Iklan

Lift Jatuh di Mal Blok M Square

lift3

Pada tanggal 17 Maret 2017, sebuah lift jatuh di Mal Blok M Square. Lift tsb mengangkut penumpang dari lantai 7. Menurut kabar, meski overload dan berbunyi, pintu lift menutup dan turun ke bawah. Menurut penuturan seorang pengunjung, di lantai 4 atau 5, lift turun dengan cepat. Dan di lantai 1 langsung jatuh berdebum hingga basement.

25 penumpang jadi korban. Mereka tak sanggup berdiri atau berjalan. Diduga lift jatuh karena tali putus akibat kelebihan penumpang.

Kapasitas angkut lift tersebut 1600 kg atau sekitar 24 orang dengan berat sekitar 67 kg. Liftnya buatan Korea Selatan. Mengingat Mal Blok M Square dibuka tahun 2008 atau 9 tahun lalu, kemungkinan talinya sudah mengalami pergantian. Apakah tali pengganti ini kekuatannya cukup?

lift

Harusnya jika maksimal 24 orang penumpang, sepenuh-penuhnya ruang lift tsb harusnya cuma mampu menampung 30 orang yang berdesakan. Kekuatan tali pun harusnya 2x lipat kekuatan kapasitasnya. Jangan sampai begitu overload lift langsung jatuh. Ini berbahaya. Harusnya kekuatannya 48 penumpang atau 3200 kg. Jika tidak, ruangan lift dipersempit sehingga sepenuh-penuhnya orang tidak lebih dari 20 orang saja yang muat.

Biasanya Lift itu begitu penuh berhenti. Tidak mau menutup sehingga para penumpang keluar sampai tidak overload. Jadi jika Lift tetap menutup dan turun, ada kerusakan mesin di sini. Tak bisa menyalahkan penumpang yang awam karena overload.

Biaya operasi dan maintenance lift itu mahal. Jika tak mampu, mending pakai eskalator saja.

Blok M Square dahulunya adalah Pasar Melawai dan Aldiron Plaza yang dimiliki oleh PD Pasar Jaya.  Blok M Square dikelola olehPT. Karya Utama Perdana anggota dari Agung Podomoro Group. Luasnya 2,12 hektar dan bisa menampung 3000 mobil.

lift3

Saat kejadian, Anies Baswedan sholat di Masjid Nurul Iman di Blok M Square lantai 7. Awalnya Anies diarahkan naik lift tsb. Tapi karena penuh dan antri, terpaksa lewat eskalator. Saya juga begitu. Setelah di dasar, baru Anies tahu ada lift jatuh. Menurut Anies, audit keamanan gedung-gedung umum perlu dilakukan.

Ada yang menduga lift disabotase untuk membunuh Anies. Namun menurut pedagang di Blok M Square, lift tsb memang sering bermasalah dan beberapa kali ditutup. Saya sendiri pernah mengalami lift anjlok hingga setengah meter. Rasanya ngeri-ngeri sedap. Tapi tak mengira bisa separah ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: