Iklan

Hancurnya Industri AS Akibat Upah Terlalu Tinggi

Pabrik Mobil yang Terlantar di Detroit

Pabrik Mobil yang Terlantar di Detroit

Di AS serba salah. UMR Rp 10 juta, karena harga barang mahal mereka tetap miskin. Sementara banyak pengangguran karena perusahan2 memindahkan pabrik mereka ke CIna, Vietnam, Thailand, dsb yg lebih murah upahnya. Jadi sulit pemerintah menaikan UMR lagi.

Ini akibat Globalisasi di mana barang dari luar bebas masuk ke dalam negeri tanpa hambatan apa pun seperti pajak atau kuota. Akibatnya usaha dalam negeri ambruk dan pengangguran merajalela. Sebelum sistem ekonominya dibenahi dulu, harus sabar. Jangan sampai Indonesia bernasib seperti AS.

Rumah yang terlantar di Detroit

Rumah yang terlantar di Detroit

Lihat kota Detroit di AS yg dulu merupakan pusat industri mobil. Penduduknya susut dari 1,8 juta jadi 700 ribu jiwa. Rumah2 dan gedung2 banyak yang ditinggalkan kosong karena penghuninya mencari tempat lain untuk cari makan. Kejahatan merajalela. Itu karena industri mobil mereka tak bisa bersaing lagi. Secara teknologi AS itu paling hebat. Tapi dari segi harga, kalah dgn Jepang, Korea, Cina, dsb:

http://en.wikipedia.org/wiki/Decline_of_Detroit

Ruang Pesta yang terlantar di Detroit

Ruang Pesta yang terlantar di Detroit

Di AS, meski UMR Rp 10 juta lebih, toh para buruh seperti karyawan McDonald ada yang mengeluh karena tak bisa beli sepatu untuk anaknya. Ini karena harga2 barang mahal di sana.
Sebaliknya jika harga2 barang murah, apalagi kalau sekolah dan kesehatan gratis, meski gaji tidak besar juga insya Allah cukup.
Dan yang penting adalah Syukur dan Sabar. Syukuri apa yang ada dan bersabar atas apa yang ada. Jangan demo melulu yang akhirnya merugikan orang lain. Pelajari dan amalkan juga sikap Qana’ah atau merasa cukup. Dgn qana’ah, kita akan selalu merasa cukup berapa pun yang kita terima.
http://infozaman.blogspot.com/2013/11/tuntutan-umr-jakarta-rp-37-juta-berbau.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: