Tentang iklan-iklan ini

Energi Listrik Gratis dari Matahari

Di bawah adalah perusahaan-perusahaan yang menjual pembangkit listrik dengan tenaga matahari (Solar Panel) sehingga kita bisa mendapat listrik gratis selama ada sinar matahari. Dengan cara ini, kita tidak terlalu bergantung dengan listrik PLN yang harus berbayar.

Pembangkit listrik tenaga matahari ini dijual untuk perumahan dan industri.

Silahkan lihat situs resminya:

http://www.ldkindonesia.com

Tentang iklan-iklan ini

7 Tanggapan

  1. Kami mau tambah info lagi… kemana bisa dikirim?

  2. Di komentar ini juga bisa dikirim mas Bayu
    Atau berikan linknya.

  3. makasih atas infonya bro

  4. Indonesia memiliki karunia sinar matahari. Hampir di setiap pelosok Indonesia, matahari menyinari sepanjang pagi sampai sore. Energi matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan solar cells panel.

    Pembangkit listrik tenaga surya adalah ramah lingkungan, dan sangat menjanjikan. Sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik menggunakan uap (dengan minyak dan batubara).

    Perkembangan teknologi dalam membuat solar panel yang lebih baik dari tingkat efisiensi, pembuatan aki yang tahan lama, dan pembuatan alat elektronik yang dapat menggunakan Direct Current.

    Pada saat ini penggunaan tenaga matahari (solar panel) masih dirasakan mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita gunakan saat ini sebenarnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit tenaga listrik uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.

    Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya:

    * Energi yang terbarukan/ tidak pernah habis
    * Bersih, ramah lingkungan
    * Umur panel sel surya panjang/ investasi jangka panjang
    * Praktis, tidak memerlukan perawatan
    * Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia

    Solar panel sebagai komponen penting pembangkit listrik tenaga surya, mengubah sinar matahari menjadi tenaga listrik. Umumnya kita menghitung maksimun sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Tenaga listrik pada pagi – sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik dapat digunakan pada malam hari, dimana tanpa sinar matahari.

    Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    Karena pembangkit listrik tenaga surya sangat tergantung kepada sinar matahari, maka perencanaan yang baik sangat diperlukan. Perencanaan terdiri dari:
    Jumlah daya yang dibutuhkan dalam pemakaian sehari-hari (Watt).
    Berapa besar arus yang dihasilkan solar cells panel (dalam Ampere hour), dalam hal ini memperhitungkan berapa jumlah panel surya yang harus dipasang.
    Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan penggunaan tanpa sinar matahari. (Ampere hour).

    Dalam nilai ke-ekonomian, pembangkit listrik tenaga surya memiliki nilai yang lebih tinggi, dimana listrik dari PT. PLN tidak dimungkinkan, ataupun instalasi generator listrik bensin ataupun solar. Misalnya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dll. Dari segi jangka panjang, nilai ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik tenaga surya dengan panel surya memiliki daya tahan 20 – 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 – 5 tahun.

    Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    Untuk instalasi listrik tenaga surya sebagai pembangkit listrik, diperlukan komponen sebagai berikut:
    1.Solar panel
    2.Charge controller
    3.Inverter
    4.Battery

    Solar panel mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Sel silikon (disebut juga solar cells) yang disinari matahari/ surya, membuat photon yang menghasilkan arus listrik. Sebuah solar cells menghasilkan kurang lebih tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel (untuk menghasilkan 17 Volt tegangan maksimun). Jenis solar panel dapat di baca disini.

    Charge controller, digunakan untuk mengatur pengaturan pengisian baterai. Tegangan maksimun yang dihasilkan solar cells panel pada hari yang terik akan menghasilkan tegangan tinggi yang dapat merusak baterai.

    Inverter, adalah perangkat elektrik yang mengkonversikan tegangan searah (DC – direct current) menjadi tegangan bolak balik (AC – alternating current).

    Baterai, adalah perangkat kimia untuk menyimpan tenaga listrik dari tenaga surya. Tanpa baterai, energi surya hanya dapat digunakan pada saat ada sinar matahari.

    Diagram Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    Diagram instalasi pembangkit listrik tenaga surya ini terdiri dari solar panel, charge controller, inverter, baterai.

    Dari diagram pembangkit listrik tenaga surya diatas: beberapa solar panel di paralel untuk menghasilkan arus yang lebih besar. Combiner pada gambar diatas menghubungkan kaki positif panel surya satu dengan panel surya lainnya. Kaki/ kutub negatif panel satu dan lainnya juga dihubungkan. Ujung kaki positif panel surya dihubungkan ke kaki positif charge controller, dan kaki negatif panel surya dihubungkan ke kaki negatif charge controller. Tegangan panel surya yang dihasilkan akan digunakan oleh charge controller untuk mengisi baterai. Untuk menghidupkan beban perangkat AC (alternating current) seperti Televisi, Radio, komputer, dll, arus baterai disupply oleh inverter.

    Instalasi pembangkit listrik dengan tenaga surya membutuhkan perencanaan mengenai kebutuhan daya:
    Jumlah pemakaian
    Jumlah solar panel
    Jumlah baterai

    Perhitungan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    Perhitungan keperluan daya (perhitungan daya listrik perangkat dapat dilihat pada label di belakang perangkat, ataupun dibaca dari manual):
    Penerangan rumah: 10 lampu CFL @ 15 Watt x 4 jam sehari = 600 Watt hour.
    Televisi 21″: @ 100 Watt x 5 jam sehari = 500 Watt hour
    Kulkas 360 liter : @ 135 Watt x 24 jam x 1/3 (karena compressor kulkas tidak selalu hidup, umumnya mereka bekerja lebih sering apabila kulkas lebih sering dibuka pintu) = 1080 Watt hour
    Komputer : @ 150 Watt x 6 jam = 900 Watt hour
    Perangkat lainnya = 400 Watt hour
    Total kebutuhan daya = 3480 Watt hour

    Jumlah solar cells panel yang dibutuhkan, satu panel kita hitung 100 Watt (perhitungan adalah 5 jam maksimun tenaga surya):
    Kebutuhan solar cells panel : (3480 / 100 x 5) = 7 panel surya.

    Jumlah kebutuhan batere 12 Volt dengan masing-masing 100 Ah:
    Kebutuhan batere minimun (batere hanya digunakan 50% untuk pemenuhan kebutuhan listrik), dengan demikian kebutuhan daya kita kalikan 2 x lipat : 3480 x 2 = 6960 Watt hour = 6960 / 12 Volt / 100 Amp = 6 batere 100 Ah.
    Kebutuhan batere (dengan pertimbangan dapat melayani kebutuhan 3 hari tanpa sinar matahari) : 3480 x 3 x 2 = 20880 Watt hour =20880 / 12 Volt / 100 Amp = 17 batere 100 Ah.

    Itu semua terkendala dengan matahari yg malam hari tidak bersinar dan siang lebih banyak melakukan penyimpanan dari pada pemakaian. Lain hal dengan powerSYSTEM xGenLN1000SW, metode baru lihat di http://www.gravitypower.generator.blogspot.com

  5. untuk memanfaatkan sumber alam yang ada di bumi indonesia ini, diperlukan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. bukan mahal yang menyebabkan matahari tidak digunakan untuk membangkit listrik, tetapi ada kepentingan kepentingan pihak tertentu yang didahulukan.

    semoga rakyat menyadari hal hal seperti ini

    • perlu diketahui bhw Pemerintah melalui Bea & Cukai tlh mengenakan biaya 5% utk impor solar PV, dimana tahun lalu tidak dikenakan biaya semacam itu. menurut mereka produk tsb terlalu murah utk dijual dgn harga pabrik tercantum.

      • Itulah bukti pemerintah tidak bekerja untuk kepentingan rakyatnya.
        Pemerintah itu seperti Sales perusahaan2 energi seperti Chevron, Exxon, PLN, dsb. Berusaha mengeruk uang sebesar2nya dari rakyat.
        Kalau Pembangkit Listrik tenaga matahari murah dan laku di Indonesia, lalu siapa yg akan beli minyak, gas, dsb?
        Pemerintah berusaha menjual minyak, gas, dsb kepada rakyat meski tahu mayoritas rakyatnya tidak mampu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 137 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: