Iklan

Windows dan Linux Dalam Satu Komputer

Windows Linux

Windows dan Linux yang dipasang di satu komputer disebut Dual Boot. Booting bisa memakai 2 sistem operasi, yaitu Windows atau Linux. Pemakai bisa memilih komputer pakai Linux atau Windows. Linux dan Windows dipasang pada partisi hard disk yang berbeda.
Biasanya ini dilakukan bagi pengguna yang mau pindah ke Linux, tapi belum bisa meninggalkan Windows karena ada file-file atau program-program yang hanya ada di Windows (misalnya Adobe Photoshop).

Kelebihan Linux adalah mampu membuka berbagai sistem yang populer di Windows misalnya file dokumen (doc) atau Excel (xls). Sebaliknya, banyak file-file sistem Linux yang tidak bisa dibuka lewat Windows seperti file teks (ODT) dan spreadsheet (ODS).

Linux juga lebih tahan terhadap virus karena untuk menginstall satu aplikasi, pengguna harus memiliki tingkat administrator dan harus mengisi kata sandi / password. Server Linux banyak digunakan di mana terminal yang mengaksesnya menggunakan sistem Windows. Untuk itu aplikasi Samba di Linux harus diaktifkan.

Kelebihan Linux lainnya adalah gratis dan bersifat Open Source. Kode programnya bisa didapat semua orang. Semua orang bisa ikut mengembangkannya. Linux bisa jadi alternatif ketimbang harus memakai Windows bajakan.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Makasih atas infonya , Aerith

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: