Tentang iklan-iklan ini

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Asma

olahragawanasmaAsma adalah satu penyakit turunan. Jika orang tuanya atau kakek-neneknya asma, kemungkinan seseorang bisa mendapat penyakit asma. Gejala penyakit Asma adalah orang sukar bernapas hingga berbunyi (mengi/bengek) karena saluran pernafasannya menyempit akibat lendir yang disebabkan alergi.

Sekitar 7% penduduk dunia (300 juta jiwa) menderita penyakit asma. Di AS, 4.000 orang tewas setiap tahun karena asma.

Asma adalah penyakit menahun/kronis. Menurut ilmu kedokteran Modern tidak bisa disembuhkan. Namun gejalanya bisa dikurangi.

Penderita Asma juga harus menghindari faktor alergi yang bisa menyebabkan asma seperti debu, kapuk, bedak, udara dingin, dan sebagainya. Tertawa atau kecemasan yang berlebihan juga harus dihindari. Faktor alergi tersebut mungkin berbeda-beda untuk tiap orang.

Penulis sendiri sejak kelas 2 SD hingga kelas 6 SD menderita penyakit Asma yang cukup hebat. Hampir tiap bulan bolak-balik ke Internist Dr. Pradono di bilangan Kampung Melayu. Bahkan pernah merasakan disuntik 2 kali seminggu selama 6 bulan agar asmanya sembuh. Vicks Inhaler dulu jadi teman setia. Namun alhamdulillah sejak SMP, penyakit Asma tersebut boleh dikata nyaris tidak menyerang lagi. Apa rahasianya? Saya akan paparkan di sini.

Satu ketika saat di kelas 6 SD ada teman yang mengajak lari pagi. Entah kenapa, saya jadi ketagihan sehingga lari pagi hampir setiap hari sejauh kira-kira 4 km dengan waktu sekitar 30 menit. Saat lari, nafas diatur. Tarik nafas pelan-pelan, kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Kecepatan lari pun tidak terlalu kencang karena akan mengakibatkan anda cepat cape. Jika anda capek, jalanlah selama 2-5 menit.

Jika anda belum pernah berolahraga, mulailah secara bertahap agar tidak kaget/pegal. Jangan lari pagi langsung 3 km. Tapi mulai saja dengan 200 meter. Besoknya baru ditambah 100 meter, dst. Awali dengan pemanasan jalan kaki sekitar 5 menit, baru lari pagi. Kalau mengangkat besi juga begitu. Meski anda sanggup mengangkat 30 kg, mulailah dengan 20% dulu yaitu 6 kg saja dengan pengulangan 10 x dan jumlah set 3-5 x. Kemudian naikkan secara bertahap sebanyak 2 kg.

Alhamdulillah karena sering lari pagi, akhirnya paru-paru pun menjadi kuat. Ketika di SMP diadakan lomba lari jarak jauh setiap bulan, saya biasa jadi juara ke 2 (sebab juara pertamanya memang maniak olahraga..:). Satu ketika saya cek lagi ke Dr. Pradono dengan hasil rontgent terbaru, Dr. Pradono kaget betapa foto paru-paru saya yang dulu banyak flex-nya, sekarang begitu bersih.

Memang orang sering beranggapan bahwa penderita Asma tidak boleh capek.  Ini separuh benar. Biasanya yang membuat asma kambuh itu adalah gerakan dengan nafas yang tidak beraturan seperti bermain, bekerja keras, lari cepat, sepak bola, dan sebagainya.

Tapi jika nafasnya diatur seperti menarik nafas panjang-panjang kemudian mengeluarkannya sampai habis dengan berirama seperti pada lari pagi, berenang, atau pun angkat besi, justru itu membuat paru-paru kita lebih kuat.   Bahkan ada juara dunia renang yang ternyata merupakan mantan penderita asma. Selain lari pagi, anda juga bisa mencoba olahraga renang. Olahraga angkat besi / fitness juga tidak masalah. Saya rutin melakukannya 2-3 kali seminggu.

Sejak rajin lari pagi hingga saat ini boleh dikata saya hampir tidak pernah kena asma lagi. Agar tidak justru bertambah sakit ketika berolahraga, ada baiknya anda berlatih dengan memakai pelatih olahraga misalnya di Klub Asma, Klub Renang, atau Fitness Center.

Selain berolahraga, anda juga harus mengenal zat-zat yang bisa menimbulkan alergi sehingga hidung anda jadi ingusan yang akhirnya nanti merambat ke tenggorokan anda. Saya mencoba menghindari debu, bedak, dan juga kapuk. Untuk itu bantal dan tempat tidur saya menggunakan busa/dakron.

Udara dingin juga bisa menimbulkan asma. Untuk mengatasinya, saya biasanya berolahraga. Tapi jika si kecil anda begitu, bisa dioleskan balsam Vicks atau Transbulmin. Beri dia pakaian yang tebal/selimut. Hindari juga tempat yang lembab. Saat udara dingin, matikan AC, jika perlu ventilasi udara ditutup sebagian. Jika masih dingin juga bisa pakai bohlam pijar 100 watt agar ruang menjadi hangat.

Saya juga pernah berobat gurah ke ahli Gurah di rusun Tanah Abang. Alhamdulillah selama 1 jam lendir mengalir dari mulut dan hidung meski saya tidak sedang pilek. Warnanya hijau dan kecoklatan. Esok harinya, nafas saya begitu lega dan lapang.

Sekarang paling-paling saya hanya mengalami flu atau pilek yang saya obati sendiri dengan obat Dexamethazone (3×1/hari) dan Amoxycillin (3 x 1/2  tablet/hari). Untuk expectorant (pencair dahak) bisa menggunakan obat sirup Molapect. Tapi penggunaan obat ini harus hati-hati dan dilakukan jika perlu saja karena efek sampingnya juga berbahaya.

Cobalah minum madu dan minyak habbatus saudah setiap hari agar stamina tubuh anda jadi lebih kuat. Jika lambung anda kuat, anda bisa minum kopi hangat. Sebaiknya kopinya direbus hingga mendidih. Bukan diseduh dengan air panas. Lebih baik lagi minum Kopi Radix (kopi yang dicampur herbal seperti Pasak Bumi, Mengkudu, dsb) sehingga lebih aman meski harganya 4x lipat harga kopi biasa. Coba minum di pagi dan malam hari.

Ada juga pak Ramlan memberi saran minum segelas air yang dicampur dengan segenggam DAUN Putri Malu dan diblender kemudian disaring dan diminum. Hindarkan Bunganya karena BERACUN. Alhamdulillah ada yang mencoba dan berhasil.

sy trmsk pndrta asma,,klo anda jg pndrt asma mngkn resep sy brmmfaat:Ambil daun putri malu 1 GNGGAM,cuci bersih,kmdian blender + 1gls air panas,stlh hlus saring nah pas msh hngt dminum dech..ya mngkn prtm anda muntah.lakukan dg rutin..tp INGAT jgn smpi bunganya terbawa loch karena itu racun..insyaallah klo rutin anda akan sembuh..GOOD LUCK!!!!

  • terima kasih infonya Pak Ramlan.
    ternyata tanaman sepele ini besar manfaatnya.
    sudah 10 hari ini saya mengkonsumsi air rebusan daun putri malu (bukan di blender- karena cari praktisnya), AlhamdulILLAH kondisi saya membaik bahkan terbaik tahun ini ( saya bisa futsal 45 menit tanpa kelelahan ),
    pada hari ke3 saya minum air rebusan saya masih sesak nafas mungkin karena perjalanan luar kota dengan sepeda motor,
    tapi malam harinya saya baik2 saja padahal dalam 2 bulan terakhir saya selalu sesak saat malam tiba ( jam 2 malam ) dan harus minum obat.
    semoga sakit saya dan semua orang yang menderita asma bisa sembuh tota.l
    terima kasih juga pada Pak Nizami..

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Asthma

Olahragawan Penderita Asma

http://medicastore.com/asma

Yang juga ditetapkan sebagai perenang terbaik adalah Sari Yulianti Saad, 14 tahun, dalam KU II. Putri ke-3 Ir. Saad yang baru duduk di kelas II SMP Negeri 40 Jakarta, ini menumbangkan rekor 200 m gaya dada atas nama Anita Saparjiman yang sudah bertahan 7 tahun. Waktunya 2:54,17, sedang rekor lama 2:56,28. Ia juga menumbangkan nomor 100 m gaya dada atas namanya sendiri. Rekor lama 1:2092 diperbaiki menjadi 1:20,53.

Berenang adalah olahraga satu-satunya buat Sari. Umur 4 tahun ia masuk klub Tirta Kencana Jakarta. Itu pun bukan karena hobi. Kakaknya, Fifi yang waktu itu berumur 6 tahun sakit asma. Oleh dokter dianjurkan berenang agar asmanya tak kambuh. Sejak itu, putri keluarga Saad diajak ke kolam semua. Yang menonjol ternyata Sari.

http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1982/08/21/OR/mbm.19820821.OR47236.id.html

Berenang, dari Olah Raga Hingga Terapi

Sebagian orang tua lainnya, mengirim anaknya ke kolam renang sebagai terapi bagi penyakit asma yang diderita buah hati. Untuk terapi asma ini, dr. Ina Rosalina, Sp.A.K. , M.H.Kes. menegaskan, berenang memang bisa membantu penderita tetapi bukan mengobati. “Lebih untuk membantu mencegah asma kambuh,” kata Ina.

Menurut Ina, karena daya tahan tubuh meningkat, kemungkinan kambuh asma menjadi berkurang. “Berenang bagus untuk penderita asma, karena mampu memperkuat otot-otot organ penapasan yaitu paru-paru,” tutur Ina.

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=21359

Asma, beberapa kesalahan anggapan

Setelah gabung dengan klub Asma dan sering diskusi dengan dokter-dokter di klub Asma RS Persahabatan, ada beberapa sikapku yang berubah dalam menjalani hidup bersama asma.

Saya sendiri mengalami serangan asma mulai kelas 1 SMP. Saat pembentukan unit drum Band di sekolah, pelatih drum band melarang siswa dengan penyakit tertentu untuk ikut latihan. Di antaranya penyakit asma. Saya sengaja tidak mengaku asma saat mendaftar. Sebagian justru karena keinginan untuk membuktikan bahwa penderita asma sanggup untuk beraktivitas berat. Karier drum band saya justru membuktikan bahwa bahkan saat memegang Bass Drum yang paling gede dengan aktivitas atraksi yang sedemikian berat saya tidak pernah mengalami serangan asma.

Tahukah anda, bahwa Johnny Weismuller si pemeran Tarzan (versi klasik) dan Jungle Jim yang mantan juara renang di Olympiade adalah penderita asma. Demikian juga kampiun Olympiade renang Amerika lainnya, Mark Spitz. Atau juga Wanita (saya lupa namanya) pemegang rekor ketinggian untuk pendakian gunung Himalaya dari Indonesia. Atau pak Basofi Sudirman yang setamat AKABRI pernah diterjunkan di belantara Papua. Kesimpulannya, asalkan tahu dan melaksanakan kiat manajemen pengendaliannya, penderita asma tidak perlu takut untuk beraktivitas fisik yang berat.

http://jromadhan.multiply.com/journal/item/43/Asma_beberapa_kesalahan_anggapan_

Prestasi Ganda Jessica di Kolam Renang

KETEKUNAN Jessica P. Laurens ‘bermain air’ di kolam renang ternyata tidak hanya berhasil melenyapkan penyakit asma yang dideritanya, tetapi juga berujung pada prestasi. Sejumlah medali emas dari berbagai kejuaraan renang diraihnya dengan gemilang. Semua itu, membuat putri pasangan Jemmy Laurens dan Maria Suryanto ini makin terpacu menorehkan prestasi demi prestasi lagi.

‘’Awalnya saya tidak punya keinginan menjadi seorang perenang. Waktu itu saya menderita asma, dan teman-teman menganjurkan agar ikut latihan renang untuk menyembuhkan penyakit yang saya derita. Dan itu terbukti. Dalam kurun waktu 2 tahun, asma saya hilang,’’ ujar dara berparas manis ini.

http://profilesmakassar.blogspot.com/2008/10/prestasi-ganda-jessica-di-kolam-renang.html

Athletes With Asthma
Former NFL star Jerome Bettis has battled asthma since he was 15.

Even with asthma, Kaitlin Sandeno set world records in swimming.

Jerome Bettis
The way Jerome “The Bus” Bettis used to effortlessly plow through defenses, you would never know he had asthma. The Bus ended up having a storybook 12-year NFL career, which including six Pro Bowls and a Super Bowl championship in 2006. Jerome was diagnosed with asthma when he was 15 years old. Bettis admits that he was concerned that he would no longer play sports, but his parents encouraged him to keep playing football but also listen to the doctors. Bettis maintained an effective asthma program throughout high school, but admits to being lazy about it after that. That almost cost him his life, as he had a serious asthma attack during an NFL game in 1997. After that scare, Bettis started taking his ailment more seriously and now serves as an advocate for handing asthma responsibly. He is part of the Asthma All-Stars Program – which encourages people to live lives with asthma without limits. It also teaches people to work with a doctor to create an asthma action plan.
Jerome Says…
“A lot of times, asthmatics don’t understand control. They may think their condition is not that bad. But asthma is so unpredictable. …I’m urging people with asthma to confer with their doctors to get a game plan.”
Kaitlin Sandeno
Kaitlin Sandeno is one of the best swimmers on the planet. She was part of the U.S. 800-meter freestyle relay team that won gold and set a world record at the 2004 Olympic Games in Athens. At those Olympics, she also won a silver and bronze medal in individual events. The 25-year-old California native, first discovered she had asthma as a 12-year-old. But with hard work and good medical care, Kaitlin is a world class athlete. She is currently a spokeswoman for asthma awareness and the perfect role model for young athletes with the medical condition.
Kaitlin Says…
“Nobody’s really educated about asthma and I’m really glad I can help spread awareness. It’s great to be able to tell people, ‘I’m an Olympic athlete and I can still pursue an athletic career.’ I really enjoy talking about it and doing on-camera interviews, because that’s something I want to do after my swim career.”
Other Athletes With Asthma
# Jackie Joyner-Kersee – Legendary female track athlete who won six medals throughout her Olympic career.
# Dennis Rodman – One of the greatest rebounders in NBA history. Rodman also won six NBA championships.
# Amy Van Dyken – A six-time Olympic gold medal winner in swimming. She has graced the cover of Sports Illustrated, Time and USA Today.

http://www.kidzworld.com/article/12999-athletes-with-asthma

Alamat Klub Asma

Daftar Alamat Klub-Klub Asma Se-INDONESIA
Jadwal Kegiatan Senam

NO. WILAYAH NAMA KLUB ASMA ALAMAT KLUB TELEPON JADWAL SENAM
1. Jakarta Timur a. RS. Persahabatan Jl. Raya Persahabatan No.1 (021) 4786 9870 Minggu jam 07.00
Rawamangun
b. RS. Polri Jl. Raya Bogor (021) 809 4005 Jum’at jam 07.00
Kramat Jati
c. RSUD Pasar Rebo Jl. Letjen TB Simatupang (021) 8400109 Sabtu Jam 07.00
No. 30 ext. 169
d. RSUD Budhi Asih Jl. Dewi Sartika Cawang III (021) 8090282
No. 200 ext. 150
e. RS AURI Jl. Merpati No.2 (021) 9019151 Jum’at jam 07.00
Halim Perdana Kusuma
f. RS Mitra Keluarga Jl. Raya Jatinegara Timur (021) 2800888 Sabtu jam 07.00
Internasional No. 85-87
g. Daerah Binaan Klender Jl. A1 No.14 Kp. Kapitan (021) 8612152 Minggu Jam 07.00
Rt.014/04 Klender
h. Daerah Binaan Yayasan Jl. Pisangan Lama III No. 2B (021) 4893740 Minggu Jam 07.00
Miftahul Jannah Rt.01/06 4890055
2. Jakarta Pusat a. RSPAD Gatot Soebroto Jl. Abd. Rachman Saleh (021) 3441008 Selasa & jam 07.00
No. 24 ext. 5300 Jum’at
b. RS PGI Cikini Jl. Raden Saleh No. 40 (021) 337257 Minggu jam 07.00
336961
c. RS Pertamina Jaya Jl. Jend. A. Yani No. 2 (021) 4211911 Sabtu jam 07.00
ext. 4251
d. RS St. Carolus Jl. Salemba Raya No. 41 (021) 3904441 Jum’at jam 07.00
ext. 2487/2489
e. RS Islam Jakarta Jl. Cempaka Putih Tengah I (021) 4244208 Kamis 07.00
4206682
3. Jakarta Selatan a. RS Pusat Pertamina Jl. Kiai Maja 43 (021) 7219206 Sabtu Jam 07.00
Kebayoran Baru
b. RSU Fatmawati Jl. Fatmawati – Cailandak (021) 7660552 Minggu jam 07.00
7501524
Ext. 350
c. RS Tebet Jl. MT. Haryono No. 8 (021) 8307540 Minggu jam 07.00
d. RS Puri Cinere Jl. Maribaya Blok S-11 (021) 7545488 Minggu jam 07.00
No. 1-10 Cinere
e. Jakarta Respiratory Jl. Sultan Iskandar Muda (021) 7244560 Sabtu jam 07.00
Center (JRC) No. 66 A 7228126
f. Klinik Manggala Gedung Manggala Wanabakti 5730275-76 Selasa & jam 07.00
Wanabakti Lt. 1 Blok VII Jum’at
Jl. Gatot Soebroto
4. Jakarta Utara
RSUD Koja
Jl. Deli No. 4 (021) 498478 Sabtu jam 07.00
Tanjung – Priok 43552401
5. Jakarta Barat a. RS Pelni Petamburan Jl. Aipda KS Tubun 92-94 (021) 5306901
ext. 1249
b. RS Permata Hijau Jl. Raya Kebayoran Lama (021) 5305288 Sabtu jam 07.00
No. 64 ext. 313
c. RS Graha Medika Jl. Raya Perjuangan (021) 5300887-89
Kebon Jeruk
6. Tangerang RSU Tangerang J. A. Yani No. 9 (021) 5523507 Rabu & jam 07.00
5512946-48 Sabtu
RS Internasional Bintaro Jl. MH. Thamrin Blok B3 (021) 7455500 Sabtu jam 07.00
No.1 Sektor 7, Kawasan ext. 1159
Niaga Bintaro Jaya
7. Bekasi RS Mekar Sari Jl. Mekar Sari No. 1 (021) 8802641 Kamis jam 07.00
8801891
8. Jawa Barat
Bandung a. Balai Pengobatan Pe- Jl. Cibadak 214 (022) 6011523 Minggu jam 07.00
nyakit Paru-paru (BP4)
b. RSTP Cipaganti Jl. Bukit Jarian 40 (022) 2031427 Minggu jam 07.00
2034446
c. RS Immanuel Jl. Kopo 161 (022) 5201656 Minggu jam 07.00
5201672
d. RS Santo Yusup Jl. Cikutra 7 (022) 7208172 Minggu jam 07.00
7202419
9. Cirebon RSUD Gunung Jati Jl. Kesambi 56 (0231) 206330 Minggu jam 07.00
203336
10. Sulawesi Selatan
Makasar a. Balai Pengobatan Jl. Pettrarani
Penyakit Paru-paru depan PU
b. RS Wahidin Sudirohu- Km 10 Tamalanrea (0411) 510677
sodo
c. RS Labuang Baji Jl. Ratulangi (0411) 872120
d. RS Jiwa Dadi Jl. Lanto Dg. Pasewang 34 (0411) 872167
e. Studio 21 Jl. Unta Baru 19 (0411) 874470
f. RS Akademis Yauri Jl. Bulu Sarang (0411) 317343

http://www.infoasma.org/tabel.html

Tentang iklan-iklan ini

204 Tanggapan

  1. informasi yg berguna, ntar saya copas dan simpan dulu, lagi sesak nih napasku (actual). salam dan thanks.

  2. mudah2an berhasil ya.. sesak nafasnya udah mulai agak parah nih, masak buat ngepel lantai aja bisa kumat.. tapi berlaku buat yg dah berumur 23thn gak??

  3. Cobanya pelan2 dulu. Jalan dulu 100-200 meter, baru jogging 100 meter. Nafas diatur (tarik dan keluar nafas secara berirama). Kalau perlu konsultasi dgn yg biasa lari pagi (asal jangan justru diajak balapan…:).

  4. sy trmsk pndrta asma,,klo anda jg pndrt asma mngkn resep sy brmmfaat:Ambil daun putri malu 1 GNGGAM,cuci bersih,kmdian blender + 1gls air panas,stlh hlus saring nah pas msh hngt dminum dech..ya mngkn prtm anda muntah.lakukan dg rutin..tp INGAT jgn smpi bunganya terbawa loch karena itu racun..insyaallah klo rutin anda akan sembuh..GOOD LUCK!!!!

    • terima kasih infonya Pak Ramlan.
      ternyata tanaman sepele ini besar manfaatnya.
      sudah 10 hari ini saya mengkonsumsi air rebusan daun putri malu (bukan di blender- karena cari praktisnya), AlhamdulILLAH kondisi saya membaik bahkan terbaik tahun ini ( saya bisa futsal 45 menit tanpa kelelahan ),
      pada hari ke3 saya minum air rebusan saya masih sesak nafas mungkin karena perjalanan luar kota dengan sepeda motor,
      tapi malam harinya saya baik2 saja padahal dalam 2 bulan terakhir saya selalu sesak saat malam tiba ( jam 2 malam ) dan harus minum obat.
      semoga sakit saya dan semua orang yang menderita asma bisa sembuh tota.l
      terima kasih juga pada Pak Nizami..

    • Yupz. . . InsylLah q cobA. . . Enak g rzany?h.h.h. . .

    • saya akan mencoba saran bapak….
      terimakasih…

    • pak ramlan saya mau tanya rutin nya itu brp kali dalam 1 minggu ??

    • terima kasih p ramlan..atas resepnya..

    • wahyucamellia.

      sebelum mencoba aq mau tanya dulu,yg di maksut tumbuhan putri malu itu klo di kampung saya setahu saya ada 2 macam,

      yg ke 1,,warna nya hijau daun nya,trus duri nya banyak.’
      yg ke 2,,warna nya aga merah tua daunya,durinya ada sdikit,trus warna bunga nya agak pink gitu,,

      apa tumbuhan yg no 2 yg di maksut,,
      NB:minum nya malam ato pagi hari saja and berapa x dlm 1hari mnum nya..thanks

  5. katanya kalau berenang bisa menyembuhkan asma, tapi kalau aku habis berenang koq malah jadi sesak nafas. gimana nich………….?

  6. @Ajeng: Mungkin mbak Ajeng lebih baik ikut klub Asma atau klub renang agar berenangnya lebih teratur. Agar sembuh dari Asma, gerakan dan nafas (tarik dan keluar nafas) harus berirama/teratur. Sehingga paru2 jadi kuat dan lebih tahan terhadap serangan asma.
    Jika tidak teratur, maka justru mengundang penyakit asma.

    Silahkan lihat keterangan tambahan di atas. Beberapa juara renang bahkan pernah mengidap penyakit asma. Jika dilakukan dengan benar, insya Allah renang bisa menyembuhkan penyakit asma.

    • mas q butuh saran ni, ahir-ahir ini saya sering batuk menjelang malam hari, terus sepanjang hari nafas saya terasa sesak,dan kadang bunyi, itu gimana y cara ngatasin nya

  7. Thnks y info2 d ataz. Tp ak heran,asma ku ini kmbuhnya kok hnya dr jm3 pg smpe jm 1/2 6 pg,knp y? ItUpun gk tiap hri. Tlg ksh tw,knp y

  8. Asma kambuh dari jam 3 pagi sampai jam 5:30 pagi?
    Pada saat itu udara sedang dingin-dinginnya. Udara dingin juga bisa memicu penyakit asma.

    Agar tidak kena asma karena udara dingin, anda bisa menyekat ventilasi dengan fiber sehingga udara dingin di luar berkurang (tapi sisakan sedikit agar udara segar tetap masuk).

    Anda juga bisa minum teh hangat/air putih hangat agar tubuh anda hangat. Kemudian coba pakai selimut dan baju tidur yang lengan panjang dan celana panjang. Perhatikan bahannya yang anda tidak alergi dengannya seperti wool.

    Kalau asma anda kambuh dan terbangun, coba olahraga sekitar 1 jam misalnya sit up 5 set masing2 10 kali. Tiap set istirahat 1-2 menit. Kemudian lakukan squat. Posisi awal berdiri tetap, kemudian kaki dibengkokan hingga jongkok dengan paha sejajar lantai. hitungan set dan repetisi sama. Kemudian push up juga 5 set. Atur nafas dengan menarik nafas dalam-dalam ketika tidak begitu mengeluarkan tenaga (misalnya ketika sedang turun pada saat squat/push up) dan mengeluarkannya ketika mengeluarkan tenaga (saat naik).

    Anda juga bisa menggunakan balsem Vicks untuk dibalurkan ke seluruh tubuh.

    • Makasih Tipsnya

      sdh hampir 25 taon asma ku ga pernah kambuh seperti skr
      dah lelah minum obat dari dokter, ga kuat sama efek sampingnya obat.
      malah memunculkan keluhan yg lain seperti asam lambung dan hipertensi
      olahraga sepertinya solusi yg mmg tepat

      dulu rutin olah raga lari, senam, berenang, dan olah raga yg lainnya, asma ku ga pernah kambuh
      semenjak punya anak dan bekerja jd ga pernah olah raga

      Back to basic harus mulai olah raga lagi biar bisa lebih sehat terutama untuk penderita asma seperti saya

  9. aq sblmnya ga pernah sesak,tapi setelah aq malahirkn anak ke2 jadi sering batuk sesak.
    Yg aq mau tanya kenapa setiap minum obat sesakny sembuh tapi malah mual N’ muntah yg sangat hebat…??sampe hrs bolak balik opnam ?? help me…

    • Efek samping dari obat asma/obat sesak diantaranya adalah meningkatkan gula darah, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan asam lambung, dan menurunkan daya tahan tubuh….
      sebaiknya mulai dengan obat herbal aja dan olah raga yg rutin

      saya jg penderita alergi/asma dan masih berjuang untuk sembuh

      Moga kita bisa sama2 sehat kembali

  10. aq asma sejak umur 2 bln tp dr 2bln sampe kls 6 SD ga prnah kmbuh,,,tp pas aq brenang lama,,justru kmbuh dan sejak kls 6 SD tu,,asma Q sering kmbuh,,,sampe sekarang AQ mnjadi mhasiswi,,pernah 2X drawat di rumh skt.klo olah raga byr sehat malah sesek,,,trus klo mnum obt isep,mlm hari,,,bsok pgi’a smbuh tp knp bsk mlm’a sesek lg yup?palagi klo pilek,,,typ hari kya gtu,,,sehari sembuh,,bsk’a kmbh lg!da ga cara byr ga ganpang flu?jd asma’a jg jarag kmbuh??????
    mksih…

  11. Aq asma sjak umur 2 tahun.yg namanya pengobatan udah keluar masuk rumah sakit.menginjak umur 25 tahun saya menjadi parah,yg hanya kumat 1 bulan sekali skrg menjadi 3 x 1 minggu.sy pernah renang {walau saya tak bisa renang} ya setidaknya melatih paru2,karena tekanan udara didlam air membuat sy kumat dan saya kapok untk berenang {yg ada nanti gengelam}.sy skrg minum obat metthylprednisolone.tp skrg tkut untk menimumnya karena bisa menyebabkan kering rahim.skrg tkut untk meminum obat apapun krn tkut efek samping.ada ngak sih obt asma yang aman?.skrg sy setiap mlam bengek mulai jam 10 mlam sampe jam 6 pg.sy jg tkut mkan bnyak krn tkut gemuk,dan bsa menyebabkan sy sulit bernafas.

  12. @Thia dan Maria: Apakah anda berolahraga tanpa arahan pelatih?
    Jika tidak, sebaiknya bergabung dgn klub asma atau olahraga yang biasa melatih penderita asma.

    Sebab dalam berolahraga, nafasnya (menarik dan mengeluarkan nafas) harus teratur dan berirama. Jika tidak, malah bisa berakibat buruk.

  13. Oh mungkin karena aturan olahraga saya blm benar.cara mendapatkan club khusus asma gimana,apakah gerakan senam khusus asma berbeda?masalahnya kalo t4 senam byak tapi kebanyakan senam untk membentuk body.atw boleh ngak senam di tempat senam kayak itu?.trus untuk berenang apakah harus setiap hari dan apakah harus bisa berenang?.

  14. thanx.. ya, akan aq coba dulu.
    mmg sih agak jarang olahraga, sibuk kuliah & kerja.
    tapi asma nya biasa datang nya malam klo lgi tidur, sangat menyiksa sekali………

  15. Klub Asma ada di RS Persahabatan.
    Saya sendiri tidak pernah ikut klub asma. Tapi pertama lari pagi juga diajari teman. Kira2 menarik nafas pelan2 sekitar 3-5 detik, kemudian mengeluarkannya lebih cepat sekitar 1-3 detik. Semakin panjang semakin baik.

    Waktu ikut Fitness juga ada pelatihnya meski bukan pelatih khusus asma.

    Yang penting belajar dulu sekitar 3-6 bulan dengan pelatih yang berpengalaman, setelah itu baru jalan sendiri.

  16. @dumasari: coba dipikir waktu tidur apakah kasur anda dari kapuk? Kalau ya mungkin anda alergi terhadap kapuk, coba ganti dgn springbed/busa/dacron. Pastikan bersih dari debu.

    Kemudian selimutnya apa dari wool? Jika ya, coba ganti selimut biasa dari katun.

    Selain itu apakah suhu ruangan terlalu dingin? Misalnya di bawah 25 derajad celcius? Jika ya, kalau perlu matikan AC.

    Coba juga minum air hangat agar tubuh anda hangat.

    Saya sendiri jika nafas sesak karena kedinginan, langsung olahraga meski malam misalnya sit up 3×20, push up 3×20, angkat besi sekitar 1-2 jam sehingga badan jadi panas. Kalau perlu setelah subuh lari pagi sekitar 30 menit.

  17. saya penderita asma,tapi saya perokok berat……saya bingung bgmn cara menghentikannya….pernah saya berhenti tapi malah asma saya lebih parah…kalau merokok asma saya tdk terlalu parah.asma nanti timbul kalau saya batuk berat….

  18. mohon informasi klub asma di bandung untuk anak SD?

  19. @Gusti: silahkan lihat di bagian bawah untuk klub asma.

  20. Saya penderita asma, akan tetapi,Kmbuhnya setelah makan makanan yang mengandung asam,kedinginan, Saya ingin sekali sembuh dari penyakit ini, tetapi bagaimana, segala mcam pengobatan saya sudah jalani tetapi, tetap saja,,,, Pusing lemas dan sesak itu yang say rasakan saat ini!!!!

  21. Aq pndrita asma akut blan2 ini parah tiap hr kmbuh, tiap hr aq minm obat. Hany tkut ja da efek smping. Karena pipi saya tmbah gemuk dan bnyk jerawat di wjh saya. Apakah obat asma da efek smping? Mohon penjlasan..?

  22. @Fuji dan lainnya: kita harus hafal faktor alergi apa / gerakan apa yang bisa membuat asma kita jadi kambuh. Kemudian hindarilah.

    Obat2an asma itu meski membantu kita meringankan penderitaan, tapi tetap ada efek sampingnya. Kemudian setelah beberapa lama, biasanya tubuh kita sudah kebal terhadap obat tersebut sehingga efektifitasnya berkurang.

    Oleh karena itulah olahraga yang membantu nafas/paru2 kita jadi kuat seperti lari pagi atau pun berenang harus dilakukan. Lakukanlah dengan guru/instruktur yang berpengalaman.

  23. Menurut keterangan Orang tua, saya asma sejak kecil tetapi sampai usia 40 ini hanya beberapa kali kambuh. Kambuh sesak ringan setelah flue/batuk berat, paling banyak setahun 1-3 kali saja. Dua minggu lalu, batuk dan sesak napas serta panas tinggi. Saya di bantu oxigen dan ebulasor sangat tertolong. Hasil foto rontgen diketahui infeksi paru2 sehingga mengakibatkan asma. 8 hari di rawat di RS.

    Adakah Klub Asma di Malang/ Jawa Timur?
    Makasih

  24. Saya kena asma sejak 1997. Setahun yang lalu sudah jarang sekali kambuh. Satu bulan terakhir sering kambuh, bahkan 3 hari ini setiap tengah malam (dalam kondisi sudah tidur) terbangun karena nafas tidak enak (saluran nafas seperti berlendir). Biasanya segera saya atasi dengan obat. Bagaimana cara preventifnya? Saya tidak ingin begantung pada obat

  25. aq mulai sakit asma ktika mau ujian akhir SMA, sampai sekarang msh sring kambuh,tiap hari malah.
    sampai2 aq harus di bantu dengan nebulezer tiap kali kambuh,q jg harus membawa alat itu kemana mana setiap kali q bepergian, padahal alatnya ckup besar,aq jg mnum obt tiap hari….
    Astagfirullah,,,capek rasanya…. apalagi januari depan q udah mau kerja,,
    adakah saran untukku??!!
    trima kasih
    jg untuk sarannya!!

  26. @Widayat, Susi, dan Dina: Coba ikuti Klub Asma.
    Jika tidak ada, coba ikuti klub olah raga entah itu jalan kaki, senam pagi, dsb. Jalan pagi bersama teman juga ok. Lakukan setiap hari. Jika tidak bisa seminggu sekali.

    Jika asma anda tidak memburuk, bisa diselingi dengan jogging/lari pagi.
    Insya Allah, olahraga untuk memperkuat paru-paru dan tubuh anda adalah cara pencegahan yang terbaik.

    Jangan lupa perhatikan adakah faktor alergen (debu, bedak, kapuk, udara dingin/lembab, dsb) di sekitar anda.

  27. info ini bgus bget, walaupn pexkit ini gak bisa smbuh tpi stidaknya ada cra untuk menguranginya.

  28. saya mo tanya asma itu penyakit yg menular nga ya?masalahnya pembantu yg biasa ngurus anak saya yg umurnya 2 taon baru2 ini ketauan kalo dia punya penyakit asma….saya takut nanti anak saya ketularan…trus kalo asma kadang batuknya bisa sampe keluarin darah ya???thank…

  29. saya mmpnyai abah yg skt asma tp umur nya sudah 49 tahun,saya ingin menanyakan apakah saran2 di atas sprti berenag,olahraga pagi bisa dilakukan ?
    sdngkan abah saya tiap hr krja dr pagi smpe sore,kalau udh kecapean atau batuk asma nya lngsung kambuh…tp tiap hari beliau sring mnum obat untuk pencegahan..dan sgla cra udh pernah dilakuin..tp tetap aj kambuh kdng bisa smpe demam.. & berhari2,,ada gak ya cra yg lainnya la spya asma nya jrng kambuh..???

  30. Anak saya usia 6 bln, saat ini sedang batuk pilek. Kta dokternya dia tkena asma… Kasih saran donk bwt pencegahan spy tdk semakin parah. Thanks

  31. @Elvin: asma tidak menular. Tapi kalau sering batuk kronis bisa jadi TBC yang menular. Kalau ke Puskesmas bisa kok disembuhkan setelah minum obat rutin selama 6 bulan.

    @anisa: Coba ayah anda olah raga jalan pagi rutin setiap hari selama 30 menit. Mungkin awalnya cukup 5 menit dulu agar tidak terlalu capek.

    @Yuni: Dulu waktu anak saya ada lendir di dadanya, ada ibu2 tukang urut bayi yang mengeluarkan dahaknya dengan cara ditengkurapkan, kemudian bagian dalam mulut atasnya (dekat tonsil) ditekan dengan jempol yang diolesi garam. Alhamdulillah keluar dahaknya. Tapi ini harus yang ahli yang melakukan.

    Bisa juga dadanya dan punggung diberi balsem transbulmin agar hangat. Tapi harusnya dokter juga punya obat untuk mengencerkan dahaknya agar tidak sesak nafas. Coba juga pagi2 jam 6.30 dijemur selama 15 menit.

  32. Top bgt infoY…
    Sgt bmanfaat!

  33. emangnya orang yang kena penyakit asma biza sampek mati?

  34. alow mas nizaminz, kalau kegemukan, bisa menyebabkan asma kambuh g?, soalnya, hobi saya makan, hehe, o ya madunya harus madu asli atau madu campuran yg sperti di jual di supermarket?

  35. @Willik: Sebaiknya madu asli. Kalau madu campuran, jika pakai gula, ini bisa mengundang penyakit gula atau lainnya. Jika pakai biang gula (kimia), lebih berbahaya lagi.

    Sebaliknya madu asli selain sumber energi juga merupakan obat, anti oksidan, pembunuh bakteri, dan antiseptik. Di Al Qur’an madu disebut sebagai obat. Dalam agama Hindu, madu dianggap obat dari kematian. Di agama2 lain juga madu dianggap sesuatu yang sangat baik.

    Madu dipakai sebagai sumber energi bagi lebah, dan makanan yang disukai oleh beruang yang kuat. Silahkan baca keutamaan madu asli di bawah. Jangan pakai madu campuran kecuali campurannya herbal lain. Alami, bukan kimia. Madu asli memang lebih mahal dibanding madu campuran. Tapi bisa menghemat uang anda jika anda akhirnya justru masuk rumah sakit.

    Madu asli contohnya Madu Apiari Pramuka dan Madu HPA.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Honey

    In Hinduism, honey (Madhu) is one of the five elixirs of immortality (Panchamrita).
    The main uses of honey are in cooking, baking, as a spread on breads, and as an addition to various beverages such as tea and as a sweetener in some commercial beverages

    For at least 2700 years, honey has been used by humans to treat a variety of ailments through topical application, but only recently have the antiseptic and antibacterial properties of honey been chemically explained.

    Wound gels that contain antibacterial raw honey and have regulatory approval for wound care are now available to help conventional medicine in the battle against drug resistant strains of bacteria MRSA. As an antimicrobial agent honey may have the potential for treating a variety of ailments. One New Zealand researcher says a particular type of honey (Manuka honey) may be useful in treating MRSA infections.[62] Antibacterial properties of honey are the result of the low water activity causing osmosis, hydrogen peroxide effect,[63] high acidity,[64] and the antibacterial activity of methylglyoxal.[65]

    Honey appears to be effective in killing drug-resistant biofilms which are implicated in chronic rhinosinusitis.[66]

    Topical honey has been used successfully in a comprehensive treatment of diabetic ulcers when the patient cannot use other topical antibiotics.[68]
    Madu berhasil menyembuhkan Diabetes (penyakit gula).

    Antioxidants in honey have even been implicated in reducing the damage done to the colon in colitis.[69] Such claims are consistent with its use in many traditions of folk medicine.[70]
    Antioksidan di madu mengurangi (bahkan bisa menyembuhkan) kerusakan pada usus.

    Honey has also been used for centuries as a treatment for sore throats and coughs, and according to recent research may in fact be as effective as many common cough medicines.[71] It is important to remember however that this is an initial study with a small sample size.

    Mixed with lemon juice and consumed slowly, honey coats the throat, alleviating discomfort. The antibacterial and antiseptic properties of honey aid in healing sore throats and laryngitis.

    Madu dipakai untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk. Menurut riset baru2 ini, madu sama efektifnya dengan obat2 modern.

  36. mas thanks atas infonya, kl boleh tau , yang namanya Madu Apiari Pramuka dan Madu HPA tuh di supermarket atau di apotek ada jual g ya? soalnya saya tinggal di sumut, payah banget cari madunya lho, oya mas, saya uda liat beberapa komentar diatas, khusus komentar saudara ramlan yg mengatakan bahwa daun putri malu bisa/dapat menyembuhkan penyakit asma, kira2 menurut mas nizaminz benar ngak g?soalnya saya pingin coba, karena penyakit saya sudah lama banget, dari sejak kelas 3 SD sampai umur saya 22 tahun pun tidak sembuh-sembuh, apa saya kegemukan ? soalnya berat badan saya 73 kg, dan tinggi saya 162 cm, sory yah banyak tanya, saya harap membantu saya thank u yah

  37. Madu Apiari Pramuka dijual di Cibubur dan dekat rumah saya. Sekitar 600 ml harga Rp 75 ribu. Kalau Madu HPA, ini MLM HPA sekitar 330 ml harga kalau tak salah Rp 75 ribu juga. Coba minum dicampur dgn jeruk nipis.

    Kalau Putri Malu belum pernah coba. Cuma nyenggol2 doang biar daunnya ketutup..:) Tapi kalau mencoba sesuatu yang baru harus hati2 dan dosisnya kecil (1/2 atau 1/4 dulu). Jadi kalau ada apa2 efeknya tidak terlalu parah.

    Tinggi 162 cm harusnya berat maksimal 62 kg. Biar ideal ada 2 pilihan: menurunkan berat anda jadi 62 kg, atau menambah tinggi anda jadi 173 cm…:)

    Kalau kegemukan, jangankan orang asma, orang sehat juga gampang capek. Coba ke ahli nutrisi hingga makan anda bisa diatur misalnya makan sedikit2 dan perlahan. 5 menit sebelum makan, coba minum air putih segelas dan juga buah sehingga ada efek kenyang dan anda makan tidak terlalu banyak. Kalau perlu kunyah makanan 33x dulu sebelum menelan. Jangan langsung ditelan/makan cepat. Sebelum perut anda kenyang/penuh, berhenti makan. Jika perlu Senin dan Kamis anda puasa.

    Tidur maksimal 8 jam sehari. Jangan lebih. Coba lari pagi 30-60 menit meski perlahan dan banyak berhenti/istirahat.

    Ini ada info menarik tapi saya belum coba. Kalau berhasil, tolong dishare ke kita semua apakah itu manjur:

    http://racik.wordpress.com/2007/05/19/asma-hilang-terempas-susu-kambing/

    Susu kambing dikemas 200 ml, Ida mesti memanaskannya sebelum memberikan susu itu kepada Dyah. Sekali minum Dyah menghabiskan 200 ml dengan frekuensi 3 kali sehari. Efek terlihat pada 3 bulan pertama. Batuk pada malam hari mereda dan napas tersengal tidak terdengar lagi.

    Setelah 3 bulan mengkonsumsi susu kambing, asupan puyer antialergi dihentikan. Pada 3 bulan kedua susu kambing diberikan hanya 2 kali sehari. Untuk selanjutnya sampai sekarang Dyah tetap meminum susu kambing, tapi cukup sekali sehari. Setelah rutin mengkonsumsi susu kambing, setahun terakhir asma Dyah tidak pernah kambuh. Tidak ada lagi acara bolak-balik ke rumahsakit. Nebulizer yang setia memberi oksigen pun teronggok di sudut kamar.

  38. wah thank u atas infonya, tp apakah madu tersebut ada dijual di Sumut?dan susu sapi merk nya apa y? hmmm pokoknya thank u la bro, aku pasti praktekkan deh, BASMI PENYAKIT ASMA, YEAAHHH !!!

  39. Itu susu kambing bro. Bukan susu sapi.
    Kalau madu apiari pramuka saya tidak tahu apa ada di SUMUT.
    Tapi kalau Madu HPA ada di:
    Alamat Cab. Medan. Cawangan HPA. P Murti Jl. Gagak Hitam no.7&8 Sunggal, Medan Sumatera Utara

    Ini MLM dan harganya lebih mahal dari Madu Apiari. Tapi kalau mahal insya Allah asli meski saya belum coba.

    Agar lebih murah, jadi member HPA saja sebab diskon member lumayan besar. Contoh madu spirulina Kids:
    Harga Jual : Rp 54,000
    Harga anggota : Rp45,000

    Selisih Rp 9000. Kalau Rp 75.000 tentu selisihnya lebih besar lagi.

    Tapi kalau jadi member HPA, bilang saja Uplinenya: Agus Nizami, ID: 197896.ID01 Saling bantu bro…:)

    Selain Madu, di situ juga dijual kalau tak salah “Morinda” untuk obat Asma. Cuma belum tahu khasiatnya. Biasanya sih setelah 3 bulan baru terasa. Itu juga kalau yakin. Kalau yakin, jangankan yang mujarab, yang placebo (tidak berkhasiat) saja orang bisa sembuh.

    Ternyata ada juga Tablet Susu Kambing, Mengkudu, dan Habbatus Sauda dijual di HPA:

    http://dl.dropbox.com/u/4184542/Penyakitdanobat%20herbanya.pdf

    Logikanya, madu itu menguatkan badan dan sistem kekebalan kita jadi lebih kuat terhadap penyakit/asma. Kemudian punya efek antiseptik/pembunuh bakteri yang bisa melemahkan kuman2 termasuk asma.

  40. Akhir” ini saya sering terbangun di malam hari. Dan dada saya sesak sekali..trus menjadi batuk. padahal tidak ada gejala batuk sebelumnya. Biasanya dalam kesusahan bernafas langsung saya minum decadryl.. Nah di pagi hari sesak yg saya rasakan hilang. Apa ini yg namanya asma?!! Kebetulan kakak n papa saya jg kena asma..

  41. thanks banget buat sarannya……
    ntar saya coba.
    gak tega liat mama nangis tiap kali asma saya kumat……
    hehehe….
    sx lg thanks……..;-)

  42. rubik ini sangat membantu penyembuhan asma saya, totong lebih banyak infonya

  43. kata’ny akar putri malu bisa menyembuhkan asma yya ?! bener gag c ? 1

  44. kemarin saya juga minum cofe , kok asma saya malah kambuh …. apa orang asma gag bole minum cofe yya ? ! cofe menyebabkan asma kambuh yya ? !

  45. @khacongk: ada yang bilang begitu. Ada juga yang bilang susu kambing, hati kambing bisa menyembuhkan asma. Namun saya belum coba.

    Yang jelas kopi untuk penderita hipertensi atau gangguan pencernaan tidak disarankan. 2 kakak ipar saya pecandu kopi setelah masuk RS sekarang berhenti minum kopi.

    Jika kopi membuat anda tidak nyaman/asma kambuh, sebaiknya distop saja.

  46. Baru ketauan asma’ umur 23th,, sbelumnya dari kecil memang sering flu dan batuk…
    saya sama sekali ga bisa renang,, kalo d Cimahi/ Bandung ada ga ya’ tempat terapi renang buat asma???__ tapi ga melalui Rumah sakit yg d sbut d atas soalnya saya ad dokter khusus dan ga trdaftar d rumh sakit trsebut!

  47. saya tiap haari hampir pilek,,saya kena asma dari kelas 2 SD,,sekarang umur saya 22 tahun…kata dokter jika diatas umur 20 masih sering kumat asmanya,,akan susah mendapat keturunan,,saya jadi takut,,saya jarang olahraga,,saya akan coba lari pagi dan berenang,,trimakah infonya

  48. saya menderita asma sejak umur 15 thun. sekarang anak-anak sya jug di diagnosa terkena asma?apakah asma ada pengaruh dari genetik?
    saya sering bila nafas sesak tidak menggunakan obat-obatan tetapi dengan minum kopi akan mengurangi sesak.

  49. Artikel yg bgus& memacu smngat sya dlam menghadapi skt asma yng mrepotkan ini.. Trimkasih.. Yg mau sya tnyakn, brapa persen kemungkinan pnyakit asma sya dpat menurun kpada anak sya? Sya menderita asma karena keturunan dari kakek& ibu.. Trimakasih..

  50. @Asma adalah satu penyakit turunan. Tidak menular. Jika satu atau kedua orang tua menderita asma, ada kemungkinan kita terkena asma.

    Ayah saya asma, namun dari 8 bersaudara, hanya 4 anak yang menderita asma.

    Di Barat sekarang berkembang juga info selain keturunan, faktor lingkungan juga bisa jadi pencetus asma.

    Yang terpenting adalah kita berusaha mencegah alergen yang bisa menyebabkan penyakit asma seperti debu, asap rokok, bedak, kapuk, udara dingin, dsb:

    http://www.yourasthmatreatment.com/

    • terima kasih atas semua pemaparannya tentang asma dan solusi penyembuhannya, semoga Anda senantiasa diberikan rahmat kesehatan oleh Tuhan..mohon di share dimana saya bs mendapatkan obat/ramuan herbal di Bandung (Cimahi)..trmksh

  51. Anakku mulai terserang asma berat sejak umur 5 th. skrg 6 th. serangan asmany jd berat klu lg pilek.skrg sy mulai terapi renang dan minum jahe setelah renang. cuma maslhnya dia kedinginan klu berenang dan habis berenang dia malah sering batuk cuma klu dikasi jahe atau air rebusan cengkeh batuknya hilang. Benarkah cara terapi sy ini? Baru dicoba dlm 1 minggu. Apakah lama2 terapi renang secara teratur dia tdk akan kedinginan lg dan batuk2

  52. Anak saya 4 thn, penderita asma, dalam sebulan dipastikan asma kambuh, oleh saran dari seorang teman, daging kalong (kalelawar) solusinya. Saya coba dan hasilnya luar biasa, semenjak mengkonsumsi daging kalong asmanya tidak pernah kambuh, walau baru sekali saya berikan. Pertanyaan saya, adakah hubungan antara daging kalong dengan penyembuhan asma, kalo hanya sugesti, knapa anak saya ada perubahan setelah mengkonsumsi daging kalong. Adakah kajian ilmiah/uji lab kandungan apa yg terdapat di daging kalong. Demikian semoga bermanfaat sekaligus dapat menjawab rasa penasaran saya akan kandungan zat yang terdapat pada daging kalong.

    • selamat malam,
      apakah benar info anda yg menyatakan bahwa mengkomsumsi daging kalong,asma bisa sembuh???
      bagaimana caranya memasak daging kalong tersebut.dan cara memotong daging kalong tersebut.mohon membalas email saya ini
      trima kasih

  53. saya terkena penyakit asma sejak SD kelaz 1
    hingga sekarang(sma kelas 1). saya bergantung pada obat-obatan jika sedang asma.ayah saya dulu pernah bengek tapi udah sembuh. tolong beri solusinya untuk tidak tergantung pada obat asma lagi dan cara menyembuhkannya penyakit ini….

  54. @Rini: idealnya sih anak berenang tunggu hari agak panas dulu. Misalnya jam 8-9 pagi. Sebagai contoh, untuk lari pagi, saya biasanya mengajak anak saya Irfan (5 tahun) lari pagi saat matahari sudah keluar (sekitar jam 6). Itu pun saya suruh pakai baju lengan panjang dan celana panjang agar tidak kedinginan/masuk angin.

    Yang penting nafas anak anda harus teratur tarikan dan keluaran nafasnya. Kemudian perhatikan apakah 2-3 jam setelah berenang, kondisinya lebih baik atau tidak. Jika selama 2 minggu memburuk, sebaiknya tunggu saat cuaca sudah agak panas, jika perlu pakai pelatih renang yang pro agar hasilnya lebih baik. Bisa juga pakai alternatif lari pagi sekitar 15-30 menit.

    @Bobby, solusinya bisa anda baca di atas dan juga komentarnya. Bisa juga anda pergi ke ahli gurah yang AHLI, sehingga nafas anda bisa jadi lega. Insya Allah minimal selama 1 tahun setelah gurah, anda bebas dari asma. Tentu tetap harus olahraga juga.

  55. hari ini asma saya kambuh, padahal harus ikut fieldtrip sekolah ke Jatim Park I, tapi aku harus ikut biar nilai project-ku tidak hilang. Mama sudah bawain aku obat-obat dari dokter. Bantu doa ya, biar fieldtripku sukses meskipun “asma” menggangguku. buat teman-teman yang punya penyakit asma, ayo buat komitmen kalau kita harus berperang melawan_asma. Pasti bisa!!

  56. Mohon informasi klub penderita asma untuk anak smp di wilayah sidoarjo dan surabaya. Thank a lot.

  57. . aku mau tanya,gymna ci caranya byar penyakit asma bisa sembuh total????
    . apa harus berolaraga penuh seperti yang anda lakukan???
    . apa gda cara lain selain berolahraga??? contohnya makan obat apa gtu???
    . tolong bgt dunk kasih aku balesan secepatnya…
    . aku bener bener butuh bgt gymna cara pegobatan asma…cewe aku kena asma gak sembuh sembuh,udah berobat kemana aja ga sembuh sembuh…udah terapi juga
    . aku takut bgt dya knapa knpa….

  58. Diusia yg hampir memasuki 30 tahun.. Sepertix Asmahku mulai sering kambuh. Entah mgkin byk persoalan yg aku hadapi shg sll terbawa dlm pikiran dan jd satu kecemasan yg sangat mempengaruhi kondisi tubuhku mjd tdk sll fit. Cara yg plg ampuh adalh segera mnyelesaikn masalah yg ada n berpikir positif… Dan mulai berolah raga (joginglah plg tdk). Bagi teman2 penderita asmah, qta coba bersama2 ya CARA MENYEMBUHKAN ASMAH ALA AKU. Tks

  59. penyakit asma ada obatnya karena Allah SWT yang menerunkan Allah sendiri yang memberikan obatnya,kecuali sirik dan musrik itu yang tidak ada obatnya,makanya saya mennyarankan kepada yang membacanya,karena saya juga yang mengalami penyakit trsb mka coba saja anda minum susu kambing secara rutin selama 1 bulan adanya insya Allah pasti cepat sembuh.

    • apakah susu kambing yg saudara maksud yg segar/yg baru diperah ato yg sudah dikemas?
      trima kasih

  60. Olahraga sebetulnya yang terbaik.
    Kalau mau alternatif lain coba susu kambing.
    Atau ada produk MLM HPA berupa TSK (Tablet Susu Kambing), Mengkudu, Habbatus Saudah, dan Madu Sunnah total sekitar Rp 350 ribu (habis lagi pusing kepala nih..:). Ini bisa pesan ke member HPA terdekat atau saya (ini bukan promo lho..:)

    Selain MLM di atas, bisa coba juga alternatif gurah dgn biaya Rp 50 ribu untuk gurah suara (jangan gurah mata/vagina) di sini:

    http://www.facebook.com/group.php?v=wall&ref=mf&gid=269964439797

    Keduanya saya belum coba, jadi silahkan coba sendiri.
    Tapi kalau ada yang mau traktir saya, nanti saya bisa coba dulu ke anak saya. Untuk gurah bisa saya coba sendiri sebab meski kita tidak asma lagi, nafas jadi lebih plong karena lendir di tenggorokan dan paru2 kita dikeluarkan. Minimal selama setahun nafas kita plong. Sudah itu ya lendirnya balik lagi meski tidak separah semula.

  61. Apakah tekanan batin, stress, dan merasa ada beban pikiran yang berat, bisa memicu serangan asma? Apa solusi dan obatnya jika pemicunya adalah hal-hal di atas? Terima kasih.

  62. @Inung: Betul.
    Untuk mengatasi tekanan batin, stress, dsb, kita harus paham tujuan hidup kita dan bagaimana cara mencapainya.

    Dalam Islam, tujuan hidup kita adalah supaya Allah itu ridho/senang kepada kita. Caranya: mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Tidak lebih dan tidak kurang.

    Kita harus ikhtiar, berdoa, dan tawakal kepada Allah yang Maha Kuasa. Kita harus paham bahwa diri kita kecil sehingga bisa stress jika menghadapi masalah sendiri. Tapi jika kita menyerahkan hal itu kepada Allah yang Maha Kuat insya Allah hal itu membuat kita jadi ringan. Ada slogan “The Power on Your Side” Nah jika kita merasa ada kekuatan besar berada bersama kita, insya Allah kita tidak akan stress.

    Cobalah mengaji Al Qur’an, Shalat Tahajjud, Shalat Dhuha, dsb. Jangan bawa pekerjaan kantor ke rumah dan jangan bawa masalah rumah ke kantor. Letakkan semua pada tempatnya.

  63. Thank atas informasinya yang begitu sangat bermanfaat. Anak saya hobi oleh raga dan kini usianya 7 tahun. Saya jadi lebih mengetahui tipe olah raga mana yang boleh diikuti dan yang mana tidak boleh. Dan beberapa tips penanganan yang sangat bermanfaat sekali.

  64. saya punya anak yang dilihat dari gejalanya kayaknya terkena asma.. mungkin memang ada turunan dari saya..apakah semua yang berhubungan dengan asma itu pasti terkena flek paru-paru.. dan haruskah di rontent..gimana pengobatan yang tepat..

  65. @Anjar: saya pribadi pernah dirontgen dan flek. Berbagai obat diminum namun hasilnya ya begitu2 saja.
    Solusinya ya ketika saya kelas 6 SD rajin lari pagi, saat SMP dirontgen paru2 sudah bersih dan fleknya hilang. Memperkuat paru2 sepertinya “obat” terbaik daripada obat kimia.

  66. terima kasih atas infonya sangat bermanfaan………….

  67. Saya penderita asma sejak kelas 4 SD, sampe sekarang pun penyakit itu belum sembuh… Berbagai alternatif sudah saya coba mulai dari memakan ramuan tradisional sampai, obat2 dokterpun sudah saya konsumsi, kaebtulan saya sangat hobby berenang, tapi hingga sekarang masih belum sembuh juga… Apa ada alternatif lain, yang bisa saya lakukan ???? karena jika asma saya sedang kambuh, saya tidak dapat m,elakukan kegiatan apapun… memang kambuhn ya kira2 sehatun hanya beberapa kali, tapi sekali datang asma saya, bisa dikatakan sangat parah sekali…

    • Apakah saat renang terlalu pagi/dingin/lembab? Atau saat berenang air masuk ke tenggorokan? Itu harus dihindari. Selain itu coba juga lari pagi.

      Coba sekali-kali gurah di tempat gurah yang bagus. Gurah yang bagus biasanya di Yogya dgn memakai getah dan akar pohon Srigunggu. Jika tukang gurahnya bagus, insya Allah seluruh lendir dari mulut dan hidung yang berasal dari hidung dan paru2 akan keluar. Dalam seminggu, nafas anda sangat “bebas hambatan” sehingga anda tidak perlu menarik nafas dalam2. Tapi hindari tukang gurah yang amatir karena malah berbahaya. Saya pernah mencoba gurah.
      Ada juga gurah kapsul yang diminum. Lebih lama tapi lebih aman. Kalau mau beli, bisa lewat saya seharga Rp 200 ribu untuk 4 botol @ 30 kapsul.

      Selain di atas bisa juga minum air jeruk panas yang dicampur madu asli 2 sendok makan 2 x sehari. Coba juga jika perut anda tahan kopi panas.

      Ada baiknya juga anda melakukan bekam sehingga darah anda jadi lebih segar.

  68. Saya penderita asma tp bru ketahuan sekarang. Batuk dan pilek saya tidak pernah sembuh, dan lendir batuk saya berwarna putih berbuih. Selain lari dan renang Apakah ada olahraga lain yg dpt dlakukan drmh??
    Ada gk pantangan makanan pada penyakit asma???
    Terima kasih sebelumnya..

    • Saya pribadi di rumah olahraga body building. Tapi ini bukan olahraga pernafasan meski ada pengaturan nafas juga.

      Saya pribadi baru merasa tidak enak jika minum susu. Tapi sekarang saya siasati dgn tidak minum susu bubuk. Tapi Energen Sereal+L-Men rasa mocchiato 1 sdm atau susu cair Ultrajaya. Alhamdulillah tidak begitu masalah.

      Yang jelas dirasakan saja makanan apa yang membuat asma kita kambuh.

  69. ya,,,,,,,,,
    ini info yg sngat berguna buat sya. krna sya jg slah stu pnderita asma,,,,,,,,,,,,,
    smoga sya bsa jd kyak Qmu ya………..
    bsa smbuh dri penykit nie ,,,,,,,,,,,,,,,,
    cra2 Qmu udh aQ cba mulai skrang,,,,,,,,,,
    dan udah da hsilnya kok!
    insYaALLAh sYa akn cba truzzzzzzzzz
    mkAsieh!!!!!!!!

  70. klo asma sya kambuh, biasany sya mnum naphasin,,,,,,,,,,,
    tp stlah smbuh jntung sya it jd degdegan
    dan stlah 2 hri asma sya psti kambuh lg,,,,,,,,,,,,,,,,,
    sya tkut klo nnt asma sya mkin parah………….

    apa bnar bekicot bsa smbuhin asma?
    sy tunggu blasannya

    • Biasanya obat tidak terlalu menolong. Setelah beberapa bulan, asma kita jadi kebal terhadap obat itu sehingga kita harus ganti obat baru.

      Yang terbaik adalah dengan berolahraga untuk memperkuat paru2 kita.

      Selain itu minumlah herbal (bukan obat kimia seperti madu, jeruk (jika anda tidak maag dan perut kuat), susu kambing, dsb. Katanya kopi juga bisa menyembuhkan asma (saya belum yakin). Kalau kopi maksimal sehari sekali agar tidak ketagihan dan membuat gigi anda coklat.

  71. oke,,,,,,,,,
    trim’s………

  72. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit asma, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  73. okE trIm’s bNyak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  74. saya penderita asma, dulu setiap minggu saya pingsan karena serangan asma yang cukup extrem. tiba2 selama 1 tahun ini asma saya tidak kambuh, dan saya tidak tahu kenapa tiba2 sembuh…

  75. pd dsrnya saya adalah turunan penderita asma dan ketika masih bayi sempat menderita asma. namun Alhamdulillah sejak diobati hingga saat ini asma saya tidak kambuh. obatnya?? menurut cerita almh ibu saya, ketika kena asma saya diberi sepotong (sebesar sate) hati buaya yg saat itu ditangkap tentara di kampung saya. alm ayah saya yg saat itu juga menderita asma langsung sembuh bahkan sampai meninggal asma beliau tdk pernah kambuh.

  76. txs bgt infonya, sangat penting dan berguna. boleh yach aku copy buat tambah artikel di webs aku. txs

  77. Silahkan dicopy. Mohon link sumber ditulis agar jika ada update yang lain bisa tahu.

  78. saya kena penyakit asma dari saya kls 1 SD,dan sampai sekarang saya sudah diperguruan tinggi penyakit asma tersebut tidak pernah berkurang,,,di keluarga cuma saya dan ayah yang kena asma,setiap malam asma selalu kambuh,tapi pada pagi atau siang hari jarang kambuh,ketika umur saya 9thn saya pernah mengikuti klub sepatu roda selama 2 thn,tapi tidak ada perubahan,,,saya bosan selalu mengkonsumsi obat,tolong kasih tau bagaimana cara terbaik untuk mengatasi nya? tq

  79. saya akan mencoba ber’olah raga. biar asama saya tidak kambuh lagi. ok semuax slamat mencoba.

  80. sya mndrita asma sjk dri kcl krna keturunan. smpe skrang sya blm jg smbuh. stiap d anjurkn brobt sya tk prnh mw… krna sya tk ska obt”n. nmun sya mrsa mndrita dngn pnykit ini. apkh ad cra alternatif, untk pnymbuhan’y?

  81. Timbul Kurniadi, Penajam PU,
    saya penderita asma Kronis , dari kecil sampai usia 6 tahun sering sakit, dan pernah sembuh dari usia 6 tahun s/d 20 tahun, dari usia 20 tahun s/d sekarang sering kambuh lagi, sudah berbagai macam jenis obat dokter dan tradisional saya minum tapi hasilnya abis obat kambuh lagi, sampai putus asa untuk berobat, sekitar 3 bulan ini saya coba minum jamu tradisional ” Jamu akar Dewa “alhamdullilah asama saya tidak kambuh lagi, selain jamu tersebut saya mencoba mengurangi aktifitas dan berusaha berolahraga ringan , mudahan pengalaman saya ini dapat menjadi inspirasi bagi teman2 yang punya penyakit asma, wassalamulaikum wr.wb

  82. Saya jg pendrita asma…sejak sy sklh SD smp skrng berumur 31.sy jg perna berobt di rs.persahatan tp sy gk terus kan krn gk kuat disaat ambl nafas pkai selang..bermcm cr pengotan yg tlh ibu ku lakukan..tp alhamdullilah seteleh sy berobt ke dr handoko disektr rmh ku,daerah cwng..setlh disutk dan minum obt alhamdulilah beraksi dr obt itu sy batuk2 smp krng lbh y 2jam.dan keluar lendir2 seperti ingus..semenjak itu asma sy jrng kambuh..tp bl sy terlalu cape,stres…

  83. Berbagi cerita saja.
    Saya berasal dari Batam. Saya adalah penderita penyakit asma dari SD sekitar umur 7/8 tahun hingga SMP. Penyakit ini adalah turunan dari ibundaku tercinta. Asmaku bisa hilang berangsur-angsur karena aku rutin melakukan olahraga renang tiap minggu sebanyak 4 kali bersama teman-teman. Setelah itu saya imbangi juga dengan melakukan olahraga lain seperti tenis meja, basket dan lain-lain. Hingga SMU, saya menjadi aktif dalam olahraga Basket, Karate, dll. Aku sendiri lupa sejak kapan asmaku berhenti namun bisa dipastikan, dengan berolahraga rutin, asma bisa hilang.

    Namun setelah tamat dari SMU sekitar 2/3 tahun lalu dan saat mulai bekerja di bidang engineering yang setiap harinya harus membawa kendaraan menuju tempat yang penuh dengan debu, asap kendaraan, dan bau zat-zat kimia perusahaan manufacturing, plastic moulding dll, kurasa nafasku mulai tidak bisa sepadan dengan dulu lagi. Kemudian aku pindah ke bidang perbankan, tingkat stress mulai bertambah dan aku mendapatkan hobi baru yang sangat tidak sehat yaitu merokok. Setiap mencium bau rokok yang berlebihan, asmaku bisa kambuh. Namun aku tetap saja tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok ini.

    Untuk Ibuku, beliau harus pergi ke Singapore, ke dokter yang menangani masalah pernafasan ibuku, Mr. Philip Teng mengatakan bahwa dengan obat, bisa saja dikurangi gejalanya. Namun setiap berangkat ke sana, harus menghabiskan sekitar 1.000an dollar singapore. beliau sudah rutin berangkat ke sana untuk check up hampir 2 tahun lamanya. Beliau baru saja mengatakan “apabila nantinya tidak sembuh juga, aku tidak akan ke sana lagi. biarkan saja asmanya.” Betapa sakit hatiku mendengar kata-kata itu.

    Untuk saran-saran dari para penulis di atas, saya sangat-sangat berterima kasih. Aku akan berusaha mencoba mengarahkan Ibundaku untuk memerangi Penyakit asmanya dan aku juga akan berusaha juga untuk memerangi asma ku yang kambuh dengan berbagai conditional.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih untuk pembuat web ini dan para pemberi saran. Tuhan senantiasa memberkati kalian semua.

  84. saya penderita asma ..
    saya sudah rutin seminggu sekali renang ..
    tapi masii suka nyesek ..
    sudah obat apa saja saya minum ..
    ati onta sudah ..
    sarang semut juga ..
    mungkin anda ada solusi lain yang bisa saya lakukan ???

  85. Saya,ibu 1 anak. Sekarang sedang hamil 3 bln. Sejak kehamilan ke2 ini, saya serinh batuk dan pilek. Batuknya terlalu kenceng,shg saya takut berpengaruh pd kehamilan. Pada saat tidur jg napas saya berbunyi. Sudah berbagai obat sy coba, tp batuk tak kunjung sembuh.terakhir sy kedokter umum, beliau bilanh saya asma. Tp sy tdk boleh rontgen krn keadaan hmil.
    Bagaimana, apa ad saran buat saya?

  86. Ak punya penyakit asma sjak umur 6 bln sampai sekarang 23th tdk pernah yg ngrasain sembuh dari penyakit itu, kalo pas tdk fit kadang sebulan 2x ak hrs opname itu sudah biasa, sampai2 petugas rs hafal semua…..segala macam cara dan obat dah pernah aku coba, dari yg obat dokter sampai obat dari orang pintar dah aku coba, pijat refleksi, pokoknya segala macam pengobatan dah aku jalani tp tetap saja asmaku tdk mau beranjak pergi dari badanku,kadang aku putus asa karena dokter prnah bilang klo asam gltdk mungkinbs sembuh….tolong kasih tau gimana caranya agar aku bs sembuh dr penyakit ini

    • saya terkena penyakit asma alergi sudah 3kali saya masuk rumah sakit .saya cuma mw nanya bagaimana cara mengobatinya

  87. Meski menurut dokter asma tidak mungkin sembuh, namun berbagai atlet olimpiade seperti juara renang dunia membuktikan bahwa penyakit asma bisa dijinakkan sehingga tidak mengganggu prestasi mereka.
    Sebagai contoh, renang itu butuh nafas yang kuat. Jadi kalau asma kumat/bengek, jangankan jadi juara dunia renang, pergi ke WC saja sudah ngos-ngosan.
    Cobalah olahraga misalnya lari pagi sekitar 30 menit 5x seminggu. Pada awalnya, lakukan bertahap dulu misalnya minggu pertama cuma 5 menit, minggu ke2 10 menit, dst.

  88. saya penderita asma sejak SD. dulu setiap bulan saya harus ke rumah sakit karna asma saya kambuh itu karna saya ga bisa kontrol aktifitas sehari-hari saya. bisa ga rutin kirim email ke saya tentang artikel asma atau saran agar asma tidak mudah kambuh. sebelumnya terima kasih

    • anak saya berumur 6 tahun dan kemarin dokter mengatakan bahwa dia menderita gejaa asma, kakeknya memang mempunyai akit asma, saya sangat sulit untuk mengetahui faktor alergi apa thd anak saya, trus anak saya juga kurus sekali, apakah ini ada kaitannya dengan gejala asma yg dideritanya???bagaimna cara nya untuk cek apa aerginya?????????

      • bu…coba beri anak ibu suplemen kalsium yang bukan terbuat dari zat kapur.karena tubuh kita memerlukan kalsium untuk menghangatkan badan.anak saya juga menderita asma semenjak masuk sekolah.br diketahui begitu dia masuk TK.sekarang kelas 1.saya memberinya kalsium tp harus rutin agar kalsium terbentuk.biasanya pencetus alergi adalah makanan ringan berupa ciki,permen,minuman mengandung pewarna.semoga berguna.

  89. pagi,,sy menderita asma sejak duduk d bangku sma.hingga skr sy pny suami pun asma sy msh srg kambuh kalo t’tawa berlebihan ato udara dingin.dl pnah k dokter tp ga da prubahan.yg ingin sy tnykan bhaya ga buat janin apabila sy konsumsi susu kambing mslhnya skr sy sdg hamil 5 bl krn kalo k dkter sy tkut efek smping obat asma untuk khmilan sy.sy tgu jwbany scpetny.trmksih..

  90. semua info diatas sangat berguna dan penting di laksanakan kalau kita yakin pengen sembuh.tapi ada pertanyaan yg belum ke jawab .dan saya juga pengen tau jawabannya .tadi diatas dikatakan bahwa daging kalong(kalelawar) bisa sembuhkan asama ?.saya pengen tau apa itu benar atau salah ? Trus dagingnya kita kosumsi dgn cara dimasak dulu atau makan mentah ?
    maf kalau banyak tanya.karna saya juga asma tahunan dari umur 9 th sampai sekarang dah punya anak 1 .takut nular …..

  91. Pak, suami sy penderita asma. 2th belakangan ini asma nya srng kmbh. Boleh sy minta alamat tempat2 gurah yg ahli..?? Utk informasi, sy tggl di daerah tangerang.. Semoga ada ahli gurah yg tmpt nya mudah di jangkau dari rmh saya.. Terima kasih.

  92. sy penderita batuk2 sejak msh bayi yg kata org kena kawah, dg telatennya ortu merawat aku,pada umur 5 th penyakitku meningkat menjadi bronchitys hingga umurku 10 th biaya dah tk terhitung,….kemudian pd umur 13th penyakitku menjadi Asthma sampai dg sekarang umurku 43 th, dan aku seorg perokok berat. bgmn aku mengatasinya :
    1. Olah Nafas.
    2. Perkecil konsumsi obat.
    3. Rutin Olah Raga Ringan.
    4. Tawakal n pasrah.
    moga ada manfaat buat pembaca… thanks,

  93. Suami sy sedang kambuh asmanya skrg, tlong apa yg harus sy lakukan skrg.

  94. anak sy berusia 17bulan.sejak usia8 bln dokter mengtakan asma.pernah sekli dirawat inap di rs.sedikit batuk pilek nafas sudah grokgrok..smpe harus neubluizer berkali2..kdng berfikir terlalu byk obat yg diminum.takut kebal.hampir sebln sekali dtg ke rs utk neubluizer.adakah info pengobatan anak sy yg masih berusia 17bulan,.mohon infonya makasih

  95. Terima kasih infonya…pst akan saya coba krn saya punya anak umur 4 thn lebih, klo lg pilek dan batuk pst asmanya kambuh, dan klo lg kambuh bisa sampai nangis2, pernah saya bw kedokter tp saya ngeri lht obat yang dikasikan banyak bgt. Saya pgn obat alami saja yang pst ga ada efek sampingnya apalg buat anak2. Saya pengen tanya apa selain madu yg disebutkan diatas apa ada madu merek lain yg terjamin keasliannya, krn ditpt saya sgt sulit mencari madu itu.

  96. saya terkena asma udah 1 thn ini,beberapa kali brobat tapi belum bsa sembuh juga. selain asma saya jg sering batuk2 berdahak gitu, bgmna kh cara menyembuhkannya?

  97. sejak smp saya menderita asma sampai tamat sma, sampai2 sering di periksa ke dokter di suntik dan di beri obat saja
    namun obat tsb tidak bisa di tggl kan

  98. saya terkena asthma sejak kecil, saya sering kambuh dan belum dapat d sembuhkan dengan total
    gimana cara menyembuhkan dengan total sampai saya sehat dan meninggalkan penyakit asthma ini…???

  99. Mau tahu ttg Asma… anak saya umur 5,5thn, dari keluarga tidak ada riwayat asma.. selama inipun gak ada gejala apapun tp tiba-tiba kemaren saat plg sekolah detak jantungnya cepat setelah lari kemudian normal lagi tp pas mlmnya saat lg makan tiba2 sesak napas.. apa seorang anak bisa kena penyakit asma walaupun tdk ada riwayat dlm keluarga?? biasanya penyebabnya apa??

  100. mas saya minta tolong saya ada keluhan sakit sudah berobat kemana-mana

    gejalan yang saya alami seperti

    pusing, sesak napas, jantung berdebar sering hilang kontrol dan pegal di belakang leher tolong solusinya mas …

  101. mas saya terkena penyakit tapi saya tidak tw penyakit apa yang saya alami
    gejalax adalah seperti, sesak napas, jantung berdebar, sering pusing, sering hilang kendali dan pegal di belakang leher mohon solusinya mas

    • Coba anda cek darah ke laboratorium terutama kolesterol. Tensi darah juga dicek apakah melebihi 120/80.
      Jika kolesterol dan tekanan darah di atas 140, coba bekam, minum madu+minyak habbatus saudah+minyak zaitun, atur makanan (kurangi lemak, garam, dsb) dan perbanyak buah dan sayur. Serta olahraga sekitar 30 menit 3 x seminggu. Olahraga harus bertahap (misalnya mulai 5 menit/minggu). Sebelum capai, istirahatlah.

  102. Tlg info HPA di Sby. Tks

  103. karena batuk..berdahak terus q berobat..diagnosa awal katanya kena asma..apakah bila memang kena asma..bisa disembuh
    thx

  104. sy seorang penderita asma dr umur 10 smpai skrang 27thn. sy srh melakukan berbagai pengobatan tp hasilnya tetap sama tdk ad perubahan sampai sy frustasi dan tngalkan semua pengobatan trus untk mencegahnya skrng sy minum obat neo napasin. sy mau tnya apa efek sampingnya klo sy mengkonsumsi trus obat ini,trims.

  105. sy jg penderita asma..bisa sembuh gak yah??

  106. tlong dong,pengobatan yang paling ampuh ya..
    biar gak sesak-sesak lagi

  107. Saya juga mempunyai penyakit asma ,, saya adlh seorang pemain barongsai .. saya selama berlatih tdk pernah kambuh .. tp pas Vacum ( Meliburkan Diri ) saya jd sering di rumah gk pernah Olahraga ( Kecuali Pas OR di sekolah ) saya jd sering kambuh asma’nya .. padahal dulu waktu saya bermain barongsai , sama sekali saya tdk kambuh ,, dan tapi sbelum saya bermain barongsai , saya jg sering kambuh .. aph ini faktor dari saya kurang berolahraga..? dan jk asma kambuh ,, saya memakai “alat Semprot “( gtw nama nya , tp suak di pakai klo org asmanya kambuh ) langsung sembuh,, tp saya gk mau ketergantungan dgn obat ..
    jadi inti nya ,, info nya sangat membantu sekali .. menjadi Motivasi saya …
    thx yah..

  108. misii om…
    sayaa biasa larii pagii…
    pii ntar knpa tiba” napas kadang” nyesekk…
    knpa yaa…
    tolong antipasi’a gmn…?

  109. thanks bgt infox..
    Z asma sejak kecil smp skrg
    tp knp skrg asmaQ malah sering kambuh
    pengen ikut club renang tp gak tw renang trus z sering lari tp wktu sore,soal’y pagi harus brngkat skolh jd g sempat…
    Trus kalo minum obat yg bgus apa?

  110. Saya uda 23 tahun menderita asma, setahu saya mama saya juga asma. Apa mungkin ini asma turunan. Bagaimana cara menyembuhkannya ?please bantu aku..thanks sbelumnya…

  111. sya sesak napas mulai kecil smpe sekarang….umur saya udh 25th,,,,,,saya mau tanya klau tiap hri sya mengkomsusi obat salbutamol 4ml…..kira ada epek sampingX gak,,,,,,,soalX klau tdk mnum obat napas saya pasti sesak,,,,

  112. Oh y, Thanks atas informasinya…
    saya juga asma sejak umur 11 tahun tapi sering juga asma saya kambuh yg sangat parah…
    dan aku sering minung obat. tapi saya tidak sempat olah raga pagi hari, karena di pagi hari aku harus sekolah.
    ada cara lain untuk mengatasinya…?

  113. saya juga penderita asma sudah 3 tahun…..waktu kecil saya sering flu tapi gak pernah sesek…baru deh 3 tahun ini batuk sama sesek saya rasakan tiap hari terutama pagi sama sore hari ,nafasku seperti tertahan di tenggorokan….sepertinya selalu ada lendir di tenggorokan atau di saluran antara hidung dan tenggorokan…dengan kondisi ini saya jadi takut untuk hamil…..saya coba deh senam asma sama lari pagi….plus yoga kali ya…ah padahal saya paling gak suka olahraga sekarang malah jadi agenda wajib…klo di tangerang ada gak senam asma….share infonya donk….

  114. gmna caranya cara mengobati penyakit asma anak yg berusia 2thn kebawah

  115. di bogor ada ga club asma?

  116. Saya penderita asma ,, sdahh kira” 12thn ,, sgala mcam terapi dan obat sdah saya coba ,,, tpy ttap tdk brhasil … Bagaimana cara meredakannya selain berolahraga ,, ya ???

  117. suami saya juga penderita asma sejak balita, namun 3 bulan ini dia sudah jarang kambuh setelah ada keluarga yang memberitahu untuk mengkonsumsi undur-undur hidup ditelan langsung. saya tidak tahu secara medis manfaat undur-undur ini, tapi alhamdulillah suami saya sudah merasakan manfaatnya. bahkan waktu aktivitas padat-padatnya dan berkali-kali kehujanan dan kedaerah dingin suami saya tidak kambuh asmanya. mungkin ada yang mau mencoba? suami saya rutin menelan undur-undur 3 ekor dua minggu sekali (karena mencarinya juga agak susah).. semoga bermanfaat ya..

  118. Saya juga penderita asma. Setiap kali kambuh saya mengkonsumsi TEOSAL (kimia)

  119. Ass…salam kenal..mau nanya nih, hampir 6 bln terakhir ini sy mnderita asma pdhl sblmnya ga pny pnykt ini,mmg ibu sy pnderita asma ringan. gmn caranya agar asma nya tdk menurun pd anak saya?

  120. Saya jg punya penyakit asma (dr TK)
    Saya sendiri sekarang udah kls 2 SMK.
    Kenapa ya tiap saya lari sebentar aja udah migrain? Ada yg tau solusinya? Mohon admin balas.. Saya juga mau sembuh dr penyakit ini.

  121. Di semarang club asmanya dimana ya?

  122. aku berumur 15 tahun, aku menderita sesak nafas dari umur 4tahun, awalnya kata dokter aku mengidap penyakit KP tapi stelah ruttin pengobatan KP ku akhirnya sembuh. tak lama berselang sesak nafasku kambuh lagi, dan setelah cek lagi banyak dokter yang mengira saya mengidap penyakit ashma, tapi itu baru tebakan para dokter saja, belum di buktikan benar atau tidaknya.
    ada yang bilang penyakit ashma itu adalah penyakit keturunan, tetapi setelah diteliti semua dari anggota keluargaku gak ada yang megidap penyakit ashma, lantas apakah benar penyakit ashma itu berdasarkan keturunan, makin hari sesak nafasku semakin sering kambuh, bahkan ketika sekolah juga sering kambuh, kadang aku merasa malu dengan keadaanku seperti ini., gimna tips pencegahannya?apakah ada yang lebih simple..

  123. gimana caranya mengobati penyakit asma opa saya yang saat ini semakin parah…

  124. Thanks atas tips2’y….
    Tp berlaku ga bwt org yg dah 50thn k’atas?

  125. hii..
    obat alami sakit asma tu apa ya..??
    mala dari kecil udah sesak nafas..
    udah sering juga di obatin..
    tpi gag sembuh2… :(

  126. dhany

  127. saya berharap ade saya bisa sembuh dan tidak kambuh lagi asmanya sdh dari kecil sampe skr dia blm sembuh mungkin dari teman ” bisa bantu…..

  128. di malang ada dimana ya kira kira.. ada yang tau?

    • sy menderita asma sejak kelas 4sd smpai skg umur 25.blum ad pnyembuhan krna sy tdk pnah olhraga.berenang tdk bisaa .akhr ini asma sy sring kmbuh tiap mlm dr pkul 3pgi smpai siang .sy hny mengkomsumsi teosal.tp yg sy rsakn sy slalu gmeteran tiap kali minum obt it. tlg dong solusinya. dilampung HPA dmna bs sy dapatkan? tlg bget pak

  129. nice info

  130. apakah undur-undur bisa mengobati asthma

  131. anak saya terkena asma pd saat umur 7 th smp skrg n sering sekali kambuh padahal udah rutin ikt klub renang…gmn caranya spy asma anak saya tdk kambuh lg???dmn klub asma di sidoarjo ato surabaya??? mohon balasannya.. thx

  132. Aku jg skt asma dr umur 10- 33 thn. awal2 kuliah sering msk rmh skt. skrg aku kerja senin-sabtu, asmaku kambuh tiap hr, jd sambil terapi asma (pijit syaraf, akupuntr, herbal, yoga)untuk sembuh total, sehari2nya, untuk pertolongan dadakannya aku pakai Barotec MCG 100/200. obat asma semprot. biasanya sekali semprotan langsung lega. aku doakan semoga kita semua suatu saat terbebas dari asma. amin…..

  133. klo saya sih beli obt ventolin

    jadi klo saya sakit asmha saya tinggal pake dh tuu obt

    ventolin ada di apotik

  134. sya pndrta asma sjak kls 2smp, asma sya sring kmbuh jka saya kecapekan dan saat udra dingin, sya ingin smbuh, bagaimana ya solusinya?

  135. saya terkena penyakit asma
    saya sering bolak balik kerumah sakit
    bagaimna cara ampuh mengatsinya
    apakah ada obat tradisonal?

  136. Stlh baca tulisan ini,sy jadi termotivasi untuk smbuh,karena trnyata saya bkn satu2nya orng yg menderita penyakit ini. saya asma dari sejak SD sampe sekarang saya kerja masih blm sembuh. Malah sekarang semenjak saya kerja hampir tiap mlm saya kambuh,rasanya sesak,berat dan sakit sekali. Berbagai macam pengobatan mulai dari tradisional,herbal sampai medis sudah saya coba bahkan keluar masuk rumahsakit pun sering. Tapi mungkin blm saatnya saya sembuh. Kadang sering merasa bersalah sama keluarga dan orng2 yg menyayangi saya,karena penyakit ini tuh sering membuat khwatir dan merepotkan bnyk orang.

  137. tman z mndrita ashma.. dy satu kelas ma z. z kasihan jika di kampus, asmanya kambuh. dia juga malu karena penyakitnya itu. gmana carax spaya z bisa nolong dia. z pngen skali lht dia sembuh dan bahagia.

  138. Sya pndrita asma sudh 12 th.
    Asma sya blum smbuh,
    ‘n stiap udara dgIn, kcapean, bnyk fkrn asma
    sya slu kmbuh.
    Bhkn sblum mengikuti kegiatan olah rga sya hrus minum obt asma dulu.
    ‘N trima ksiH atas info’a
    Dan bgI yg pnya sRan bwt sya tlg krm ke email saya.
    Mksi

  139. Mksh bngt atas info nya ..

  140. saya punya anak umur 3 tahun. setiap bulan penyakit asmanya kambuh. bahkan sempat masuk rumah sakit. anak saya ini keturunan dari saya.. bagaimana solusi terbaik supaya penyakit asma ini idak kambuh????

  141. Ass…bagus skali n sngt2 brmanfaat. Sy pnderita asma smenjak kecil. Asma itu sempat mnghilang dr sy smp smpe umur 32 thn. Dr 32 thn smpe skrg asma sy kmbali sring kambuh. Saat ini sy ktrgantungan dgn ventolin n teasol. Sy ingin skali msuk klub asma.

  142. Untuk yg berumur 30 th keatas apa masih bisa disembuhkan dengan cara berenang/lari pagi

  143. Saya mengalami pemyakit asma ni sdh lm dari kls 6SD hingga skrg smpai kuliah.
    Sebenarnya saya sudah capek sama penyakit asma ini,,segala pengobatan dari medis – tradisional sdh dilakukan.
    Setiap pengobatan yg dliakukan memang ada khasiatnya dan dpt menyembuhkn slma 1thn,tp stlh 1thn asma itu kembali kambuh.
    Sya jarang olhraga dan akhr ini asma sy sering kambuh.
    & kalau kambuh sya hnya mengkomsumsi obat teosal,,obt tu bs menenangkan hnya bbrpa jam & yg sy rasakn jg stlh minum obat trsbt sy slalu gmeteran tiap kali minum obat tu.
    Sya jg capek kalu terus-terusan minum obat trsbt,,rasanya
    ketenangan pd pernapasan sy tergantung pd obt.

    Bagaimana solusi mengatasi pnyakit asma trsbt supaya hilang dan tdk prnh kmbali lg?
    Sya mohon saran & informasi asma/klub asma dr bapak.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  144. kalau menurut saya,bagi penderita asma cobalah konsumsi daging Kalong atau Hati Kalong.
    sudah banyak yang Bilang kalau daging atau Hati Kalong memang bermanfaat untuk menyembuhkan Penyakit Asma.
    Madu juga sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan Penyakit Asma,apa lagi untuk kekebalan tubuh.
    Terima Kasih.
    Semoga Lekas Sembuh ya..
    ^^

  145. saya pnya adik dy terkena penyakit asma..
    sbnar’a bkn adk kndng tp adk pCar sy..
    apakah ubat putri malu,madu atau susu kambing tu bener??
    kalau mau mnum madu tuch cara’a gmn yach..
    brpa kli sminggu,..
    please…
    saya kasihan banget lht dy..
    apakah dimalaysia da madu asli tuch atau hrs mnum daun ptri malu lbh bk???
    bb sy tkut bw dy g bRenang bb tkut kambuh…
    tlg dibls cpt ea,…
    disn agk’a gk da club asma,club renang..
    saya mau dy cpt smbh…
    kasihan dy msh ksl bru brp thun,skitar 9 aTw 10 thn lh….

  146. Terimakasih atas infonya. Saya merasa lega karena ternyata Anda bisa sembuh dari penyakit Asma. Sebelumnya saya selalu mengira penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan.

    Artikel ini membuat saya semangat untuk sembuh dari Asma. :)

    Semoga selalu bermanfaat. Amiin….

  147. saya menderita asma sejak kecil hingga saat ini usia saya 42 tahun. setahun belakangan asma saya tidak kambuh, mungkin karena terakhir saya berobat cocok dengan dokternya. Tapi ketika obatnya habis dan saya ingin beli ternyata info yang saya dengar obat tersebut tidak beredar lagi. Adakah diantara teman2 yang tahu info obat “Inflammide” mengandung Budesonide 100 mcg. terima kasih

  148. memang saya termasuk orang yang gak pernah olahraga…ditambah dari makanan saya sukanya makanan instant..
    dari kecil sampai saya sekarang sudah menginjak 23 tahun penyakit asma saya sering kambuh sampai2 sebulan skali kambuh…
    dengan membaca ini saya jadi bersemangat untuk olahraga dan menjadi orang yang sehat…

  149. slam pak,saya punya murid masih kelas 2 SD saya rutin ngajar renang,dan skr hasilnya alhamdulillah pak,murid saya sedikit demi sedikit tidak merasakan sesak nafas saat dia flu

  150. teimakasih ,,ini sangat membantu..

  151. saya mnderita asma sejak lahir, da faktor kturunan dr kakek saya….brmacam obat tlah Q komsumsi tpi yda hasilya, waktu aku latihan pencak silat, asmaQ bsa d ktakn sembuh…tpi kni stelah Q tak aktif d organisasi pencaksilat mlah sring kambuh…..

  152. saudara saya telah menderita asma sejak usia 10 tahun,,,,hingga kini meskipun telah melakukan berbagai upaya pengobatan,,,,namun tak kunjung sembuh,,,ada yang bisa membantu !

  153. saya jg pndrta pnykt asma tp stlh mkn obat dr puskesmas efedrin,fredmison, dan ctm asma agak brkrng….

  154. hati kalong,daging kalong (kalong tu apa aku tak pernah dengar)tlg di jelaskan ya soalnya ibuku ada sakit asma.please,,,,,

  155. saya menderita asma sejak saya masih dibangku smp kelas 3 penyakit saya sampai sekarang belum juga berhenti,apa yang harus saya lakukan

  156. apakah penyakit bisa sembuh ,karena kata dokter tidak bisa sembuh tetapi kita harus menghindari dari makanan yang algeri

  157. makasih aq akn coba lari pagi

  158. 2bln ini asma sy sllu kambuh dan sll hrs mnum salbutamol..cappeee…akan sy cb smua sarannya smg allah menyehatkan kt smua..

  159. Usia saya 47 tahun dan saya penderita asma sejak 5 tahun lalu, saya mengalami sesak nafas apabila saya sakit flu atau batuk pilek, dan ini sudah berlangsung selama 1 tahun dan sudah dirawat 3 kali di rumah sakit. Mohon arahannya agar saya bisa hidup lebih nyaman, terimakasih ;)

  160. apakah benar penyakit asma bisa disembuhkan…..
    klo saya mo ikut klub2 asma ini dimana saya harus bergabung,
    saya tinggal di jakarta utara

  161. Kalau Saya Asmanya Mungkin Karna Ada Dahak Di Tenggorokan…susah tidur jadinya..
    saya berumur 13 tahun

  162. aku jg penderiya asma. o iya, tuh penjelasan mengenai obat pke daun putri malu, apanya yang di ambil yah? daunnya aja?

    • Daunnya aja,tapi jangan sama bunganya,kata bpk yg diatas,bunganya beracun,silahkan mencobanya,saya sdh mencobanya buat ayah saya,dan Alhamdulillah cocok,langsung plong dan ayah saya yg sudah kena asma menahun,dan tegantung sama obat ascaps,langsung tidak menggunakan obat itu lagi,efek yg di derita ayah saya itu gemetar kalau kena dingin,apalagi kalau mau ambil air wudhlu,Alhamdulillah sudah tidak lagi,padahal baru sekali minum.silahkan anda buktikan sendiri,tak lupa saya ucapkan banyak2 terimakasih buat bpk yang sdh sharing pengalaman di atas,Trimakasih.

  163. Saya menderita asma sejak umur 10 th sampai sekarang 38 th dan punya anak 3, alhamdullilah anak saya gak ada yg kayak saya, kalo udara dingin jam 3 pagi selalu bangun dan kambuh, mungkin aku alergi dingin tapi kalo udara terlalu panas juga kambuh, gimana ya?

  164. ade saya penderita asma dari kelas 2 SMA dari selesai kegiatan pramuka diya sering banget kambuh ? sampe sekarang jadi sering kambuh dah berbgai obat dan ramuan saya coba buat ade saya olahrgapun tiap hari rutin tapi kenapa setiap diya cape karna pulang sekolah pasti kambuh dan mesti minum obat saya kawatir ada eveksamping nya biar ga tergantungan obat giman ya

  165. tolong saya..saya tak kuat lagi menghadapi penyakit asma ini.. hampir tiap malam saya tidak bisa tidur, sungguh sangat melelahkan dan membosankan..Asma menghantuiku dari sejak SD sampai hr ini saya kuliah di pasca sarjana. brbagai macam obat kimia dan herbal, bahkan magis sudah saya coba..
    saya pasrah dengan ketentuan Tuhan, semoga saya bisa bersabar dan terus beristighfar..

    • Silahkan ambil daun putri malu kira2 segenggam,kemudian di jus/di blender/di gerus,setelah itu ambil airnya saja,bisa di tambah sedikit garam,maupun madu agar rasanya sedikit enak,yg di ambil Daunnya aja,jangan sama bunganya,kata bpk yg diatas,bunganya beracun,silahkan mencobanya,saya sdh mencobanya buat ayah saya,dan Alhamdulillah cocok,langsung plong dan ayah saya yg sudah kena asma menahun,dan tegantung sama obat ascaps,langsung tidak menggunakan obat itu lagi,efek yg di derita ayah saya itu gemetar kalau kena dingin,apalagi kalau mau ambil air wudhlu,Alhamdulillah sudah tidak lagi,padahal baru sekali minum.silahkan anda buktikan sendiri,tak lupa saya ucapkan banyak2 terimakasih buat bpk yang sdh sharing pengalaman di atas,Trimakasih.

  166. saya penderita asma dari kecil smpe skrg di umur saya yang ke 22, kata dokter yg merawat saya ini penyakit keturunan.kira2 penyakit ini bisa di sembuhkan??…

  167. aku penderita asma , awal mula nya tiba – tiba waktu TK saya sekarang umur 11 thn tapi belum bisa sembuh walaupun udah bolak – balik ke dokter .. ? penyakit ini apakah bisa disembuhkan

  168. bagaimana cara mengobati nya

  169. semoga ada obat buat penangkal penyakit asma

  170. saya sngt senang dgn rubrik ini,stdknya memberi semangat tuk melakukannya,tlng bg yang punya pengalaman asma dan sembuh oleh sesuatu tlng di informasikan,agar ASMA di dunia ini smakin tdk punya tempat buat nyiksa orang.thanks for all

  171. tlng dong di impormasikan dimana tempat gurah yang tepat buat penyakit asma?rmh saya di denpasar bali.terima kasih

  172. Blog ini benar – benar membantu, saya ingin sembuh dari penyakit asama yang menyiksa ini.
    Saya menderita penyakit asma dari kelas 3 SD sampai sekarang saya mehasiswa semester 2. penyakit asma ini sepertinya semakin parah, bukannya malah membaik, kalo saya tertawa sampe ngakak penyakit asmanya kambuh, itu berlangsung tidak lama 15-30 menit,lalu sembuh sendiri, tapi hal itu benar- benar menyiksa.
    setiap tahun penyakit asma ini selalu kambuh, gejala yang saya alami adalah pertama flu berkepanjangan, pilek, batuk, dan akhirnya sesak nafas. gejala itu muncul akibat debu (saya alergi debu), atau akibat makan makanan yang berbahaya, seperti caos dan makanan yang mengadung pewarna kimia.
    Terimaksih informasinya, saya akan mencoba.
    Saya berharap suatu saat nanti penyakit asma dapat disembuhkan secara total, sehingga tidak kambuh – kambuh lagi.
    Untuk berobat gurah, di daerah Jawa Tengah adanya dimanya ya? saya tinggal di Semarang.
    Big Thanks. :)

  173. Informasinya luar biasa semoga aq bisa bantu teman dekqt saya yag menderita asma kronis, ,,,, amin

  174. Thanks admin atas Ulasan2nya yg sangat menarik dan bermanfaat.

  175. makanan apa aja yang harus di hindari oleh penderita asma. .
    Makasih.
    Wasalam.

  176. saya suka lari terus tpi pas lari itu sakit knp y mas boleh naya gx yang tau jawab y???

    terimakasih

  177. Larinya pelan2 saja. Jika capek, jalan saja. Jika terlalu nyesek, jangan lari dulu. Tapi berobat saja ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 137 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: