Harusnya Beli Bis Busway Buatan Dalam Negeri

Bis Gandeng Inobus

Pemprov DKI akan beli sebanyak 2.250 Bis dari Eropa untuk TransJakarta (Busway). Harga Bis Scania ini Rp 5,8 milyar. Lebih mahal dari Bis Cina, Zhong Tong yang cuma Rp 3,8 milyar. Artinya Pemprov DKI akan mengeluarkan uang sebanyak Rp 13 Trilyun lebih untuk pembelian Bis Scania.

Memang bagus sih karena Bis akan lebih baik daripada Bis Cina yang sering bermasalah. Cuma alangkah baiknya jika Pemprov DKI membeli Bis buatan dalam negeri. Misalnya dari BUMN INKA. Jika PT INKA tidak sanggup, bisa beli dari Hino (Jepang) dan Mercy (Jerman) yang sudah punya pabrik di Indonesia. Harganya paling banter hanya Rp 4,5 milyar per bisnya (dari harga Bis Gandeng INKA yang pernah terjual). Ini cuma perkiraan mengingat Bis AC Hino yang besar (bukan gandeng) harganya ternyata kurang dari Rp 800 juta. Paling mahal total cuma sekitar Rp 10 trilyun saja. Pemprov DKI bisa hemat sekitar Rp 3 trilyun. Selain itu ini akan membuka lapangan pekerjaan di Indonesia. Buruh2 Indonesia bisa bekerja dan mendapat uang. Pemerintah pun bisa mendapat uang Pajak Penghasilan tambahan. Jadi semua untung jika kita mandiri.

Kapasitas Pabrik Hino di Indonesia adalah 75.000 unit/tahun. Dengan order 2.250 unit, segala persyaratan Bis Busway seperti Bis Gandeng dengan bahan bakar gas (BBG) niscaya bisa dipenuhi. Bukankah PT INKA sudah berhasil membuat Bis Gandeng dengan BBG? Apalagi Bis Hino dan Mercy.

Hino

Dengan harga Bis Besar AC Rp 800 juta untuk Hino lengkap dengan karoseri dan Mercy Rp 1,2 milyar, kemungkinan untuk Bis Gandeng jika mereka membuatnya harganya antara Rp 2-3 milyar saja per unitnya.

Karena pabrik ada di Indonesia, selain membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi Indonesia, servis pun jadi gampang. Tinggal bawa ke pabrik kalau rusak. Nah kalau beli dari Swedia, apa harus dikirim ke Swedia dulu Bisnya?

Pemprov Siap Borong 2.250 Unit Bus Eropa untuk Transjakarta
Harga bus asal Swedia itu ternyata lebih mahal daripada bus Tiongkok bermerek Zhongtong yang dibeli pemprov sebelumnya. Ellias menjelaskan, harga satu unit bus Scania mencapai Rp 5,8 miliar. Bandingkan dengan harga bus Zhongtong yang ’’hanya’’ Rp 3,4 miliar-Rp 3,8 miliar.
http://www.jawapos.com/baca/artikel/676/pemprov-siap-borong-2250-unit-bus-eropa-untuk-transjakarta

Uji coba bus Transjakarta Scania Euro 6 seharga Rp 5,8 miliar
http://www.merdeka.com/foto/jakarta/uji-coba-bus-transjakarta-scania-euro-6-seharga-rp-58-miliar.html

Apa Keunggulan Transjakarta Merek Scania?
http://megapolitan.kompas.com/read/2015/06/22/08305291/Apa.Keunggulan.Transjakarta.Merek.Scania.

Produksi : RN8JSKA-SJJ
Harga (Off The Road)Rp. 770.000.000 *Harga sewaktu-waktu dapat berubah

http://www.hino.co.id/id/product/detail/hino-bus/hino-bus2/rn-285

Mercedes-Benz Luncurkan Bus Terpanjang di Indonesia
Jika bus biasa memiliki panjang maksimal 11,5 atau 12 meter, bus O500 R 1836 memiliki panjang hingga 12,8 meter.
Sasis bus O500 R 1836 dijual ke pasar Indonesia seharga 1,039 miliar kondisi off the road.
http://www.tribunnews.com/otomotif/2013/06/03/mercedes-benz-luncurkan-bus-terpanjang-di-indonesia

Inobus Bus Gandeng Buatan Indonesia dari INKA
https://infoindonesiakita.com/2014/03/28/inobus-bus-gandeng-buatan-indonesia-dari-inka/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.