga pasti menyenangkan…hemat dan sehat…

  15. Sedap,jadi lapar….

  16. mmmm……pengeeeennnnnnnnnn…ga sabar pgn buat otak2 buatan tangan sendiri

  17. terimakasih sekali resepnya, saya bersyukur ada internet, kalau ingin masak apa aja tinggal klik, sekarang mau bikin otak2 tenggiri InsayaALLAH enak….. ntar saya kabari hasilnya. Anak saya dulu gk suka masak, tp suatu ketika dia klik google lihat resep ayam penyet, dan dia coba ternyata lezat sekali langsung dia bikin pesta undang teman2 nya dengan bangganya menunjukkan bhwa ternyata dia bisa masak lezat. sejak itu qt selalu klik untuk dapatkan resep. terimakasih….

  18. kalaw cara bikin empek-empek gimana ?????????????????

  19. Terima kasih bos atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Allah,SWT membalas kebaikan bos.

    Terima kasih,
    Dwi Prihartanto
    Cp.+6281394244426
    http://www.grosironlinebandung.com/
    Jual Grosir/Retail Kaos Distro Bandung, Fashion & Asesoris Petualang Gunung-Pakaian Bandung-Baju Bandung-Sepatu Bandung-Sandal Bandung-Tas Bandung-Dompet Bandung-Fashion Muslim Bandung-Fashion Anak Bandung-Fashion Remaja Bandung-Fashion Dewasa Bandung, dll tanpa ribet, tanpa capek, tanpa mahal. Jadi dimanapun anda, sesibuk apapun anda, tetap bisa belanja khan..dan pasti tetep keren !!

  20. menggoda gambar otak-otaknya.. tapi memang enak kalau makannya pake sambal kacang..

  21. saya sdh mencoba dgn resep yg sama namun kenapa ya rasanya kurang legit ???

  22. Tipsnya mantab. Gambarnya juga cakep.. he he he.

    Boleh berbagi resep makanan, saya punya resep makanan katering untuk di sharing, silahkan dilihat-lihat ya..

    Daftar Resep makanan Catering

  23. enak tapi kurang legit dan tidak jadi

  24. aq pengen nian nak ngeraso otak-otak lg tp aq sekarang lagi ado di riau jadi susah nak ngerasonyo….. sedeh hati nie…..

  25. mau cobaaa aah

  26. rencana mau bk usaha nih. bk usaha otak otak, cuma kalo di belilas, riau tmpt sy tinggal, tdk ada ikan tenggiri. kalo ikan patin atau ikan sarden bs gak ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 105 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: