Iklan

1 Barrel (42 Gallon) Minyak Mentah Menghasilkan 44 Gallon Produk Minyak

1 barrel (42 gallon) minyak mentah menghasilkan 44 galon produk minyak

Dari situs US Energy Information Administration dijelaskan bahwa dari 1 barrel (42 gallon) minyak setelah dikilang jadi 44 galon lebih produk minyak yang punya daya jual. Bahkan untuk Avtur harganya lebih tinggi dari bensin. Berikut penjelasannya.

Setelah minyak mentah diangkat dari dalam tanah kemudian dikirim ke kilang minyak lewat pipa, kapal, atau tongkang. Di Pengilangan berbagai bagian minyak mentah dipisah menjadi berbagai produk minyak yang bermanfaat. Minyak mentah diukur dalam barrel = 42 US Gallon = 159 liter. 42 galon (1 barrel) minyak akan menghasilkan lebih dari 44 gallon produk minyak. Tambahan 2 gallon itu serupa dengan popcorn (jagung letup) yang bertambah besar setelah mengembang.

1 Barrel (42 gallon) minyak mentah ketika dikilang akan menghasilkan:

Produk Minyak

Gallon

Produk lain

7.27

LPG

1.72

Avtur

3.82

Heavy Fuel Oil

1.76

Minyak Bakar

1.75

Diesel

9.21

Bensin

19.25

Total

44.78

Produk lain dari minyak terdiri dari: tinta, crayon, permen karet, deodorant, ammonia, aspal, dsb.

http://www.eia.doe.gov/kids/energyfacts/sources/non-renewable/oil.html#Howformed

Proses Pengilangan

After crude oil is removed from the ground, it is sent to a refinery by pipeline, ship or barge. At a refinery, different parts of the crude oil are separated into useable petroleum products. Crude oil is measured in barrels (abbreviated “bbls”). A 42-U.S. gallon barrel of crude oil provides slightly more than 44 gallons of petroleum products. This gain from processing the crude oil is similar to what happens to popcorn, it gets bigger after it is popped.

One barrel of crude oil, when refined, produces about 20 gallons of finished motor gasoline, and 7 gallons of diesel, as well as other petroleum products. Most of the petroleum products are used to produce energy. For instance, many people across the United States use propane to heat their homes and fuel their cars. Other products made from petroleum include: ink, crayons, bubble gum, dishwashing liquids, deodorant, eyeglasses, records, tires, ammonia, and heart valves.

Iklan

6 Tanggapan

  1. Wah thank buat infonya.
    http://indramgl.wordpress.com

  2. Jadi ingat pelajaran SMA dulu, tentang distilasi bertingkat..

    Tnks Infornya

  3. yang saya nggak mudeng blas itu, kenapa dari jaman bahola, atau dimulai, minyak mentah indonesia diproduksi di indonesia sendiri, kenapa mesti dibolak balik kirim keluar, trus dibeli lagi. apa di indonesia tidak ada bahan campuran memproduksi minyak bumi?

  4. orang indonesia banyak yg pintar, tapi tidak dimodali oleh pemerintah, bahkan di gaji kecil, sehingga banyak yg lari keluar negeri dengan gaji yg besar, wajar kalo’ teknologi indonesia nggak maju-maju, karena pemerintahnya bodoh (hanya pintar ngomong dan korupsi)

  5. Berdasarkan Nota Keuangan dan RAPBN 2008 Kenaikan Harga Minyak Dunia akan Mengurangi Defisit Negara.

    Mungkin ini sedikit telat, tapi bagi saya tidak ada kata telat dalam meneriakan sebuah kebenaran. Setelah rakyat mengalkulasikan sendiri mengenai untung ruginya BBM saya ingin memberikan kalkulasi pemerintah yang dikutip dalam Nota Keuangan dan RAPBN 2008, dalam Nota Keuangan hal. 359 s.d 360 dikatakan “Harga minyak ICP mempengaruhi APBN pada sisi pendapatan dan sisi belnja negara. Pada sisi pendapatan negara kenaikan harga minyak ICP akan mengakibatkan kenaikan pendapatan negara dari kontrak production sharing (KPS) minyak dan gas melalui PNBP. Kenaikan harga minyak dunia juga akan meningkatkan pendapatan dari PPH migas dan penerimaan lainnya. Pada sisi belanja negara kenaikan harga minyak dunia akan meningkatkan belanja subsidi BBM dan dana bagi hasil ke pemerintah Daerah. Untuk tahun 2007, apabila harga minyak dunia meningkat sebesar 1US$, maka defisit APBN diperkirakan akan berkurang sebesra Rp 48 miliar sampai dengan Rp 50 miliar, yaitu sebagi peningkatan pendapatan negara sekitar RP 3,24 triliun sampai dengan 3,45 triliun dan peningkatan belanja negara sekitar RP 3,19 triliun sampai dengan 3,4 triliun.”

    Jika pemerintah adalah orang tua dan rakyat adalah anak, maka saya mengibaratkan bahwa pemerintah adalah orang tua yang egois, biar uangku banyaklah tak peduli anak-anak mau makan apa besok pagi, nasi aking kek, gak makan lah, biarin aja mati sekalian, hal ini terbukti dari pernyataan Menteri Keuangan bahwa setelah kenaikan BBM APBN kita adalah terbaik sepanjang sejarah, karena assetnya melebihi Rp 1000 triliun, dan asset kita saat ini dalah melebihi dari utang kita.

    Untuk lebih jelas dan download Nota Keuangan dan RAPBN 2008 bisa klik di samping http://cahyooke.wordpress.com/2008/06/05/berdasarkan-nota-keuangan-dan-rapbn-2008-kenaikan-harga-minyak-dunia-akan-mengurangi-defisit-negara/

  6. bagaimana proses terjadinya minyak mentah bisa di jadikan bensin atau pertamax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: