Iklan

Tips Cara Menambah Tinggi Badan

Buat yang usianya di atas 23 tahun, jangan berharap bahwa tinggi badan anda bisa bertambah lagi. Kemungkinan itu sangat kecil. Biasanya pertumbuhan tinggi badan berakhir pada usia 18-23 tahun. Tergantung bermacam-macam faktor.

Tinggi badan dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa dari faktor keturunan, makanan, olahraga, dan sebagainya. Orang yang punya orang tua tinggi, besar kemungkinan dia juga akan tinggi. Sebaliknya jika orang tuanya pendek/kuntet, kemungkinan dia juga pendek.

Faktor makanan juga berpengaruh. Makanlah makanan 4 sehat 5 sempurna dengan karbohidrat (nasi, kentang, dsb), lauk (daging, tahu, dsb), sayur, buah-buahan ditambah dengan susu minimal segelas setiap hari. Susu banyak mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pembentukan tulang. Jika kita lihat, bayi/balita yang mengkonsumsi susu pertumbuhan tinggi badannya begitu cepat. Jika anda bisa minum susu di waktu pagi dan malam lebih baik lagi.

Usahakan makan 3 kali sehari dengan takaran yang cukup. Jangan terlalu sedikit sebab pertumbuhan tinggi bisa jadi terhambat. Jangan pula terlalu banyak yang menyebabkan anda jadi gendut dan susah bergerak.

Sebetulnya makanan ayam broiler/fried chicken juga dapat menambah tinggi badan anda karena banyak mengandung hormon. Namun efek sampingnya seperti puber dini dsb kurang baik bagi kita.

Lebih baik lagi jika kita minum madu 2 sendok makan di pagi dan malam hari agar sehat.

Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan anak. Sebaiknya hindari olahraga seperti angkat besi atau memakai beban berat pada saat anak-anak agar pertumbuhan tinggi badan tidak terhambat. Kalau pun terpaksa pakai beban, hindarilah barbell yang berat. Sebaliknya pakai satu dumbell yang ringan yang diangkat oleh satu tangan secara bergantian.

Sebagai gantinya agar otot tetap kuat, lakukan olahraga tanpa beban seperti push up, chin up (gelantungan), squat jump atau squat tanpa beban dengan satu kaki dibengkokkan secara bergantian, dan sebagainya.

Olahraga chin up di mana badan bergelantungan dengan tangan atau pun bergelantungan dengan kaki juga baik untuk menambah tinggi badan. Lakukan sebanyak 5 set di mana setiap setnya 10 x. Lakukan itu 3 kali seminggu.

Olahraga seperti lari pagi dengan kaki berjinjit, bola basket, lompat dengan skipping atau pun berenang bisa menambah tinggi badan. Apalagi jika dilakukan saat jam 6-7 pagi di mana matahari bersinar lembut. Coba olahraga di atas 30-60 menit dan lakukan 3-5 kali seminggu.

Stretching/peregangan saat bangun tidur atau pun sebelum olahraga bisa membantu pertumbuhan tinggi badan. Menendang pun bisa memanjangkan kaki. Lakukan 5 set sebanyak 10 x repetisi dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

Sebaiknya anda mandi saat matahari bersinar mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Hindari mandi malam yang bisa mengakibatkan rematik dan membuat pertumbuhan tinggi anda berhenti lebih awal.

Tidurlah minimal 8 jam sehari. Tidur yang cukup memungkinkan tubuh anda untuk memproduksi hormon pertumbuhan secara optimal. Hindarilah stress.

Tapi yang enak sih punya tinggi badan yang sedang-sedang saja. Jika pun tinggi, tidak berlebihan. Kalau terlalu tinggi seperti foto di atas juga tidak nyaman kan?

Kalau pun tubuh anda pendek, tetaplah berbahagia. Karena banyak juga orang besar dan sukses yang berbadan pendek seperti Napoleon Bonaparte, BJ Habibie, dan Ucok Baba….

Di bawah beberapa artikel tentang cara menambah tinggi badan:

http://www.zebhi.com/2008/10/tips-menambah-tinggi-badan-secara-alami.html

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1918528-tips-menambah-tinggi-badan

http://www.isdaryanto.com/cara-cepat-meninggikan-badan

http://www.dechacare.com/Tips-Menambah-Tinggi-Badan-I365.html

http://www.walktallshoes.com/grow-taller.html

http://www.walktallshoes.com/grow-taller-exercises.html

Iklan

70 Tanggapan

  1. hmm usiaq 19 tahun,kira kira masih bisa tambah tinggi badan gak?

    • Umumnya pertumbuhan tinggi badan berakhir pada usia 18-23. Wanita umumnya meski tinggi lebih cepat, tapi berhenti juga lebih cepat.

      Tapi tetap saja lakukan makan yang baik dan teratur serta olahraga…

  2. usia saya 23th….tinggi badan saya 161cm,,,berat badan saya 55kg…di usia yg udh g muda lg ap saya bs mnmbah tinggi badan saya????
    klo bs tolong donk ksh tips’ny…klopun saya hrs hrs beli obat, obat ap yang hasru saya konsumsi buat menambah tinggi badan saya……..saya tunggu balasannya,,,,,,
    terima kasih,,,,

    • Usia saya 18 thn…. tinggi badan 157cm, berat badan saya 44kg… di usiam seperti saya bisa menambah tinggi badan saya ????, kalau bisa tolong kasih info di mana saya harus beli obat untuk menembah tinggi badan saya ….. saya tunggu balasannya..’

  3. usia sy 21 thn.msh kah saya bs bertmbh tggi lg.tggi saya skrg 160 cm.law mang saya msh bs brtmbh tinngi lg tlng br tahu bgmn cara na agar tinggi saya bs brtmbh……saya hrpkn bntuan na……..saya ucapkn trm ksh….sudikirana ntuk membntu saya….

  4. Kalau pelat pertumbuhan (growth plates or epiphysis plates) sudah tertutup dan diganti tulang yang solid, maka sulit bagi tulang untuk bertambah panjang/tinggi. Meski ada penjual obat yang bilang bisa, saya masih meragukannya.
    http://www.waystogrowtaller.net/info/human-height-growth

    Cuma selama belum lewat 23 tahun meski pertumbuhan bisa berhenti di umur 18, lakukan segala usaha seperti disebut di atas.

  5. Saya dikasih alat dari dokter ortopedi terus selalu saya gunakan setiap hari,saya sudah optimis tapi ko kepala saya malah pusing terus saya merasakan ada yang pecah di dalam kepala saya apakah itu,mungkinkah bisa seperti sediakala? Kira-kira ada obat untuk pusing seperti itu?

    • Harus dilihat dulu penyebab pusing kepala anda. Apa karena pergeseran tulang atau apa.

      Untuk tulang, bisa coba kiropraksi. Kalau berkaitan dgn darah bisa coba bekam.

      Yang jelas kalau efeknya jelek seperti pusing, lebih baik upaya menambah tinggi seperti itu dihentikan saja. Untuk apa tinggi tapi pusing? Cari cara lain yang aman dan tidak berbahaya.

  6. wahh mantapp, baru tw gw..hehe..

  7. semangat,,,salam kenal..

    thanks…di tunggu kunjungan baliknya

  8. trims buat infonya.. umur saya sudah 22 tahun,.,. lumayanlah kalo bisa nambah dikit lagi,.,

  9. terima kasih atas tipsnya.. (thumb)

  10. saya adalah remaja yang berumur 18 tahun. tinggi badan saya 142. saya baru lulus smk, tapi, tinggi badan ini menyebakan saya tidak PD dalam kgiatan sehari- hari. smw tmn2 slu mengjek saya.
    karna saya paling pendek diantara tmn2 saya. dan untuk melamar pekerjan yang saya igin dudah sekali. mkla dari itu saya sedang berusaha supaya tinggi badan saya bertambah dengan cepat..
    n terima kasih banyak atas tips’y…

  11. Aq dah berumur 20 menuju 21….apakah masih bisa tinggi dalam waktu yang singkat,misalnya 2bulan…???
    tinggiq 148…nambah 7cm ja, byar jadi 155 ,,kemungkinannya gimana..???
    minta sarannya dunk…!!!!
    Sblumnya mkasih…..

  12. mudah2an tinggi badan saya bertambah dengan tips yg telah saya terima tapi untuk membantu pertumbuhan saya yang sdh berusia 18,5 thn,
    apakah obat yg saya dapat dr kabar lewat dunia maya apakah bisa di percaya?
    tlg komen nya
    tirima kasih.

  13. yahhhh,,,,ga bs nambah tinggi lg dunkzz…:(

  14. usia saya 18 tahun, berat 37kg, tinggi 144, apakah masih bisa bertambah??

  15. umur sya 22 mnuju 23,,tp bdn saya pndek,,sya minder mlihat tmn2 yg pd tinggi,,,sya pngen mnambah tnggi bdan sya layak’a org2 se usia sya..mohon bantuan nya yha,,tolong ksi tw tips yg akurat…trimakasih..

  16. Akku Sch Pengen tinggi nya cepet
    biar gak dikataai ge ma tmen2
    umur dah 13 tahun!!!!
    masih brapa lama ge ya aku bisa tambah tinggi

  17. usia q uda 21th, tpi tinggi ku hnya 150’an cm gt, pengen bisa punya tinggi minimal 160an gt,,, bsaa gag yaa??? mohon petunjuk.. thankz

  18. nih aye punya tips buat nambah tinggi badan, naik sepeda aje asal tu jok/sadelnya tiap minggu dinaikin 1cm dan naiknya selama sejam setiap hari pastikan pas pedal ada dibawah kaki kita harus lurus jangan sampai nekuk bahkan kalo bisa jinjit kakinya ini akan memperpanjang kaki dan meluruskan tulang belakang badan kita, pertumbuhan badan masih berlangsung sampai umur 30an namun lebih pelan karena hormon pertumbuhan kita sudah berkurang perbanyak makan protein kalsium vitamin b dan cukup istirahat dan matahari

  19. Sy remaja b’ktinggian 157 baru menginjak 17thn tp udh b’rumah tngga. Apa sy mc bsa tinggi lg yh?kpngin bgt jd tngi..apa ktinggian q bsa t’bntut krn udh brumah tnga?

  20. umur sya 15 tahun..
    truz bpak sy tinggi,mama sy pendek.
    kira2 apa saya dapat tinggi.??

  21. Usia sy 18 thun brat bdan 50 kg and tnggi bdan 149….mnta tipzx donk buat nambah brat bdan dlm wktu smnggu..soalx pnting bngt nich….150 lbh sdkit gpp kok…plis mnta saranx yach….sblmx trimz….

  22. Kta org2 sihk kaloo pgn punya bdan tinggi mh kalo lg tdur tangan qta.y hrus tlentang k.atas . Truz jgn pke bantal kalo lg tdur :

  23. umur sya 12 thn tinggi badan saya 150 cm berat badan saya 32 kg
    Kira2 di usia sya yg 12 thn tinggi dan berat badan sya normal gk yah???
    #tolong bls

  24. aq usia 17 dh mau 18 bln 12 nnti,
    Tnggi aq cma 140 bb 45. Diantra tmn2q aq yg pling pndek.
    bpak aq tnggi v mama aq pndek.
    Ap msih bsa tnggi jdi 150..
    Tolong yh djwab…

  25. saya berumur 22 thn, tinggi badan saya 165 cm berat badan saya 48 kg. kira2 bsa tabah gk ya tinggi Q?
    pa sich obat na

  26. umur saya 11 th tinggi badan sya 155 apakah saya bisa tinggi lagi dan usia brpa tinggi bdn tidak bisa naik dan juga olahraga apa yang bisa membuat saya tinggi selain volly dan basket tolong beritahu tolong bls

  27. q cowo Umur q msih 18thun tinggi q 165cm bb q 44kg apakah q msih bisa bertambah tinggi?soalnya pcr q tingginya 175cm.q jdi iri ma tingginya.

  28. . Q udh tinggi . Tp kurng krus . . Q pngn krus

  29. SAYA gatot, umur saya 19 menginjak 20, tinggi saya 155. berat badan 47, dan setiap malam sya minum zevit grow dan paginya minum susu,,, tapi kerjaan saya mengagkat 25kg gtu?? jadi saya masih bisa tinggi lagi gak yah??? dan katanya sampai umur 25 tahun masa pertumbuhan??? jadi saya bisa lebih tinggi tidak ya?? tolong balas terima kasih

  30. umurq 19thun tinggi badanq 155 beratq 44 kg ..mnnta tipsny donk buat nambahin berat badan ,,

  31. Lok cuma loncat2 tiap hari , bisa g min?

  32. Saya cewek Umur 17 tahun, dan tinggi saya 147 ya ampun pendek bgt.. Berat bdan saya cuma 35, gag ideal ya?
    Saya pengen tinggi, kira” dgn umur saya 17 tahun, tinggi sya bsa brtmbh brapa cm ya?

  33. umur saya mw 18 th tnggi sy 147 brt 30…..gmn naekin brt dan tinggi badan

    • umur saya 14 th tinggi badan sya 145 apakah saya bisa tinggi lagi ???
      dan usia brpa tinggi bdn tidak bisa naik???
      dan juga olahraga apa yang bisa membuat saya tinggi selain volly dan basket tolong beritahu tolong bls

  34. umur saya 16 thn tinggi saya 165 cm dan berat saya 49 kg, apakah saya masih bisa bertambah tinggi ? tolong di jawab 🙂

  35. Usia sy 20 thun. Bb 48 kg. TB 160. Pa bisa tinggi lagi? Sdgkn pkerjaan,harus menuntut untuk berdiri lbh dr 6 jam. Apa ada tekanan pd tulang yg tdk bisa meregang lagi? Kasih solusinya gan. Trimz

  36. usia saya menuju 15 dan tinggi saya 147,5. apakah tinggi badan saya cukup atau kurang? tentu saya ingin lebih tinggi karena saya dibilang anak sd. saya sering berenang, gelantungan dengan 2 tangan, tapi kenapa saya ga tinggi tinggi?hehe. atau gelantungannya waktunya ditentukan? seperti berenang contohnya min.1 jam

  37. Tinggi saya 176 cm n berumur 17 tahun. Saya pengen banget tingginya jadi 186 cm dalam waktu yang cepat. Kira-kira ada tipsnya gak? Please help me.

  38. tinggi badan saya 1,81cm apa bisa bertambah lagi ? usia saya saat ini kurang lebih baru beranjak 16 tahun,padahal olah raga saya berenang,tapi kok lama banget ya tambah tinggi lagi ;'(

  39. wow. ilmunya bermanfaat gan, sudah ane terapin sebagian
    moga2 tambah tinggi nih badan saya aamiin
    makasih gan

  40. Katanya minum kopi juga menghambat tinggi badan. aku dulu waktu sekolah suka main basket ma skipping hampir tiap hari malah, tapi teteup aja ga tinggi2 cuz aku addict bgt ma kopi seh.

  41. usia saya mw branjak 17 thun , akhir desember nnti tpi tinggi saya msih 150
    ap dngan umur saya yang sgni msih bsa tinggi ?
    tolong donk kk ksih tw tips a

  42. usia saya sudah 19 tahun.berat badan sekitar 44 kg,,tingi saya sekitar 156 cm an klau g’ slah,,gmana saranya supaya perkembangan tubuh saya lebih cepat pertumbuhanya.,.saya tunggu jawabanya dan saranya sepatnya ea,.,.
    makasih,.,tolong kirimin lwat email qu ea
    yumaiwendra_yptk@ymail.com

  43. umur q 19 brat bdan q 41 bisa nggak tinggi ndan q brtambah. dan gmana cara menambah tinggi bdan dngan cepat????

  44. UMUR SYA 28 SY SERING LOMPAT TINGGI 20X SEHARI DAN MELAKUKAN PREGANGANNN, NAMUN TINGGI SAYA NAMBAHH5 CM, terakhir baru2 ini yg anehh baru sy rasakan dan ketahuii ternyata tengkorak kepala sy juga ada yg menjondol/meninggi…anehh tapi itulahh yg terjadiii…

  45. pengen tinggi cpet dngan cara2 yang mudah,,saya udh ,elakukan olhrga sgla mcem tepi ttep aj pendek..pdahal cita2 saya jdi polwan

  46. tinggih saya 166 dan berat saya 60kg apa bisa tinggih lagi apa sih tipnya kasih tau dong !!!
    mohon balasanya…

  47. tinggi saya 144cm berat badan 35kg.berat bdan ideal saya berapa sich

  48. umur q dah 16 thn tinggi q 169 cm berat 49 kg semoga tips ini bisa menambah tinggi badan q, pengennya sih’ tinggi q 179 cm bertambah 10cm.*^_^*

  49. Aku umur 17 berat badan 34 kg tinggi 144cm;-(

  50. umur saya 14 , tinggi saya 160 cm berat badan 48, apakah saya bisa tinggi sampai 185 cm di umur 21?

  51. Saya mau nanya usia saya sudah berjalan 19 thun , saya pingin banget tinggi apakah say bisa tinggi
    berapa aja obat saya akan beli

  52. Salam kenal semuanya ….
    saya mau nanya,umur saya 21 thn,tinggi badan saya kurang dari 160,apa kah saya masih bisa tinggi?

    • usia 18 thn, tinggi bdn cuma 152 cm 😦 masih bisa gak ya tinggi bdan ku brtambah ?_?

      • maaf cuma tambahan , insya allah bisa asal selalu usaha dan berdoa , minum obat untuk peninggi badan pun bisa , asal diiringin sama olahraga , nama obatnya osteo gard, ini obat cukup baik bagi pertumbuhan tulang, karena setiap harinya untuk remaja disarankan 1200 mg kalsium/hari , osteg gard memiliki kalsium 500 mg dan bisa diminum 3X sehari , alhamdulillah saya baru 4 hari nambah 2cm , tapi itu harus niat . 🙂

      • Umur ku §ếкά̲Ʀά̲Ϟƍ 19 tahun..
        Ŧαρɪ̇ tinqqi ku hny 153..
        Berat ku 49kg
        ‎​∂ķΰ mrasa Gendut 😦
        Krn q rendah, n gendut, ‎​Ĵªϑi ‎​∂ķΰ makin terlihat rendah (Bantet) ..
        Gimana yah mawu tinggi?
        ªƿª masih ß¹ša tinggi ?
        Tlg dõoooº°˚˚°ºnќ tips na ..
        Makasiih 🙂

  53. Bila olahraha di malam hari seperti push up chin up dan lain lainya ada ekfek samping nyah ngga

  54. usia saya 16 tahun tinggi saya 164cm berat badan saya 55kg, apakah di usia sgini tinggi saya masih bisa bertambah ? tolong tips”nya dong ? 😦

  55. Umurku 16 tahun dengan tinggi 172 cm dan berat 56 kg,apakah bisa nambah tinggi????

  56. Umur saya 16 tahun dengan tinggi 171 cm dan berat 56 kg,apakah bisa nambah tinggi gak?

  57. tolong jelaskan bagaimana tubuh seseorang bertambah tinngi ditinjau dari dari fungsi tulang ??

  58. Segala cara udah aku coba, .
    Bila udah qodrat atw takdir ya hrz gmna, tinggal pasrah aja skrng mh

  59. saya berumur 20. tinggi saya 168.
    kira kira kalau saya sering latihan skipping bisa ga nambah jadi 178 ????

  60. Tinggi saya sekitar 156 apa masih bisa naik menjadi 160 diusia saya yang 3bulan lagi 19 tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: