Iklan

Sukiyat “Tokoh Esemka” Diancam, Bengkelnya Terbakar, dan Dilaporkan ke Polisi

Sukiyat Diancam

Pertama saya kurang percaya berita Solo Pos yang memberitakan bahwa H Sukiyat, tokoh “Pembuat Mobil Esemka” yang mengaku dapat ancaman dari berbagai pihak karena mengatakan bahwa Mobil Esemka hanyalah rakitan dengan mencomot berbagai komponen mobil yang ada. “Tanyakan kepada Jokowi, dimana di Indonesia yang membuat gardan mobil, transmisi box, axle dll,” sambung Kiat, seraya menambahkan kalau memang ada pabrik yang memproduksi komponen tiruan maka itu namanya pembohongan kepada publik. Dan memang sulit dipercaya jika Esemka yang belum berproduksi massal membuat sendiri gardan mobil, transmis, dsb karena itu tidak ekonomis.

Setelah membeberkan itu, 4 Maret 2012 diberitakan Sukiyat mengaku diancam:

http://www.solopos.com/2012/03/04/beberkan-esemka-sukiyat-mengaku-diancam-167601

Sukiyat enggan membeberkan siapa yang mengancam dirinya, tapi bila nanti terjadi sesuatu terhadap dirinya, masyarakat tahu bahwa memang ada sejumlah pihak yang ingin menyingkirkannya.

Terlepas benar-tidaknya berita tersebut, namun berbagai berita dari Media Massa lain akhirnya memberitakan berbagai musibah yang menimpa H Sukiyat. Di antaranya Bengkel Mobilnya habis terbakar sehingga kerugian mencapai Rp 2,5 milyar:

Sukiyat Diancam 2

Bengkel milik penggagas mobil Esemka terbakar

https://id.berita.yahoo.com/bengkel-milik-penggagas-mobil-esemka-terbakar-124400732.html

Polisi belum mengetahui penyebab kebakaran. Namun H Sukiyat yang cacat tersebut dilaporkan ke polisi dgn tuduhan menggelapkan uang sewa lahan milik  Yayasan Perlindungan dan Pelatihan Kerja (YPPK) Difabel Surakarta di mana H Sukiyat menjadi ketuanya:

Sukiyat Diancam 3

Sukiyat Datangi Panggilan Pemeriksaan Polisi
http://klatenupdate.com/1030/sukiyat-datangi-panggilan-pemeriksaan-polisi/

Haji Sukiyat pun menuntut balik:

DILAPORKAN KASUS PENGGELAPAN DANA SEWA LAHAN
Sukiyat akan Tuntut Balik
http://krjogja.com/read/176804/sukiyat-akan-tuntut-balik.kr

Dan memang akhirnya Mobil Esemka yang berperan besar menghantar Jokowi sebagai Gubernur Jakarta akhirnya terlantar. Pembuat Mobil Esemka sekarang beralih jadi membuat mesin cetak:

Esemka

 

Tempo: Esemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin Cetak

http://www.tempo.co/read/news/2014/03/10/123561092/Esemka-Mangkrak-Solo-Techno-Park-Buat-Mesin-Cetak

Itulah nasib Haji Sukiyat dan Mobil Esemka yang berhasil menghantar Jokowi jadi Gubernur DKI Jakarta.

Saat ada yang bilang proyek Mobil Nasional Esemka itu cuma bohongan, saya sempat marah. Orang mau bikin mobil nasional kok dihalangi? Difitnah? Ternyata mereka benar.

Mobil Esemka itu ternyata bohongan. Bukan rakitan model Toyota Kijang yg bisa dibuat massal. Tapi di bawahnya. Oplosan. Misalnya bagian depan pakai daihatsu, lampu belakang pakai isuzu panther, dsb. Kalau tidak ada barang, ya tidak bikin. Makanya tidak bisa dibuat massal. Cuma sekedar rakitan anak SMA biasa. Tak bisa buat industri Massal. Habibie juga sudah menyatakan soal ini.

Esemka 2

Jokowi sendiri sekarang memilih mengimpor 1000 Bis Cina seharga Rp 3,8 milyar yang belakangan diketahui karatan ketimbang Bis Indonesia dari INKA seharga Rp 3,7 milyar.

https://infoindonesiakita.com/2014/03/28/inobus-bus-gandeng-buatan-indonesia-dari-inka/

Nasib H Sukiyat dan Mobil Esemka

Beberkan ESEMKA, Sukiyat Mengaku Diancam
Sukiyat. JIBI/SOLOPOS/DokSukiyat. JIBI/SOLOPOS/Dok
Minggu, 4 Maret 2012 19:37 WIB | JIBI/SOLOPOS/Danie H Soe’oed | |

SOLO – Pengusaha bengkel mobil dari Trucuk, Klaten, H Sukiyat mengaku sepanjang hari Minggu (4/3/2012), dirinya mendapat sejumlah ancaman dari berbagai pihak.

“Saya kan membeberkan masalah teknis apa adanya, seperti yang saya ketahui, tetapi rupanya ada sejumlah pihak yang tidak senang dengan apa yang saya beberkan,” ujar Kiyat melalui telepon kepada Espos.

Kiyat mengaku dirinya pasrah saja, tapi dirinya merasa lega telah membeberkan masalah mobil Esemka sesuai apa adanya. “Prinsipnya, saya bukan orang politik, saya orang teknik. Jadi yang saya ungkapkan masalah teknis sesuai dengan pengetahuan saya,” ujar Kiyat.

Dia enggan membeberkan siapa yang mengancam dirinya, tapi bila nanti terjadi sesuatu terhadap dirinya, masyarakat tahu bahwa memang ada sejumlah pihak yang ingin menyingkirkannya.

Terkait bantahan Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Sulistyo Rabono soal comot-comot komponen mobil lain, Kiat menyatakan silahkan aja pihak hal itu dibantah. “Toh ada saksinya Kepala SMK Trucuk yang tahu persis dimana membeli komponen yang comotan itu,” tutur Kiat.

“Saya ini hanya orang cacat yang ingin membagikan ilmu saya dalam memperbaiki body mobil, tidak ada sedikitpun keinginan saya untuk mencari ketenaran atau yang lain-lain,” ujar Kiat.

Lebih lanjut Sukiyat mengatakan, jika Jokowi dkk membantah apa yang dia katakan, maka dia mempersilakan mereka menyebutkan darimana asal komponen-komponen mobil Esemka itu. “Tanyakan kepada Jokowi, dimana di Indonesia yang membuat gardan mobil, transmisi box, axle dll,” sambung Kiat, seraya menambahkan kalau memang ada pabrik yang memproduksi komponen tiruan maka itu namanya pembohongan kepada publik. Danie H Soe’oed

http://www.solopos.com/2012/03/04/beberkan-esemka-sukiyat-mengaku-diancam-167601

Sukiyat, Tokoh di Balik Kiat Esemka, Menatap Sukses Walau Menyandang Cacat

September 3, 2013 Biografi, Slider
Sukiyat-si-pembuat-mobil-kiat-esemka
Mobil Kiat Esemka resmi menjadi kendaraan dinas Wali Kota Solo yang beberapa waktu lalu masih dijabat oleh Joko Widodo. Adalah Sukiyat yang menjadi sosok penting di balik hadirnya mobil rakitan siswa SMKN2 Solo tersebut. Siapa dia?

http://smknews.net/sukiyat-tokoh-di-balik-kiat-esemka-menatap-sukses-walau-menyandang-cacat/

 

Bengkel milik penggagas mobil Esemka terbakar
Merdeka.com – Jum, 25 Okt 2013

MERDEKA.COM. Bengkel Kiat Motor milik penggagas mobil Kiat Esemka, H Sukiyat, Jumat (25/10) sore ludes terbakar. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar. Beberapa barang yang ikut hangus terbakar di antaranya sebuah mobil Hard Top dan satu unit mesin open.

https://id.berita.yahoo.com/bengkel-milik-penggagas-mobil-esemka-terbakar-124400732.html

 

Sukiyat Datangi Panggilan Pemeriksaan Polisi
NZR MEI 31, 2013 SOLO RAYA
KlatenUp – Sukiyat yang merupakan Ketua Yayasan Perlindungan dan Pelatihan Kerja (YPPK) Difabel Surakarta harus berurusan dengan polisi. Pasalnya Sukiyat dilaporkan kepolisi dengan tuduhan telah menggelapkan uang sewa lahan milik Yayasan untuk dibangun sebuah SPBU.
http://klatenupdate.com/1030/sukiyat-datangi-panggilan-pemeriksaan-polisi/

 

Esemka Mangkrak, Solo Techno Park Buat Mesin Cetak
TEMPO.CO, Surakarta – Solo Techno Park, lembaga yang pernah menaungi produksi mobil Esemka, kini merambah segmen bisnis lain. Menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park Gampang Sarwono, lembaganya kini membuat mesin cetak digital atau digital printing. “Kami siap dengan teknologinya,” katanya di kantornya, Senin, 10 Maret 2014.

http://www.tempo.co/read/news/2014/03/10/123561092/Esemka-Mangkrak-Solo-Techno-Park-Buat-Mesin-Cetak

https://infoindonesiakita.com/2014/03/24/mobil-esemka-yang-kini-terlantar/

Diskusi di Kaskus:

http://www.kaskus.co.id/thread/533cbc8b59cb1781538b4a25/sukiyat-tokoh-esemka-diancam-bengkelnya-terbakar-dan-dilaporkan-ke-polisi

Iklan

6 Tanggapan

  1. […] Nasib H Sukiyat dan Proyek Mobil Esemka Haji Sukiyat ini sebetulnya hanyalah seorang cacat pemilik bengkel mobil yang membantu anak2 SMK sehingga bisa merakit mobil. Entah bagaimana tiba2 Esemka ini jadi alat politis dgn berbagai berita bombastis seperti membuat mesin sendiri 100% dsb. Karena H Sukiyat yg merupakan tokoh Mobil Esemka mengaku mobil Esemka sekedar merakit saja, akhirnya ada pihak yg mengancamnya katanya. Terlepas benar / tidak, tak lama bengkel mobil H Sukiyat ludes terbakar sehingga rugi Rp 2,5 milyar. Kemudian H Sukiyat dilaporkan ke polisi dgn tuduhan menggelapkan uang yayasan. Proyek Mobil Esemka pun menurut berita Tempo Maret 2014 akhirnya mangkrak (terlantar) dan pabriknya membuat mesin cetak. Itulah nasib H Sukiyat pembuat mobil Esemka dan proyek Mobil Esemka. Kita doakan agar Allah SWT melindungi H Sukiyat. https://infoindonesiakita.com/2014/04…kan-ke-polisi/ […]

  2. beritanya ngga lenggkap, apa hubungan esemka dengan jokowi?

  3. Hal yang sangat lumrah bila mobil SMK dibuat berdasarkan modifikasi dari berbagai sparepart dari berbagai merk kendaraan,zaman sekarang apa yang tidak bisa kita buat secara tehnologi,semua telah tersedia tinggal kita merakitnya. Jadi menurut saya tidak ada yang disembunyikan dalam pembuatan mobil SMK,kecuali SMK bisa memproduksi gear box sendiri,blok mesin sendiri,velg roda sendiri yang kesemuanya dibuat secara fabrikan SMK.Kalau itu diujudkan sangat diperlukan dana yang sangat besar dan itu sangat tidak mungkin hanya dilakukan oleh tenaga2 setingkat SMK. Yang patut kita acungi jempol bagi anak2 SMK walaupun hanya memodifikasi berbagai sparepart dari berbagai merk mobiltetapi sdh mampu mendesign bentuk dan berbagai type mobil. Kapan Indonesia akan bisa mendapatkan kemajuan bila pembuatan mobil SMK diributkan.

  4. kasihan.. ingin bangga punya produk nasional, ternyata cuma jadi alat promosi politik ambisius.. blm kelar juga jabatan sbg gubernur, udah mau loncat lagi pengen jadi presiden..

  5. Memang negara indonesia ini sangat sulit untuk berkembang, sebenarnya penjajah untuk abad ini yaitu bangsa kita sendiri, kalo zaman belanda orang bule yg jajah kita, rakyat kita masih berani melawan dengan bambu runcing,
    Harusnya Kita mencontoh negara Korea, malaysia sudah menciptakan mobil sendiri, apalagi di negara korea tidak ingin menggunakan product luar, mereka benar-benar negara yg bisa mandiri.
    Kenapa Indonesia tidak?????????????????

  6. wong cilik selalu saja jadi tumbal dan jadi batu loncatan , semoga yang meloncat segera jatuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: