About these ads

Gerakan Hemat Energi + Tambah Daya Gratis PLN = Kebohongan Publik?

Pemerintah kerap menghimbau rakyatnya untuk menghemat energi, hemat listrik, dan sebagainya yang ujung-ujungnya adalah kenaikan tarif BBM atau listrik. Iklan “Hemat Listrik” puluhan milyar rupiah lebih digelar di berbagai TV Swasta.

Listrik PLN sering byar-pet/padam dengan alasan PLN kekurangan uang untuk memberi energi yang cukup. Rakyat dihimbah hemat listrik dan pemadaman listrik bergilir dilakukan. Ujung-ujungnya juga sebenarnya ingin harganya naik.

Tapi aneh sekali, sekarang kok PLN menawari pemakai listrik 450 watt dan 900 watt untuk tambah daya ke 1300 watt dan 2200 watt gratis hingga akhir 2011?

Apa sekarang PLN sudah kebanyakan energi?

Apa rakyat sudah tidak perlu hemat energi lagi?

Atau dengan pindah dari listrik 450 dan 900 watt yang bersubsidi ke listrik 1300 watt dan 2200 watt maka PLN bisa dapat uang lebih banyak karena tarif per KWHnya lebih mahal?

Atau ini semua cuma kebohongan publik untuk menipu rakyat?

Silahkan lihat berbagai berita tentang himbauan hemat energi dan tawaran Tambah Daya Listrik gratis PLN dari 450 watt ke 2200 watt:

PERINTAH HEMAT ENERGI:

SBY Terbitkan Instruksi Hemat Energi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerbitkan instruksi tentang penghematan energi terkait harga energi dunia yang terus melambung.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa pada jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (18/7/2011). “Presiden akan mengeluarkan instruksi tentang penghematan energi, baik listrik maupun bahan bakar,” kata Hatta kepada para wartawan seusai mengikuti rapat kabinet terbatas bidang ekonomi yang dipimpin Presiden.

Hatta mengatakan, penghematan energi juga diterapkan di instansi pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, kata Hatta, akan merumuskan bagaimana instansi pemerintahan akan melakukan penghematan. “Presiden juga meminta pemerintah daerah untuk menjaga kuota energi yang telah ditetapkan agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. Apalagi diselundupkan,” kata Hatta.

http://nasional.kompas.com/read/2011/07/18/12165216/SBY.Terbitkan.Instruksi.Hemat.Energi

AJAKAN BOROS ENERGI?:

Gratis Naikkan Daya Listrik hingga Juni
Sonya Helen Sinombor | Nasru Alam Aziz | Kamis, 10 Maret 2011 | 23:12 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menaikkan daya listrik yang tersambung. Program Gratis Naik Daya bagi pelanggan PLN ini akan berlangsung hingga Juni 2011.

Pelanggan dengan daya tersambung 450 VA bisa dinaikkan menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA, pelanggan daya tersambung 900 VA menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA. “Peningkatan daya ini sama sekali tidak dipungut biaya. Jadi hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat,” kata General Manager PLN Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta Denny Pranoto, Kamis (10/3/2011) di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Denny, hingga 9 Maret jumlah pelanggan yang menikmati program Promosi Naik Daya Gratis tercatat sebanyak 1.551 pelanggan. Komposisi paling besar adalah perubahan daya tersambung dari 450 VA menjadi 1.300 VA sebanyak 570 pelanggan atau 37 persen.

Program Gratis Naik Daya, menurut Denny, merupakan bentuk pelayanan yang diberikan PLN kepada masyarakat. ” Tambah daya gratis ini didasari atas banyaknya ditemui keluhan gangguan karena seringnya pemakaian daya yang melebihi batas daya tersambung. Selain itu juga ditemukan besarnya keinginan pelanggan 450 VA dan 900 VA untuk meningkatkan daya tersambung menjadi 1.300 VA dan 2.200 VA, namun terkendala besarnya biaya penyambungan,” tutur Denny.

Manager Niaga PLN Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta Roberto Manurung menambahkan, pelayanan terhadap pelanggan saat ini terus ditingkatkan. Oleh karena itu semua permintaan pemasangan baru saat ini dilayani PLN. “Tidak ada lagi pelanggan yang kembali tanpa dilayani. Soal waktunya pemasangan menyesuaikan dengan kondisi. Biayanya hanya penyambungan saja,” kata Manurung.

Pelanggan PLN di Jateng dan DIY yang berjumlah sekitar 7,6 juta, hampir semuanya menggunakan daya tersambung 450 VA dan 900 VA. Oleh karena itu terbuka kesempatan untuk menaikkan daya.

Denny juga menyatakan pihak PLN mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan listrik prabayar. Karena dengan listrik prabayar pelanggan dapat mengendalikan sendiri penggunaan listriknya.

Hingga kini pelanggan listrik prabayar di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta sekitar 115.000 pelanggan. Sedangkan untuk pelanggan pasang baru untuk rumah tangga hingga Januari 2011 berkisar 21.000.

http://regional.kompas.com/read/2011/03/10/23122919/Gratis.Naikkan.Daya.Listrik.hingga.Juni

WEDNESDAY, 23 MARCH 2011 21:17
Tambah daya gratis dongkrak pendapatan PLN
Ekonomi & Bisnis
WASPADA ONLINE

JAKARTA – Program tambah daya gratis yang dilakukan PT.PLN diperkirakan akan mendongkrak pendapatan perusahaan sebesar Rp90 miliar perbulan.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan proyeksi pendapatan itu baru bisa diperoleh PLN saat sudah mencapai target pindah daya gratis sebanyak dua juta pelanggan pada Juni 2011.

“Kalau sudah 2 juta pelanggan, maka tambahan pendapatan untuk PLN ada Rp90 miliar per bulan,” ujar Benny, malam ini.

Program penambahan daya ini selain dapat mengurangi subsidi listrik yang diberikan pemerintah, juga akan meningkatkan pendapatan PLN mengingat tarif listrik 1.300 VA atau 2.200 VA lebih tinggi dibanding 450 VA atau 900 VA.

Benny mengatakan meski saat ini jumlah pelanggan yang menambah daya baru mencapai 41.000 dari target dua juta pelanggan, namun PLN tetap melakukan upaya-upaya strategis untuk mengejar target itu.

“PLN terus melakukan promosi besar-besaran, termasuk mendatangi pelanggan yang pemakaiannya tinggi di seluruh Indonesia. Kalau pelanggan 900 VA misalnya memakai 600 jam nyala terus selama 1 bulan, kita datangi.”

Benny mengatakan selain menyosialisasikan program ini, tidak lupa PLN juga menyampaikan pada pelanggan bahwa penambahan daya ini juga akan menambah tagihan rekening listrik.

Pelanggan dengan daya listrik 1.300-2.200 VA harus membayar lebih tinggi, yakni di kisaran Rp760-790 per kwh, dibandingkan dengan pelanggan daya listrik 450-900 VA yang tarifnya ada di kisaran Rp450-460.

Seperti diberitakan sebelumnya, PLN menawarkan layanan penambahan daya listrik secara gratis bagi pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA menjadi 1.300 VA atau 2.200 VA. Layanan ini telah dilakukan sejak awal Maret dan akan berakhir Juni 2011.

Saat ini biaya penambahan daya listrik dari 900 VA ke 1.300 VA adalah Rp300.000, sementara dari 900 VA ke 2.200 VA diperlukan biaya Rp975.000. Benny mengatakan promosi ini dibuat juga atas masukan dari pelanggan sendiri. “Program ini dibuat karena masukan dari pelanggan juga. Mereka bilang mereka mau bayar Rp790 per kwh tapi biaya untuk naik daya itu gratis,” jelasnya.

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=183272:tambah-daya-gratis-dongkrak-pendapatan-pln&catid=18&Itemid=95

Persyaratan Tambah Daya PLN, Tetapi…??
Posted on 2011/04/05 by tryawanagus

Mulai bulan Maret kemarin PT. PLN Persero mengeluarkan iming iming kepada masyarakat di seluruh Indonesia perihal gratisan tambah daya dari yang semula 450 dan 900 ke 1300 dan 2200 VA, konsumen hanya di haruskan membayar biaya sebesar Rp. 20.000,00 untuk pembelian formulir. Tetapi pelanggan yang menaikkan dayanya maka meteran listrik lama langsung diganti dengan yang model prabayar atau bersifat pulsa. Progam Gratis ini akan berakhir pada bulan Juni 2011
Beberapa syarat yang harus diikuti adalah sebagai berikut :
1. Surat permohonan dibuat oleh sesuai nama di rekening listrik. (surat permohonan di buat oleh pihak PLN)
2. FC KTP sesuai dengan nama di rekening lisrrik sebanyak 2 lembar atau FC KTP pemohon
3. FC rekening listrik 2 bulan terakhir 2 lembar, mau lihat tagihan pln online klik disini.
4. Gambarkan Denah lokasi yang akan di ganti dayanya.
5. Masukkan dalam map semua berkas
6. Materai 6000 cukup satu
7. Surat kuasa jika dalam proses tersebut diwakilkan.
8. Dan yang terakhir adalah persiapkan uang lebih. Kalau memang di butuhkan
Apabila itu bukan rumah saudara maka di perlukan FC bukti kepemilikan misalnya akte jual beli atau perjanjian jual beli rumah.
Bukan Indonesia kalau apa yang berhubungan dengan yang namanya DUWIT ada yang cekat cekot. Seperti yang saya salin dari poskota.com
JAKARTA (Pos Kota) –Masyarakat khawatir kebijakan PT PLN menggratiskan bea tambah daya. Mereka menduga itu upaya menghilangkan subsidi dari pemerintah, sekaligus menjebak konsumen rumahan untuk menggunakan tarif golongan industri.
“Tolong jelaskan dulu, jangan sampai kami jadi mainan. Kalau 450 watt nggak ada, jangan-jangan kami gelap gulita,” kata Anwar Sanusi, warga miskin di Kelurahan Petukangan Utara.
Bila subsidi dicabut, Suparman, warga Pesanggrahan menegaskan harus ditolak. “Kebangetan kalau pemerintah sampai mencabut subsidi listrik untuk warga miskin.”
Sedangkan Dody Pranomo, warga Kebon Bawang, khawatir kebijakan PLN ini menggiring warga jadi boros listrik. “Bea tambah daya gratis, tapi bea listriknya mahal karena musti bayar tarif listrik industri. Ini sama aja ngejebak. Kita musti waspada,” ujarnya.
PERLU PENJELASAN
Dari sisi kebijakan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung kebijakan PLN yang menggratiskan biaya tambah daya. “Saya dukung kebijakan ini kalau perlu tidak hanya sampai Juni saja, tapi seterusnya digratiskan,” ungkap Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi kepada Pos Kota, Senin (7/1).
Tetapi, dia sependapat bila hal ini perlu penjelasan agar tidak ada dugaan-dugaan negatif dari masyarakat atas kebijakan tersebut. Apalagi sebelumnya bea pasang baru naik hingga 100 persen. “Jadi program gratis penambahan daya ini merupakan subsidi silang dari biaya penyambungan baru,” jelasnya.
MENGEVALUASI
Sementara itu, General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Moch Sulastyo mengungkapkan akan mengevaluasi jalannya program ini. “Kalau tidak diminati, ya cukup sampai Juni saja,” ucapnya. “Sebaliknya kalau tinggi bisa diteruskan.”
Sebelumnya PLN mengeluarkan kebijakan gratis untuk tambah daya dari 450 watt menjadi 900 watt, 900 watt menjadi 1300 watt dan 1300 watt menjadi 2200 watt.

http://tryawanagus.wordpress.com/2011/04/05/persyaratan-tambah-daya-pln-tetapi/

About these ads

11 Tanggapan

  1. Katanya siapa Gratis…? kami dari 450 ke 1300 kena 600.000,-…. udah termasuk pulsa pra bayar 100.000,- Padahal jelas jelas ada spanduk GRATIS !!!

  2. maka itu, PLN memanfaatkan kelengahan dan hobi masyarakat kita yang doyan sesuatu yang gratis, tinggal tunggu bulan berikut aja, tagihan listrik naik

  3. laporkan ke call center 123 bila ada yg janggal/gak beres…..

  4. Pln Penipu omong besar.kau bilang gratis, mulutmu berbisa.saya mau naiki dari 900 ke 1300 mereka minta 500.000.semoga kau semua di rajab di api neraka jahanam.

  5. Siapa bilang gratis, kemarin saya bermohonan untuk menaikkan daya dari 900 ke 2200 kwh tapi dipungut bayaran Rp. 975.000,- makanya saya tidak jadi. Saya bilang kan gratis tambah daya, jawabannya yang gratis untuk listrik pasca bayar dan kalau pra bayar tetap bayar, mohon penjelasan yang sebenarnya

  6. bagaimana cara kita untuk melihat pada meteran rumah kalo daya listrik kita 450 / 900 / 1300 / 2200va ???
    mohon pencercahannya supaya kita bisa tau dan tak tertipu lagi….

    • Mudah saja.
      Secara teori Daya Listrik = Tegangan X Arus Listrik.
      Tegangan di rumah sudah jelas 220 V (Volt). Sementara arus listrik dapat dilihat pada bagian depan MCB (Miniature Circuit Breaker / saklar ON/OFF yg biasanya ada dibawah meteran), ada tertulis 2, 4, 6, atau 10. Itu artinya arus listrik maksimum yang diijinkan masuk rumah kita adalah 2 A (Ampere), 4A, 6A atau 10A.
      Sehingga Daya Listrik =
      = 220V x 2A = 440VA dibulatkan 450VA
      = 220V x 4A = 880VA ~ 900VA
      = 220V x 6A = 1320VA ~ 1300VA
      = 220V x 10A = 2200VA

    • kita lihat MCB nya (Sikring dibawah meteran yang pakai saklar) berapa ampere, watt = Volt x Ampere
      jadi kalau 900 watt = 220v x 4,1A
      MCB nya harus 4A ga boleh lebih, biasanya di MCB ada tulisan CL4.
      kalau 1300Watt = 220V x 5,9A
      MCB nya harus 6A, tulisan nya CL6
      kalau 2200W harus 10A tulisan nya CL10

    • dilihat dari amper di MCBnya..
      1A/amper = 220watt
      tinggl di kali brp amper MCB yang dari PLN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 105 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: