Iklan

Perbandingan Pengalaman Pakai Go-Jek, GrabTaxi, dan Uber di Jakarta

Layanan Online

Alhamdulillah saya berkesempatan mencoba 3 layanan angkutan online berbasis aplikasi Android tsb. Saya coba buat perbandingan antara layanan angkutan online di atas.

Go-Jek

Angkutan ini menggunakan sepeda motor dengan tarif umumnya rata sebesar Rp 15.000. Saya menggunakannya ke Duren Sawit dengan jarak 7,5 km. Pembayaran dilakukan dengan uang kas (cash).

Menurut saya layanannya cukup memuaskan.

GrabTaxi

Ada 3 moda yang disediakan: Taksi, Sepeda Motor (Grab Bike), dan Mobil Biasa (GrabCar) dengan kapasitas 7 penumpang (Avanza atau Xenia). Pembayaran kas meski saya lihat sekarang dgn kartu kredit juga bisa.

Harga Grab Taxi ini tidak stabil. Bisa murah, bisa juga mahal. Dari Otista ke Kebon Sirih pernah cuma Rp 39.000. Tapi dari Otista ke Pondok Gede dgn jarak 8 km pernah Rp 93.000. Padahal kalau hitungan taxi yang Rp 4000/km dgn argo awal Rp 7500, harusnya sekitar Rp 50.000 – 60.000 saja. Alasannya kalau lagi ramai jadi mahal.

Yang mengecewakan adalah tidak jarang pesanan / booking kita ditolak meski kita berkali2 pesan. Contoh saat di anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah tidak ada Grab Car yang mau melayani. Pikiran saya mungkin mereka tidak mau bayar uang tiket.

Celakanya saat ke Pondok Bambu dgn jarak 3,5 km, saat pergi bisa dapat Grab Car dgn biaya Rp 23.000. Layanannya bagus. Cuma pas mau pulang, meski harga yang Rp 17.000 itu saya tambah dengan tips Rp 20.000 (jadi total Rp 37.000), tidak ada pengemudi Grab Car yang mau melayani. Bookingnya dibatalkan oleh mereka.

Ini jelas mengecewakan konsumen Grab Car. Harusnya Grab Car menyediakan kendaraan yang mau melayani. Apalagi kalau ada penumpang yang bersedia menyediakan tip hingga Rp 20.000.

Sebaiknya GrabCar memberi tarif yang wajar dan stabil. Untuk apa tarif murah Rp 17.000 untuk jarak 3,5 km kalau semua pengemudi GrabCar menolak pesanan tsb? Kasihan penumpangnya.

Uber

Akhirnya terpaksa pakai Uber dengan kapasitas 4 orang (karena pakai Honda Jazz) dengan biaya Rp 19.500. Pembayaran dengan Kartu Kredit. Saya pakai BCA Visa.

Dari info sepupu saya, Uber tarifnya paling murah. Karenanya banyak pengemudi mereka mengganti mobil Avanza / Xenia dgn mobil kecil seperti Honda Jazz atau Agya agar tidak tekor biaya bensinnya.

Untuk mobil dengan penumpang maksimal 4 orang, menurut saya Uber cukup baik. Cuma karena harus pakai Kartu Kredit, tidak semua orang bisa pakai Uber mengingat jumlahnya paling 5% dari pemakai angkutan online ini.

Hingga saat ini menurut saya layanan Uber cukup memuaskan.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Wah tulisan yang sangat menarik dan sangat bermanfaat!
    Saya Gita selaku Brand Ambassador dari Uber Jakarta berterimakasih untuk review yg dituliskan teman-teman yang sangat bermanfaat. Oleh sebab itu saya ingin mengajak teman-teman download dan gunakan applikasi Uber. Tentunya layanan Uber Car dan Uber Motornya memiliki tarif bersaing bahkan JAUH LEBIH MURAH dari armada kendaraan umum online lainnya.

    Dan silakan untuk menggunakan kode promo BAJKTGITATRI dan dapatkan FREE RIDE untuk perjalanan pertama kamu !!

    Promo code ini berbeda dengan promo lainnya yang menggunakan sistem hangus pada penggunaan 1x perjalanan (walau tariff perjalanan kurang dari jumlah promo yang tertera dalam voucher anda) Namun, senilai Rp. 50,000- yang artinya, apabila biaya perjalanan kurang dari Rp. 50,000,- maka SISANYA BISA DIGUNAKAN pada orderan berikutnya !

    Untuk memudahkan, langsung saja kunjungi https://www.uber.com/invite/BAJKTGITATRI atau dapat download langsung di playstore atau ios mu!

    Selamat mencoba dan berkendara bersama UBER ! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: