Iklan

Harga Kereta Api Cepat Indonesia 5,6x Lebih Mahal dari Iran?

Kereta Api Cepat Cina

Di Merdeka diberitakan Pembangunan kereta cepat di Indonesia dengan jarak 150 kilometer diperkirakan menelan dana hingga 5,5 miliar dolar AS. Sedangkan, pembangunan kereta cepat di Iran dengan jarak lebih panjang, 400 kilometer, hanya membutuhkan dana 2,73 miliar dolar AS. Oleh karena itu JK dikabarkan protes.

Artinya untuk setiap kilometer, di Iran biayanya cuma US$ 6,8 juta, sedang di Indonesia US$ 38,7 juta. Di Indonesia 5,6 x lipat lebih mahal dari di Iran.

Dari segi topografi Medan di Iran lebih sulit karena ketinggian Isfahan itu 1500 meter lebih dan Teheran 600-1200 meter. Sementara Bandung itu cuma 600 meter saja.

Ada yang berdalih ah ini karena resiko ditanggung swasta. Tetap saja yang namanya biaya itu harusnya sama. Atau kalau takut rugi, misalkan biaya aslinya cuma US$ 1 milyar, ikut asuransi paling mahal US$ 1 milyar saja bayarnya. Tidak sampai US$ 2 milyar.

Kereta Api Cepat Cina 2

Kereta Api Jepang yang mencapai 320 km/jam lebih cepat dari Cina

Mark up begini di proyek pemerintah sudah biasa. Harga bisa 4 x lipat. Kalau ada yang bilang ini B2B, ya tidak sepenuhnya benar. Buktinya mereka minta jaminan pemerintah dan Jokowi ikut tanda tangan dan meresmikan ground breakingnya. Di Indonesia yang ikut juga adalah 4 BUMN yang asetnya dikuasai negara.

Oh di Iran itu cuma buat High Speed sementara di Indonesia dibuat nyaman. Ini kan alasan saja. Baik di Iran mau pun di Indonesia itu buat angkutan penumpang manusia. Dan standar Iran itu sama, jika tidak dikatakan lebih baik daripada Indonesia.

Ada lagi berdalih KA Cepat Indonesia itu kelasnya Porsche. Bukan Kijang kayak Iran. Jyah negara miskin yg pakai uang negara lain buat bikin keretanya pakai Porsche? Sombong. Belagu. Rakyat tak butuh Porsche. Kijang juga alhamdulillah. Cuma ini pasti akal2an lagi.

Lah pembuatnya perusahaan CIna. Sama lagi nama perusahaannya:China Railway Enginering Corporation. Porsche dari Hong Kong?

Jadi proyek Kereta Api Cepat yang tergesa2 sampai tidak tahu harganya wajar apa tidak ini banyak keanehan. Mencurigakan.

Perusahaan Cina minta jaminan ganti rugi jika gagal dan hak monopoli kereta api. Dengan tiket Rp 220.000 sementara tarif KA Parahyangan Rp 75.000 dan Bis Kota sekitar Rp 50.000, bisa saja perusahaan Cina ini minta KA Parahyangan dan Bis Kota distop atau tarifnya dinaikkan paling tidak Rp 150.000 sehingga tidak beda jauh dgn KA Cepat Cina.

JK minta klarifikasi China, kereta cepat RI lebih mahal dari Iran
Reporter : Sri Wiyanti | Kamis, 28 Januari 2016 16:56

Merdeka.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta klarifikasi China soal perbedaan nilai proyek kereta cepat di Indonesia dan Iran. Berdasarkan informasi diterimanya, harga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung lebih mahal ketimbang di Iran.

Padahal, kedua proyek itu digarap oleh satu perusahaan: China Railway Enginering Corporation.

http://www.merdeka.com/uang/jk-protes-ke-china-proyek-kereta-cepat-ri-lebih-mahal-daripada-iran.html

Diam-diam, China Minta Jaminan Pemerintah RI di Proyek Kereta Cepat
Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Jumat, 29/01/2016 07:15 WIB

http://finance.detik.com/read/2016/01/29/070806/3130057/4/diam-diam-china-minta-jaminan-pemerintah-ri-di-proyek-kereta-cepat

Iklan

2 Tanggapan

  1. apa artinya ini ? yg pasti keuntungan yg berlipat, smoga KPK tanggap

  2. Wduh akeh seng bncaan wong duwuran..rakyate ono seng mangan watu..wong duwuran ayof”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: