Iklan

Obat Flu (Influenza) dan Pilek

fluPenyakit Flu sering menyerang kita. Minimal setiap tahun, pasti kita terkena penyakit Flu. Ini karena penyakit Flu sangat menular. Bisa ditularkan melalui batuk atau pun bersin dari penderita Flu.

Gejalanya adalah meriang, demam, pilek (hidung berair), bersin, pusing, dan pegal. Ada 3 jenis virus influenza yaitu Jenis A yang paling berbahaya dan menjangkiti manusia, burung, dan mamalia. Jenis B yang hanya menjangkiti manusia dan burung. Dan jenis C yang hanya menjangkiti manusia dan paling kurang berbahaya.

Karena virus Flu selalu berubah-ubah/bermutasi (Antigenic Drift), maka penyakit Flu berulangkali menyerang kita karena Sistem Kekebalan Tubuh kita tidak mengenalinya.

Biasanya dalam seminggu kita sudah sembuh. Tapi pada beberapa orang bisa lebih. Bahkan orang yang menderita penyakit paru-paru lain seperti asma, bronkitis, dan pneumonia bisa lebih parah dan menimbulkan kematian. Setiap tahun penyakit influenza membunuh kurang dari 1% manusia. Di AS, setiap tahun 20 ribu orang mati karena flu.

Jika terkena Flu, paling gampang pergi ke dokter.

Meski demikian, jika keuangan anda pas-pasan dan tidak mampu ke dokter, anda bisa membeli obat Dexamethazone yang 0,5 miligram dan Amoxicillin 500 mg. Harga Dexamethazone sekitar Rp 1.500/strip sedang Amoxicillin sekitar Rp 6.000/strip. Saya pribadi biasa memakan Dexamethazone sebanyak 1 pil dan Amoxicillin separuh saja sebanyak 2x sehari (jika parah sekali, 3 hari sekali). Sedang untuk Irfan, anak saya yang berumur 4 tahun Dexamethazone 1 pil dan Amoxicillin ¼ tablet. Jika hidung sampai mampet karena ingus, coba minum obat sirup Molapect 1 sendok makan (untuk anak 4 tahun 1 sendok teh).

Jika demam, coba minum obat turun panas seperti Panadol atau Tempra untuk anak kecil. Jika panas tidak turun dalam 2 hari, coba cek darah ke Klinik siapa tahu itu adalah gejala DBD atau penyakit berbahaya lainnya.

Jika ada madu asli (misalnya madu Apiari) minumlah 1-2 sendok makan 3 x sehari. Ini selain untuk pengganti makanan jika kita kurang nafsu makan juga membuat tubuh kita lebih kuat sehingga jadi lebih kebal terhadap serangan penyakit. Tetaplah banyak minum agar tubuh anda tetap segar.

Perbanyak juga minum air/jus hingga tubuh tetap segar.

Hindarilah orang lain yang sedang menderita flu. Jika menderita flu, jangan bersin/batuk sembarangan sehingga menulari orang lain. Pakailah masker agar virus-virus anda tidak menulari orang lain. Sebaiknya, bagi orang sehat, masker bisa membantu agar virus-virus tidak langsung terhisap.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Influenza

Iklan

8 Tanggapan

  1. hai salam kenal artikelmu udah ada di

    http://obat2-an.infogue.com/obat_flu_influenza_dan_pilek

    gabung yuk n promosikan artikelmu di infoGue.com. Salam ^_^

  2. saya mau nanya kenapa badan saya mudah sekali terkena flu,kalau kena hujan sesikit saja badan saya langsung demam,dan kesinginan.tolong penjelasannya terimakasih

  3. Saya mau nanya, saya mudah sekali terkena penyakit flu, disertai panas yang berkepanjangan…kenapa ya. terimakasih atas jawabannya, ditunggu

  4. saya mudah sekali flu. kira-kira obat apa yang cocok??

  5. jika saya terserang flu saya selalu kehilangan daya pendengaran saya mengapa demikian?

  6. pagi mas, salam kenal for all by firoh

  7. menurt sy, flu itu ga perlu pake kortikosteroid kayak dexamethasone. itu efek smapingnya berbahaya. dan sbnarnya flu itu dlm kedokteran adalah self limiting disease, yang berarti tubuh akan mampu menyelesaikan virus tersebut dalam waktu 3-4 hari. obat yg dibutuhkan paling hanya pseudoephedrin dll. bhkan antibiotikpun dianggap kurang pelru

  8. seharusnya ngga perlu minum antibiotik krn virus nda akan mati dg amox, saran saya perbaiki aja daya tahan tubuh spaya virusnya kalah n cepat sembuh….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: