About these ads

“01-90″: Tabung Gas LPG Kadaluarsa 20 Tahun Lalu?

Tanggal 1 September 2010 istri saya beli gas ukuran 12 kg. Anehnya tanggal 3 September 2010, saat saya coba memanaskan soto mie, ternyata apinya mati. Tekanan gasnya tidak ada. Kebetulan saya pakai Regulator BlackSSO yang punya pengukur tekanan gas, sehingga tahu jika tekanan gas ada atau tidak. Untungnya lagi regulator tersebut pakai 2 pengaman/kunci. Sehingga nyaris tidak terjadi kebocoran yang berakibat fatal. Alhamdulillah. *Sayangnya regulator BlackSSO tersebut cuma tahan 4 bulan. Kemudian rusak karena penahan lehernya yang dari plastik bergelombang. Di Republika ternyata termasuk 1 dari 19 regulator yang dilarang.

Saya copot dan pasang ulang regulatornya, tekanan gas kembali naik. Namun api kemudian padam lagi dan tekanan gas kembali hilang. Begitu saya ulangi sampai 3 x akhirnya berhasil menyala.

Tapi ternyata malamnya kembali mati meski gas masih full. Setelah beberapa kali diutak-atik dengan memperbaiki karet yang dipasang oleh penjual di sekeliling leher tabung, baru bisa menyala lagi meski tidak stabil. Agar tidak meledak dan membahayakan keluarga, terpaksa regulatornya saya lepas dulu.

Sepertinya “leher” (neck ring) tabung gas di bagian atas yang berhubungan dengan regulator tidak sama dengan “leher” tabung gas terkini sehingga penjual gas mengakalinya dengan melingkarinya dengan karet agar pas melekat di regulator. Harusnya Pertamina saat mengisi ulang tabung gas tersebut melihat tanggal kadaluarsa dan segera memeriksa ulang tabung gas agar tetap aman. Jika terjadi ledakan tabung gas akibat kelalaian Pertamina, harusnya Dirut Pertamina langsung dipecat dengan tidak hormat tanpa menerima pensiun/pesangon.

Penjualnya ketika dikomplain cuma bisa menyalahkan regulatornya via telpon tanpa memeriksa tabung gas dengan seksama.

Akhirnya saya coba cek tabung gasnya. Di situ ada tulisan “01-90″ (Tanpa tanda kutip). Apakah itu tanggal produksi gas tersebut atau tanggal kadaluarsa?

Jika 01-90 itu adalah tanggal kadaluarsa (Januari 1990), berarti terhitung September 2010 ini tabung tersebut sudah 20 tahun kadaluarsa.

Ini adalah kali ketiga kami mengalami masalah dengan tabung gas!

Bagaimana pun juga tabung gas yang merupakan satu komponen yang vital harus diberi tanggal kadaluarsa. Masyarakat juga berhak tahu apakah tabung tersebut sudah kadaluarsa apa belum. Apakah tabung gas tersebut masih aman atau sudah tidak layak dipakai.

Saya coba foto tabung gas LPG 12 kg tersebut mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.

19 Merek Aksesoris Kompor Gas Dilarang Beredar
Rabu, 14 Juli 2010 07:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR–Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan melarang peredaran 19 merek regulator dan selang karet elpiji yang diduga tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.”Kami akan tindak toko-toko swalayan yang masih menjual produk tersebut, jika perlu mencabut izin mereka,” kata Kadisperindag Sulsel Amar Kadir di Makassar, Selasa.

Ia menegaskan, pengawasan tabung dan perlengkapannya akan terus dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Merk-merk produk yang dilarang beredar tersebut diantaranya Safety Gas, Todachi, Sayota, Omi, Zaman, Capital, Tajima, Blacksso, Nis, Win Gad, Gascomp, Bluesky, Care ML, CGS, Silver Gas, Kirin, Super Gas, dan Matsunaga.

Harga selang dijual mulai harga Rp20 ribu hingga Rp40 ribu dan regulator seharga Rp30 ribu hingga Rp 80 ribu.
Pihaknya menarik produk-produk tersebut di sejumlah toko swalayan di Makassar yaitu Carrefour Pengayoman dan Panakkukang, Hypermart Panakkukang dan Graha Tata Cemerlang (GTC), Diamond Supermarket Mal Panakkukang, Toko Alaska, Ramayana, dan Gelael.

Disperindag juga telah mengedarkan imbauan pengawasan berdasarkan surat edaran gubernur kepada seluruh bupati dan wali kota di Sulsel untuk melakukan hal sama di daerahnya masing-masing.

Redaktur: Krisman Purwoko
Sumber: ant

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/07/14/124582-19-merek-aksesoris-kompor-gas-dilarang-beredar

About these ads

2 Tanggapan

  1. sepertinya itu bukan tanggal “01-90″ tapi “06-10″ (dibaca kebalikannya”…
    lihat ujung angka “1″-nya…. meski sama2 sudah kadaluarsa…. =)

  2. SEBENARNYA KODE TERSEBUT BATAS AKHIR PEMERIKSAAN TABUNG LPG BUKAN BATAS KADALUWARSA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 105 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: