Iklan

Dalam 31 Tahun Kenaikan Harga di Arab Saudi Cuma 2x, di Indonesia 60x!

Tarif Angkutan Umum Naik

Tarif Angkutan Umum Naik

Pro Rakyat? Wong Cilik?
Bagaimana rakyat kecil mau naik angkutan umum jika makin mahal?
Paling2 mereka pada naik motor semua… 🙂

Saat saya ke Arab Saudi tahun 1983, harga minuman kaleng seperti Pepsi Cola hanya 1 real. Tahun 2014 harganya jadi 2 real. Cuma naik 2x lipat dalam 31 tahun.

Sementara di Indonesia tahun 1983 tarif angkutan umum hanya Rp 50. Namun tahun 2014 jadi Rp 3.000 sekali naik. Dan sekarang mau dinaikkan lagi. Dalam 31 tahun tarif angkutan umum naik 60x lipat. Padahal pendapatan rakyat tidak sebesar itu naiknya. Jadi ini namanya pemiskinan rakyat. Padahal dari Rp 1665 trilyun pendapatan negara di tahun 2014, Rp 1280 trilyun berasal dari pembayaran pajak rakyat. Jadi melemahkan/memiskinkan rakyat pada akhirnya akan memiskinkan negara.

Harusnya tarif angkutan umum dibuat berjenjang. Yaitu kelas Bisnis di bagian depan dan kelas ekonomi di bagian belakang seperti di pesawat. Misalnya untuk Busway yang 2 gerbong, gerbong depan bisa untuk bisnis dengan tarif Rp 8000 sekali jalan di mana fasilitasnya adalah AC dan tempat duduk (pasti dapat tempat). Gerbong belakang kelas ekonomi dengan tarif Rp 3500 di mana penumpang hanya berdiri. Jadi ada subsidi silang antar penumpang di 1 kendaraan.

Jika angkutan umum dinaikkan dan rakyat ramai2 naik sepeda motor, ini akan mengakibatkan jalanan jadi tambah macet. Subsidi BBM pun bertambah sebab 1 bis saja bisa menghemat pemakaian 100 kendaraan pribadi. Dari 1 bis angkutan umum, pemerintah bisa menghemat subsidi 100 kendaraan pribadi yang totalnya bisa Rp 5 milyar/tahun untuk setiap bisnya.

 

Tarif Angkutan Umum Ditargetkan Naik Sebelum Jokowi Jadi Presiden – Tribunnews.com

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/09/04/tarif-angkutan-umum-ditargetkan-naik-sebelum-jokowi-jadi-presiden

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: