Iklan

Cara Membasmi Tungau / Kutu Loncat

Tungau

Tungau / Kutu Loncat / Pinjal (kutu kucing) bisa menyebabkan gigitan yang amat gatal dan berbekas merah. Perlu waktu berhari-hari baru sembuh. Jika tungau tersebut tidak kita basmi, maka gigitan tungau dan gatal-gatal akan jadi menu kita sehari-hari.

Kutu loncat ini ukurannya kecil. Sekitar 1 mm dan berwarna hitam. Sekilas seperti debu / pasir. Tapi jika kita sentuh dgn jari kita, dia akan meloncat setinggi +/- 20 cm. Kutu ini suka bersembunyi / bersarang di kasur, sofa, dan kursi2 yang ada busanya. Disemprot dengan obat nyamuk seperti Hit tidak mempan. Biasanya datang lewat perantaraan binatang seperti kucing / anjing.

Untuk membasminya atau minimal menguranginya, usahakan kasur atau sofa anda dilapisi dengan plastik / karet anti bocor di mana air / kutu tidak bisa tembus. Saat ini dijual cukup banyak seprai anti bocor. Yang bagus jika seprai tersebut betul-betul menutupi seluruh kasur atau sofa sehingga tidak ada 1 lubang pun tempat untuk lolos.

Kutu Loncat

Usahakan lantai atau seprai anda berwarna putih atau cerah polos, sehingga jika ada kutu bisa terlihat jelas dan kita bunuh. Ganti karpet yang berbulu dengan karpet plastik / karet yang licin / tidak berbulu. Jika perlu dengan keramik putih.

Kenakan juga pakaian yang berwarna cerah seperti putih atau kuning polos sehingga jika ada kutu menempel bisa segera terlihat. Jika merasa gatal, ganti pakaian anda dan seterika / vacuum kasur atau sofa anda.

Sedotlah kasur dan sofa anda minimal seminggu sekali dengan Vacuum Cleaner yang tarikannya cukup kuat. Minimal 400 watt. Saat ini produsen Vacuum Cleaner seperti Sharp  mengeluarkan Vacuum Cleaner khusus untuk menyedot tungau / kutu loncat di mana sebelumnya bidang yang akan disedot disemprot dengan suhu setinggi 40 derajad celsius sehingga kutu tsb berusaha kabur untuk kemudian disedot. Bisa juga digunakan Vacuum Cleaner yang ada steamernya di mana uap air panas dihembuskan sehingga kutu-kutu yang ada bisa mati.

Debu vacuum cleaner

Debu hasil sedotan vaccuum cleaner

Jika anda tidak punya Steamer, anda bisa juga pakai setrika meski hasilnya kurang efektif karena setrika cuma berpengaruh hingga kedalaman 0,5 cm saja.

Ada juga yang menyarankan lantai / kasur diusap dengan lap yang diberi minyak tanah.

Kalau ada uang lebih, gunakan saja jasa profesional seperti Rentokil….

Untuk mengobati gigitannya bisa dioleskan salep Scabimite atau Inerson Desoximetasone. Bagusnya sih konsultasi dokter dulu.

Yang paling penting, jangan biarkan kucing yang kutuan lalu lalang di rumah anda. Jika tidak, anda harus beli obat anti kuti agar kucing tsb bebas kutu dan tidak menyebar kutu kucing ke rumah anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: