Iklan

Ahok: Gaji Raksasa PNS VS Kemiskinan Rakyat

Ahok Naikkan Gaji PNS

Gaji PNS Rp 12-25 juta/bulan?

Yang jadi masalah adalah 97% lebih rakyat Indonesia bukan PNS. Masih banyak yang penghasilannya di bawah UMR. Contohnya Tukang Tusuk Sate yang ditahan polisi kemarin gajinya cuma Rp 35 ribu/hari. Kurang dari Rp 1,1 juta/bulan.

Nah jika harga2 barang naik karena kenaikan gaji PNS, bagaimana nasib 97% rakyat DKI/Indonesia? Tolong dipikirkan nasib mayoritas rakyat.

Uang untuk kenaikan gaji itu dari mana?

Dari kenaikan pajak yang dibebankan ke rakyat?

Kenaikan BBM atau tarif lainnya yang mencekik rakyat?

Kenaikan gaji itu harus wajar. Jangan drastis. Apalagi yang naik itu cuma segelintir saja. Kurang dari 3% rakyat. Khawatirnya 97% rakyat yang penghasilannya tidak naik malah sengsara.

Koreksi dulu lah hal2 yang kurang benar seperti gaji pegawai honorer pemda DKI yang menurut berita masih di bawah UMR. Pemda DKI menetapkan UMR Rp 2,4 juta/bulan. Nah bagaimana dgn tukang tusuk sate yang gajinya rp 1,1 juta/bulan? Harusnya Pemda bertanggung-jawab memberi kekurangan UMR tsb sebesar Rp 1,3 juta/bulan.

Kemudian Pemda data rumah2 warga yang hampir rubuh tapi mereka tak punya yang untuk memperbaiki. Nah bantu mereka memperbaiki rumahnya. Begitu pula kebutuhan kesehatan, pendidikan, dsb. Sebab meski ada kartu sehat dan berobat gratis, saat dibilang obat habis, warga harus beli sendiri obat tsb.

Kesejahteraan rakyat harus dipenuhi dulu. Baru para PNS boleh foya2 dgn gaji raksasa.

Rata2 lebih dari separuh APBD dihabiskan hanya buat bayar gaji PNS. Bagaimana bisa Pemda mensejahterakan rakyatnya jika gaji PNS mau dinaikkan 3-4x lipat dari sekarang sementara UMR naik 20% saja sudah susah?

Ahok Janji Beri Gaji Rp 12-25 Juta untuk PNS DKI

Liputan6.com, Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menjanjikan kenaikan gaji tinggi kepada jajarannya. Tahun 2015, pria yang karib disapa Ahok itu memperkirakan gaji PNS DKI mencapai Rp 12 juta per bulan beserta tunjangan kinerja daerah (TKD).

“Kita ingin penghasilan di DKI itu tambah baik. Tahun depan yang paling rendah golongannya sudah bisa bawa pulang Rp 12 juta,” kata Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (31/10/2014).

http://news.liputan6.com/read/2127305/ahok-janji-beri-gaji-rp-12-25-juta-untuk-pns-dki

Penyerapan APBD DKI, Cuma Buat Bayar Gaji PNS

http://www.rmol.co/read/2014/06/23/160669/Penyerapan-APBD-DKI,-Cuma-Buat-Bayar-Gaji-PNS-

Penyerapan APBD 2014 Baru 20 Persen 

http://m.tribunnews.com/metropolitan/2014/06/23/penyerapan-apbd-2014-baru-20-persen

Komentar seorang pembaca:

Mohamat M

sy jg PNS tapi gaji saya jauh di bawah UMR dan tidak ada remunerasi pdhl kategori kerja saya tergolong profesional dan tinggal di perkotaan yg biaya hidupnya cukup tinggi…di indonesia gaji PNS yg paling besar ya cuma di pemda DKI itu, di luar daripada remunerasi nasional, maka ke depan disarankan adanya pemerataan gaji PNS di seluruh indonesia….sesuai biaya dan kebutuhan hidup dimana dia tinggal…sungguh miris dan memprihatinkan melihat gaji PNS DKI yg sangat besar itu….

dan satu lagi YG HONOR di pemda DKI JG masih banyak bahkan gajinya di bawah 1 juta/bulan dan itupun dirapel 3 bulan sekali…

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kesejahteraan rakyat harus dipenuhi, baru pns foya2? pns jg rakyat pak, yg kerja cmn buat memenuhi kebutuhan pangan. mau foya2 sj tdk terpikir, mungkin pns foya2 yg sudah jabatan2 atas ya. tlg jgn digeneralisir. sy jg pns, gaji pokok masih dibawah umr dengan biaya hidup di dki yg tinggi, sebulan gaji saya habis cuman untuk biaya transportasi dan makan sehari-hari. Memenuhi keperluan sandang perlu dipertimbangkan masak-masak, keperluan ‘papan’ sdh pts harapan utk membeli krn seumur hidup kerja jg tidak akan cukup utk membeli ‘papan’.
    yg sy dgr mmg cmn pemda dki yg gajinya banyak, meskipun skr banyak yg dipotong,tetap saja jumlahnya banyak.
    2014 lalu berjanji minim pegawainya bawa 12 jt plg, namun tetangga sy yg honorer di pemda dki jg berbulan2 tidak digaji. Janji kadang hanyalah janji, spy tampak manis di depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: