Pembangunan di Zaman Soekarno dan Soeharto

jembatan-semanggi2
Kasihan amat. Bundaran HI itu Soekarno yang bikin begitu pula Jalan Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto, By Pass yang rimbun dgn pepohonan. Itu dulu. Sekarang pepohonan di jalan Thamrin, Sudirman, dan By Pass digunduli di zaman Jokowi Ahok. Kalau nanam bunga di Bundaran HI dianggap prestasi bagus, kasihan amat.
Pedestrian RSCM itu dari zaman Soekarno sudah ada. Justru sekarang terlalu lebar sehingga jalan jadi sempit dan macet. Berkurang 2 jalur mobil. Coba deh jam 6-7 malam pas jam kerja ke pedestrian RSCM. Macet luar biasa. Bisa 0,5 jam di situ. Sementara Pedestriannya sepi. Mubazir.
Di Zaman Soeharto yang namanya waduk Sunter sudah ada. Begitu pula Waduk Pluit.
Rusun Sewa Rawa Bebek ini dikelola Swasta. Bayar rp 380.000/bulan (belum air dan listrik). Cuma sewa sama cukong swasta.
Beda dgn Perumnas Depok, Rusun Tanah Abang, Rusun Klender yg dibangun pemerintah dan bisa dimiliki rakyat dgn KPR BTN yg amat murah.
Soekarno dan Sorharto bikin Monas, Masjid Istiqlal, Ancol, TMII, Bandara Soetta, Pelabuhan Tanjung Priok, Kampus UI, ITB, ITS, dsb.

bandara-soetta
Soeharto dan SBY bikin jalan tol Jagorawi, Merak, Cikampek, Cengkareng, Cipularang, dsb. Itu dibangun dan dikelola pemerintah. Oleh bangsa Indonesia. Bukan oleh Cina atau Cukong. Jauh.
Sutiyoso dan Foke bikin Banjir Kanal Timur yg besar dan Busway. Fly Over Antasari juga.
Soekarno dan Soeharto bikin banyak BUMN seperti Pertamina, Elnusa, Garuda, Merpati, Indosat, Telkom, dsb yg membuat jutaan bangsa Indonesia bisa kerja. Sementara aseng ini cuma gusur rakyat dan bikin pengangguran.
Soekarno dan Soeharto itu bikin TIM, Planetarium dan banyak Taman seperti Taman Monas, Suropati, Simanjuntak, Menteng, dsb.
Bikin BUMN IPTN yg bisa bikin pesawat dan helikopter, Pindad yg bikin senjata dan panser, INKA yg bikin kereta api, PAL yg bikin kapal. Bikin rakyat kerja.
Sementara si Aseng ini cuma bisa impor Bis Cina yg kebakar. Bikin rakyat nganggur. Jauh bedanya.
Soekarno dan Soegarto bikin PLN dan PAM guna menyediakan listrik dan air. PD Pasar Jaya dsb shg rakyat Indonesia bisa dagang. Sekarang cuma Mal Cukong yg mahal.

Banyak Rumah Sakit Pemerintah seperti RSUP dan RSUD yang dibangun pemerintah seperti Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, RSUD Budi Asih, dsb. Ada subsidi silang di sini sehingga orang miskin bisa berobat gratis cuma dengan KTP dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Tidak perlu bayar BPJS hingga Rp 120 ribu / bulan untuk keluarga dengan 2 anak.

Dibanding Bendungan Jatiluhur, Cirata, Kedungombo dsb yg berfungsi sbg sumber air minum, irigasi, dan listrik, waduk (jika benar) yang dibikin Ahok itu tak ada apa2nya.

PEMBANGUNANSOEKARNO DAN SOEHARTO.jpg

Satu Tanggapan

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.