Obat itu Punya Efek Samping atau Side Effects

obat

Obat itu bukan permen atau vitamin. Tapi punya Efek Samping / Side Effects yang berbahaya bagi tubuh.
Saat memberi obat, dokter tentu paham dgn efek sampingnya. Tapi pertimbangan manfaat yg lebih besar daripada efek samping itulah yg membuat dokter tsb memberi obat itu.

Tapi bagaimana jika efek samping itu akhirnya membuat pasien jadi lemas, tidak bisa berjalan, sakit perut sehingga 1 jam lebih di WC, atau diare shg berak di mana2?

Bagaimana jika obat Metrix misalnya bisa menurunkan gula darah hingga 54? Haruskah tetap diminum? Atau pasien disuruh makan banyak dan juga teh manis sehingga kadar gulanya naik dan jika naik kembali dikasih obat Metrix terus menerus?

Padahal jika gula darah turun hingga 54, obat penurun gula darah Metrix dihentikan. Makan tetap dikontrol agar gula darah tidak naik terlalu tinggi sehingga akhirnya minum obat terus menerus.

Efek obat Lasix misalnya menyebabkan pendarahan. Nah saat HB pasien rendah karena ada pendarahan, akhirnya bingung sendiri.

Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika terdapat beberapa efek samping berikut ini saat mengonsusi obat furosemide (Lasix):

https://doktersehat.com/efek-sampingx-interaksi-obat-lasix-furosemid/
Kejadian efek samping yang langka:

Sakit dada.
Panas dingin.
Batuk atau suara serak.
Demam.
Perasaan lelah atau kelemahan umum.
Sakit kepala.
Punggung bawah atau pinggang samping sakit.
Buang air kecil menyakitkan atau sulit.
Sesak napas.
Sakit tenggorokan.
Luka, bisul, atau bintik putih di bibir atau di mulut.
Kelenjar bengkak atau nyeri.
Sesak di dada.
Pendarahan yang tidak biasa atau memar.
Kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa.
Mengi.

https://www.honestdocs.id/metrix-tablet
Efek Samping Metrix tablet
Berikut adalah beberapa efek samping Metrix tablet (Glimepiride) yang umum terjadi :
Efek samping Metrix tablet (Glimepiride) pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, sembelit dan nyeri pada ulu hati.
Obat ini juga mempunyai efek samping seperti sakit kepala, demam, kenaikan berat badan, dan reaksi alergi pada kulit terutama pada orang-orang yang peka.
Hati-hati dengan resiko terjadinya hipoglikemia (kadar gula darah yang terlalu rendah), terutama jika digunakan untuk jangka waktu lama dan dengan dosis yang lebih tinggi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.