Iklan

Jalanan Berlubang di Jakarta Tewaskan 35 Orang

Sebetulnya malas juga menulis masalah jalan berlubang ini. Toh sudah banyak yang menyuarakannya serta beberapa perbaikan sudah dilakukan.

Namun ternyata perkembangannya begitu lamban. Sebelumnya ada saling lempar tanggung-jawab antara Pemda DKI dengan Pemerintah Pusat cq Departemen Perhubungan Umum (PU). Gubernur Fauzi Bowo menganggap itu tugas Departemen PU karena yang rusak adalah Jalan Nasional. Bowo juga menyalahkan DPRD yang memotong anggaran perbaikan jalan dari Rp 54 milyar jadi Rp 27 milyar.

Sebaliknya Menteri PU Djoko Kirmanto menyatakan baru akan memperbaiki jalan secara permanen pertengahan April 2008 setelah musim hujan lewat. Kalau jalan basah tidak bisa diperbaiki, katanya.

Sementara Menurut data Kompas, selama dua bulan pertama pada 2008, 35 orang tewas serta 283 lainnya luka berat akibat jalan rusak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Harusnya meski jalan tidak bisa diperbaiki secara permanen, kan bisa ditambal sementara dengan aspal, semen beton, atau kalau perlu puing-puing sehingga bahaya bisa dikurangi. Terus terang kondisi jalan di Jakarta saat ini lebih parah daripada jalan Jonggol yang pernah saya lalui yang katanya rusak berat. Jalan Jonggol meski rusak, tapi lebih banyak bagusnya ketimbang jalan di Jakarta saat ini.

Sebagai contoh, warga di tempat saya bisa menambal jalan berlubang dengan semen. Kenapa? Karena meski musim hujan, tapi di Jakarta tidak hujan terus menerus. Adakalanya matahari bersinar cukup terik dalam waktu lama sehingga terasa panas. Jadi harusnya bisa dilakukan penambalan sementara.

Kalau pemerintah baru memperbaiki pertengahan April, berapa orang lagi harus meninggal karena jalanan rusak?

Kelihatannya ada kekurang-kompakan antara Pemerintah Pusat dengan Pemda seperti pada kasus matinya warga karena busung lapar di Makassar.

Hujan, Jalan Berlubang Makin Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta

Sayangnya, hingga saat ini baru sepersen jalan rusak yang diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Hanya 15 ribu meter atau 119 titik dari 400 ribu meter jalan rusak yang mulai diperbaiki. Padahl korban sudah berjatuhan. Menurut data Kompas, selama dua bulan pertama pada 2008, 35 orang tewas serta 283 lainnya luka berat akibat jalan rusak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.(TOZ/Sufiani Tanjung dan Eko Purwanto)

http://www.liputan6.com/news/?id=156139&c_id=6

Kompas.Com – 136 Lokasi Jalan Berlubang di Jakarta

136 Lokasi Jalan Berlubang di Jakarta. KOMPAS/RIZA FATHONI. Sebuah bus transjakarta jurusan Blok M-Kota melintas di atas separator di Jalan Medan Merdeka …

202.146.4.17/read.php?cnt=.xml.2008.02.28.11211912&channel=1&mn=10&idx=87

Jalan Berlubang Pemandangan Biasa di Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta: Kalangan pengusaha Ibu Kota pun mengeluhkan jalan rusak sangat menghambat dunia usaha. Buat transportasi ke Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, umpamanya, pengusaha angkutan merugi sebesar Rp 2,4 miliar per hari karena waktu tempuh lebih lama.

Agaknya, masalah jalan rusak di Ibu Kota belum akan teratasi dalam waktu dekat. Pihak Dinas Pekerjaan Umum memperkirakan perbaikan jalan di Jakarta membutuhkan biaya sekitar Rp 300 miliar. Sejauh ini, DPRD DKI baru menyetujui Rp 173 miliar.(ANS/Sufiani Tanjung dan Eko Purwanto)

http://www.liputan6.com/news/?id=155665&c_id=6

Kompas.Com – Info Jalan Berlubang di Jakarta

JAKARTA, SABTU-Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya mencatat 45 lokasi jalan rusak dan berlubang di wilayah DKI Jakarta. …

www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.02.09.09161963&channel=1&mn=10&idx=87

Gubernur DKI: Jalan Rusak Selesai Diperbaiki Mei

“Kita targetkan perbaikan jalan ini paling cepat selesai Mei mendatang,” kata Fauzi di Balaikota Jakarta, Senin.

Gubernur juga sempat melontarkan kritik kepada pihak-pihak yang memprotes jalan rusak itu untuk kepentingan politik.

“Kenapa mereka protes sekarang, padahal mereka (anggota DPRD-Red) yang mengurangi anggaran untuk perbaikan jalan rusak itu,” katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya mengajukan anggaran perbaikan jalan rusak sebesar Rp54 miliar dalam APBD 2008, namun DPRD melakukan pemangkasan dan hanya memberikan anggaran sebesar Rp27 miliar.

http://www.antara.co.id/arc/2008/3/17/gubernur-dki-jalan-rusak-selesai-diperbaiki-mei/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: